6 Bahaya Terlalu Lama Berenang di Kolam yang Mengandung Kaporit

Berenang termasuk olahraga yang cukup populer dikalangan masyarakat. Selain menyenangkan, olahraga ini juga dipercaya dapat membantu menaikkan tinggi badan secara alami.

Saat ini, hampir seluruh kolam renang airnya mengandung kaporit. Jika tubuh terlalu sering terpapar dengan yang namanya kaporit tentu saja akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Berikut 6 bahaya kaporit kolam renang bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Memicu kanker

Kasus yang paling berbahaya jika tubuh terlalu sering terpapar dengan air yang mengandung kaporit yaitu memicu timbulnya sel kanker didalam tubuh salah satunya kanker kantung kemih jika kamu terlalu sering terminum air yang mengandung kaporit.

Tentu saja semua jenis kanker membahayakan diri sebab bisa berujung kepada kematian girls.

Sebelum berisiko terkena kanker, air kolam renang yang mengandung kaporit akan membentuk suatu senyawa kimia yaitu THT. Senyawa inilah akan memicu terbentuk radikal bebas didalam tubuh, radikal bebas inilah yang akan memicu kerusakan sel tubuh dan sebagai pemicu timbunya kanker.

Mengerikan bukan efek samping air yang mengandung kaporit?

2. Kesehatan gigi terganggu

Saat kamu berenang tidak menutup kemungkinan kamu menelan air kola berenang tersebut walaupun tanpa kamu sadari.

Selain akan menganggu sistem pencernaan jika terlalu sering menelan air yang mengandung kaporit. Kamu akan mengalami gangguan kesehatan gigi sebab terjadinya perbedaan antara air yang mengandung kaporit dengan air ludah kamu, air kolam renang yang telah ditambahkan kaporit akan menyebabkan pH air menjadi lebih asam.

Oleh karena itu, kamu mengalami erosi gigi dan timbulnya sejumlah kerusakan pada gigi.

Loading...

3. Masalah kesehatan

Bagi ibu yang telah hamil sebaiknya menghindari olahraga berenang, terutama kolam renang yang mengandung kaporit. Sebab kandungan kaporit yang terdapat di kolam renang tersebut akan menganggu proses kehamilan kamu mom.

Sebab kandungan tersebut akan membuat ibu mengalami keguguran. Walaupun berenang bagun untuk bumil sebab bisa mengurangi rasa nyeri yang bumil rasakan selama masa kehamilan.

Jika ibu memang ingin melakukan olahraga ini lebih baik di kolam renang yang tidak mengandung kaporit atau kolam air mata air saja mom agar kehamilannya ibu lebih terjaga.

4. Saluran pernapasan terganggu

Salah satu dampak negatif dari kandungan kaporit yang terdapat didalam tubuh yaitu menganggu sistem dan jaringan pernapasan salah satunya asma.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa terserang penyakit paru-paru terutama anak-anak. Biasanya sistem imun anak-anak masih tergolong lemah sehingga penyakit ini sering menyerang mereka jika mereka sering berenang di kolam renang yang mengandung kaporit.

Lebih disarankan bagi anak-anak untuk berenang dikolam renang terbuka dengan air yang alami dari alam.

5. Masalah kulit

Terlalu sering bersentuhan dengan air yang mengandung kaporit tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami masalah kesehatan kulit seperti kulit gatal-gatal, iritasi kulit, kulit tampak kemerahan ataupun alergi.

Tidak hanya itu, terkadang timbulnya bengkak disejumlah anggota tubuh. Kulit juga sering mengalami kekeringan, terlihat kusam dan memicu terjadinya penuaan dini. Jika hal tersebut yang menimpa kamu, lebih baik kamu langsung konsultasi ke dokter kulit agar bisa langsung ditangani.

6. Gangguan mata

Terlalu lama berenang saja bisa membuat mata kamu kemerahan apalagi air kolam berenang tersebut mengandung kaporit. Tentu saja akan membuat kesehatan mata akan terganggu seperti mata terasa perih, sulit berkedip sebab cendrung kamu merasakan sakit bahkan mata kamu sering berwarna kemerahan dari biasanya.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More