Indahnya Menutup Aurat Bagi Kaum Muslimah

SEBAIK-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang solehah [HR. Muslim].

Hadist tersebut menunjukkan kepada kita bahwa sebagai seorang muslimah haruslah menjaga keimanan kita dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Baca: Hijab Adalah Pakaian yang Paling Memberi Kebebasan

Sahabat muslimah, untuk menjaga identitas keislaman kita salah satunya dengan menutup aurat.

Aurat merupakan anggota tubuh yang tidak boleh untuk diperlihatkan kepada orang lain yang bukan mahramnya. Menutup aurat wajib hukumnya bagi setiap muslimah. Hal ini tertulis dalam firman Allah yang berbunyi:

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak wanitamu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka,” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang” QS: Al-Ahzab [33]:59.

Untuk menutup aurat tidak hanya sekedar menggunakan jilbab. Allah memberikan perintah kepada kita untuk menggunakan pakaian yang taqwa.

Yakni tidak menggunakan pakaian yang terlalu mencolok merupakan salah satu wujud dari menutup aurat. Seperti pada firman Allah:

“dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) terlihat darinya…” QS. An-Nur [24]:31

Maksud dari ‘perhiasan’ dari ayat tersebut adalah dengan tidak menggunakan pakaian yang terlalu mencolok sehingga dapat menarik perhatian laki-laki dikarenakan terlalu berlebih-lebihan.

Selain itu pakaian yang digunakan haruslah tebal, tidak terlalu tipis dan tidak tembus pandang. Syarat ini telah disebutkan pula dalam Hadist Riwayat Muslim:

“Ada dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku liat: …dan sekelompok kaum wanita yang berpakaian tapi telanjang, berjalan dengan genit dan berlenggak-lenggok, yang kepala mereka menyerupai punuk unta yang panjang lehernya. Mereka tidak akan masuk surga, dan bahkan tidak dapat mencium aromanya, padahal aroma surge itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.”

Baca: Ukh, Pesonamu Tak Sebatas Paras Cantikmu, Tapi Teletak Pada Hati dan Kebaikan Akhlaqmu

Kewajiban untuk menutup aurat dan menggunakan jilbab tentunya bukan tanpa alasan. Allah sangat mencintai umatnya, khususnya bagi para wanita muslimah. Apabila setiap perintah-Nya dikerjakan pasti akan membawa manfaat.

Begitu pula dengan berjilbab, yang dapat menjaga kesucian hati bagi kaum wanita. Selain itu dapat menjauhkan kita dari gangguan orang munafik dan laki-laki yang fasik, serta insyaAllah akan mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah.

Allah SWT. berfirman:

“Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya kami telah menyediakan pakaian untuk auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi, pakaian takwa itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.” QS: Al-A’raf [7]:26[]

Sumber: HAYYU

Dapatkan konten-konten Islami yang mencerahkan dan menyejukkan setiap hari dari Widiynews. Kunjungi situs kami dan bagikan artikel ini di media sosial.
Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!