Jangan Malas, Ini 5 Hikmah Dibalik Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

SHALAT Tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam banyak riwayat, orang yang melaksanakan sholat Tarawih dengan mengharap keimanan dan keridhaan Allah SWT akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.

Keafdalan melaksanakan sholat Tarawih itu dikuatkan dalam nash-nash yang meriwayatkan Nabi saw. dan para sahabatnya melaksanakan sholat Tarawih secara berjamaah di Masjid Nabawi. Selain itu, kita dapat mengambil hikmah sholat Tarawih yang dikerjakan secara berjamaah di masjid. Berikut 5 hikmah sholat Tarawih berjamaah di masjid.

1. Mendapatkan Keutamaan Sholat Berjamaah

Hikmah sholat Tarawih yang pertama adalah didapatkannya keutamaan sholat berjamaah. Pada tulisan penulis yang lalu, telah diungkap keutamaan melaksanakan sholat Tarawih dengan imam, yaitu pahalanya seperti melakukan sholat semalam. Selain itu, melaksanakan sholat secara berjamaah juga mendapatkan pahala 27 derajat lebih baik dibandingkan denga sholat sendiri. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf berkata telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi’ dari ‘Abdullah bin ‘Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (H.R. Bukhari 609, diriwayatkan juga oleh jamaah ahli hadis, kecuali Darimi)

2. Memupuk Kecintaan kepada Masjid

Hikmah sholat Tarawih berjamaah selanjutnya ialah mendekatkan kecintaan kepada masjid. Sholat Tarawih di masjid akan memberikan rasa keterpautan dengan hati kepada masjid. Dalam sebuah hadis, ada 7 golongan yang akan mendapat perlindungan Allah di hari kiamat, salah satunya adalah orang yang terpaut hatinya kepada masjid. Adapun hadisnya sebagai berikut.

Loading...

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي خُبَيْبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ تَعَالَى فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ إِمَامٌ عَدْلٌ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Yahya dari ‘Ubaidullah berkata telah menceritakan kepada saya Khubaib bin ‘Abdurrahman dari Hafsh bin ‘Ashim dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi saw. bersabda, “Ada tujuh (golongan orang beriman) yang akan mendapat naungan (perlindungan) dari Allah di bawah naungan-Nya (pada hari kiamat) yang ketika tidak ada naungan, kecuali naungan-Nya.

Mereka, yaitu pemimpin yang adil, seorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan ibadah kepada Rabb-nya, seorang laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid, dua orang laki-laki yang saling mencintai karena Allah, keduanya bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah, seorang laki-laki yang diajak berbuat maksiat oleh seorang wanita kaya lagi cantik lalu dia berkata, ‘Aku takut kepada Allah,’ seorang yang bersedekah dengan menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui sesuatu yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan seorang laki-laki yang berzikir kepada Allah dengan mengasingkan diri sendirian hingga kedua matanya basah karena menangis.” (H.R Bukhari 1334, diriwayatkan juga oleh jamaah ahli hadis, kecuali Darimi)

3. Wahana Edukasi Umat

Hikmah sholat Tarawih berjamaah di masjid berikutnya sebagai wahana bagi jamaah untuk belajar dan memperoleh pendidikan agama Islam melalui forum-forum yang disampaikan oleh penceramah menjelang atau setelah sholat Tarawih.

4. Wadah Penyemarakan Bulan Ramadan

Hikmah sholat Tarawih berjamaah di masjid yang tak kalah penting adalah menyambut dengan gembira bulan Ramadan yang penuh keberkahan, ampunan, dan anugerah. Dengan sambutan seperti itu, diharapkan akan mendapat keridhaan dari Allah Swt.. Adapun penyemarakan itu, misalnya diisi dengan kegiatan-kegiatan masyarakat yang positif, baik dari segi sosial, edukasi, maupun spiritual dengan masjid sebagai pusatnya.

5. Mempererat Tali Sitalurahmi

Hikmah sholat Tarawih secara berjamaah yang terakhir, yaitu dapat memupuk rasa kebersamaan antarsesama warga yang melaksanakannya. Pertemuan dan bertatap muka di masjid itu dapat membentuk ukhuwah islamiah yang baik sehingga umat dapat bersatu, apalagi untuk memperoleh tujuan yang mulia, yaitu melaksanakan ibadah kepada Allah Swt..

Itulah hikmah sholat Tarawih secara berjamaah di masjid. Dengan adanya sholat Tarawih pada momen Ramadan ini, semoga kita dapat memanfaatkannya agar menjadi orang-orang yang mencintai rumah Allah, yaitu masjid. Lebih-lebih dapat memuliakannya. Semoga kita juga dapat menangkap hikmah sholat Tarawih itu dengan hati terbuka sehingga dapat melaksanakannya sepenuh hati. Wallahualam bissawab.[]

Sumber: abiummi.com

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More