9 Makanan Kesukaan Rosulullah Ini Tenyata Ada di Indonesia Loh!

KALAU ditanya apa makanan favorit Nabi Muhammad yang kamu tahu, mungkin kamu akan menjawab kurma. Padahal Rasulullah punya banyak makanan favorit lho.

Beberapa di antaranya tumbuh baik serta banyak dijual di Indonesia. Apa saja ya?

Loading...

1. Anggur, buah yang disebut berkali-kali di Alquran.

Salah satunya dalam surah Ar-Rad ayat 4 yang menyebutkan bahwa buah Anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Selain itu, anggur juga punya banyak khasiat seperti mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun, melancarkan perjalanan darah, dan membersihkan perut.

2. Rasulullah bersabda, madu adalah obat sekaligus rahmat.

Sabda Rasulullah SAW: “Demi Allah yang aku dalam genggaman-Nya, minumlah madu. Malaikat akan memohon rahmat pada penghuni rumah yang ada madu di dalamnya. Jika seseorang makan madu, seribu obat masuk ke perutnya dan sejuta penyakit keluar darinya”

Rasulullah mencampur madu dengan segelas air dan meminumnya setiap pagi ketika perut kosong.

3. Jamur dianggap sebagai anugerah yang istimewa oleh Rasulullah.

Said bin Zaid bin Amru bin Nufail R.A. berkata: Aku pernah mendengar Nabi s.a.w bersabda: “Jamur adalah sejenis Manna (satu anugerah yang sangat istimewa) dan dapat mengobati mata”. Sejak zaman dahulu jamur memang sudah jadi obat herbal ya, guys!

4. Kamu pasti nggak nyangka, kalau Nabi Muhammad juga suka semangka.

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi -SAW- sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843,dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843)

Loading...

Nabi mengatakan wanita hamil tidak akan gagal melahirkan anak yang baik, karakter dan wajahnya, bila mengkonsumsi semangka.

5. Bukan susu sapi, Rasulullah lebih suka susu kambing.

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Akan tiba suatu masa di mana kambing adalah sebaik-baik harta bagi orang Islam. Orang Islam akan memeliharanya di puncak-puncak bukit dan di lembah-lembah, hidup terisolasi dari masyarakat demi memelihara agama dari ditimpa bencana.” Konon, susu kambing khasiatnya hampir menyamai ASI.

6. Sering kita jadikan lalapan, mentimun ternyata disukai Nabi SAW.

Dari Abdullah bin Jaafar, diriwayatkan bahwa Nabi SAW pernah memakan mentimun bersama kurma untuk menghilangkan dahaga dan mengurangi rasa panas tubuh. Sifat mentimun yang segar konon enak dimakan bersama kurma yang manis.

7. Diam-diam, jahe adalah minuman surga, lho!

Jahe disebut dalam surat Al-Insan ayat 17 Allah berfirman: “Dan mereka dalam surga itu diberi dari sejenis minuman yang campurannya zanjabil (jahe). Jahe berkhasiat untuk pencernaan, sendi, dan peredaran darah.

8. Saat bertamu, Rasulullah pernah mencari-cari buah labu.

Dari Anas bin Malik RA: Aku pergi bersama Rasulullah SAW menghadiri jamuan makan tersebut. Dia menghampiri Rasulullah dan menyajikan roti dari gandum serta kuah berisi buah labu dan daging bakar. Anas berkata: Aku melihat Rasulullah SAW mencari-cari buah labu dari dalam sahfah tersebut, yaitu sebuah wadah makanan yang memuat makanan cukup untuk lima orang“.

9. Buah delima, yang kini banyak dijual di pasaran.

Buah delima disebut 3 kali dalam Alquran dan buah ini disebut sebagai buah dari surga. Dalam Surat Ar-Rahman ayat 68, Allah berfiman: “Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima”

Makanan lain yang juga menjadi favorit Rasulullah tapi belum begitu familiar di kita adalah barli, buah tin, habatussauda, safron, kelabat, dan cuka apel.[]

Sumber: IDNTIMES

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More