8 Jenis Olahraga Ini Bisa Hancurkan Lemak Perut dalam Sekejap!

LEMAK di perut bukan cuma pemandangan yang mengganggu bentuk tubuh, tetapi juga membahayakan. Pasalnya banyak penelitian yang menyebutkan bahwa lemak di perut berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Punya tumpukan lemak di perut juga? Ayo segera kecilkan dengan berbagai jenis olahraga seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

1. Berjalan atau Berlari

Anda mungkin berpikir, “Apa hubungannya olahraga yang menggunakan gerak kaki dengan usaha mengecilkan perut?” Well, sebenarnya memang tidak ada.

Namun membiasakan diri untuk berjalan atau berlari tidak ada ruginya, yang penting Anda bergerak. Sedikit demi sedikit, kalori akan semakin banyak terbakar. Sehingga bukan lemak di perut saja yang akan menyusut, bagian tubuh lain pun pasti bertambah ramping.

2. Elliptical Trainer

Elliptical Trainer adalah salah satu alat kardio yang biasanya ditemukan di pusat kebugaran. Alat yang satu ini pun disarankan untuk pengunjung pusat kebugaran yang rawan mengalami nyeri sendi saat menggunakan treadmill.

Baca juga: 4 Minuman Terbaik untuk Hancurkan Lemak Tubuh, Rasanya Juga Enak!

Gerakan dengan Elliptical Trainer bisa dibilang merupakan gabungan antara jalan kaki dan naik tangga. Jadi bukan seperti jalan kaki yang membutuhkan kekuatan tubuh bagian bawah, olahraga Elliptical Trainer juga membuat tubuh bagian atas ikut aktif.

3. Bersepeda

Ingin bugar sekaligus menyenangkan? Ayo biasakan diri untuk bersepeda. Selama 30 menit saja, Anda sudah bisa membakar 250-500 kalori.

Bersepeda pun sebaiknya dilakukan di lingkungan yang bebas polusi. Sebab percuma saja jika Anda capek-capek bersepeda, tetapi malah menghirup udara kotor dari asap kendaraan.

4. Bicycle Exercise

Tidak punya sepeda kayuh? Anda bisa tetap melakukan olahraga yang mirip dengan bersepeda melalui Bicycle Exercise. Bagaimana caranya?

Pertama, Anda harus berbaring dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala. Kemudian angka lutut ke dada sambil mengangkat kepala namun pundak tetap menempel di lantai.

Loading...

Setelah itu, temukan siku kiri dengan lutut kanan sementara kaki kiri ditarik lurus. Lakukan bergantian seperti Anda sedang mengayuh sepeda. Itulah Bicycle Exercise!

Baca juga: Awas! Hindari Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Sebelum Olahraga

5. Chair Leg Raise

Sama seperti Elliptical Trainer, Chair Leg Raise sebenarnya juga ditemukan di pusat kebugaran. Alat tersebut umumnya memiliki lengan dan sandaran, namun tanpa tempat duduk. Sehingga kaki bisa menggantung bebas di atas lantai.

Caranya, letakkan tangan pada lengan kursi dan punggung menempel pada sandaran. Perlahan-lahan, angkat kaki ke depan dan tahan beberapa saat. Ulangi beberapa kali untuk membakar lebih banyak lemak di perut.

6. Ball Crunch

Olahraga yang satu ini perlu stabilitas dan kekuatan otot yang maksimal. Benar-benar cara efektif untuk menyusutkan lemak di perut.

Olahraga Ball Crunch mirip seperti sit up di atas bola. Anda harus meletakkan punggung di atas bola dan tangan di kepala. Setelah itu angkat kepala perlahan-lahan sambil menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh.

7. Vertical Leg Crunch

Mirip seperti Ball Crunch dan sit up, tetapi di sini Anda harus mengangkat kaki tinggi-tinggi selama menarik tubuh ke depan.

Pertama, Anda harus berbaring dengan tangan di belakang kepala. Angkat kaki dan silangkan ke udara. Kepala dan pundak harus tetap menempel di lantai. Selama kaki di udara, tarik tubuh ke depan dan ulangi beberapa kali.

Baca juga: Awas, Lemak Perut Sangat Berbahaya Bagi Jantung

8. Sit Up

Sit up merupakan salah satu gerakan paling efektif untuk mengencangkan otot-otot perut. Gerakan sederhana ini bisa dilakukan di pagi hari atau sesaat sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar otot perut senantiasa kencang. Kalau otot sudah kencang, gumpalan lemak yang bikin perut terlihat buncit pun tak tampak lagi.

Untuk Anda yang mengalami kelaian tulang punggung seperti skoliosis, sit up bisa dilakukan dengan alat bantu atau dengan bantuan orang lain. Dengan begitu Anda tetap bisa melakukan gerakan sit up dengan seimbang.[]

Sumber: MERDEKA

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More