6 Jenis Bahan Makanan ini Buruk untuk Kesehatan Kulit

MENJAGA kesehatan dan kecantikan kulit bukan cuma dilakukan dari luar. Seperti mengenakan berbagai krim bermerek yang mahal dan menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah. Sebab menjaga kesehatan dan kecantikan kulit juga bisa dilakukan secara alami dari dalam.

Buah dan sayur adalah dua makanan yang sering disebut sebagai pemberi nutrisi terbaik bagi kulit. Namun bagaimana dengan makanan terburuk yang sebaiknya dihindari? Simak langsung sebagaimana dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Garam

Kebanyakan makan garam menyebabkan mata mengantongi air yang lebih banyak. Jadi coba ingat-ingat lagi, apakah kantung mata yang Anda miliki disebabkan oleh insomnia atau kegemaran makan makanan asin yang berlebihan?

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Begini Cara Merawat Kecantikan yang Mudah!

Selain itu, seiring bertambahnya usia, kondisi munculnya kantung mata akibat makan makanan bergaram tinggi semakin parah. Jadi bukan cuma buruk bagi jantung, kelebihan garam juga buruk untuk kulit.

2. Kerang-kerangan

Udang, kepiting, dan lobster sebenarnya kaya akan yodium yang diperlukan oleh tubuh. Tetapi kebanyakan mengonsumsi makanan laut dan kerang-kerangan justru bisa menimbulkan jerawat. Bagaimana bisa?

Akumulasi yodium ternyata mengganggu kondisi kulit. Oleh sebab itu bagi orang-orang tertentu yang memang mudah berjerawat, konsumsi makanan beryodium sebaiknya dibatasi.

3. Susu

Sebuah penelitian pada tahun 2005 menyebutkan kalau konsumsi susu berlebihan juga bisa membuat kulit berjerawat. Penelitian serupa tahun lalu juga mengaitkan konsumsi susu skim dan risiko jerawat.

Keduanya ternyata memang berhubungan. Sebab hormon tertentu dari susu skim tak mampu diserap dengan baik oleh tubuh. Sehingga keberadaannya mengganggu kelenjar sekresi minyak pada kulit dan menyebabkan jerawat.

4. Glikemik tinggi

Makanan dengan kadar glikemik tinggi contohnya adalah roti putih, pasta, kue, sampai sirop jagung. Sebab semuanya mampu menyebabkan jerawat.

Lagipula selain menyebabkan jerawat, makanan dengan kadar glikemik tinggi juga meningkatkan gula darah sehingga Anda berisiko terkena diabetes.

5. Gula

Selain garam, gula juga termasuk makanan terburuk untuk kulit. Pasalnya kebanyakan makan gula bukan cuma menyebabkan diabetes, tetapi melemahkan jaringan seperti kolagen.

Jika kekurangan kolagen, kulit akan kehilangan elastisitas. Bukan cuma itu, kulit juga berisiko cepat keriput. Maka dari itu batasi konsumsi gula demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman ini Ternyata Bikin Kamu Cepat Tua!

6. Alkohol

Alkohol adalah minuman diuretik alami. Artinya, semakin banyak diminum, Anda semakin dehidrasi. Lantas apa yang terjadi saat tubuh sering dehidrasi? Keriput dan garis-garis penuaan akan cepat muncul.[]

Sumber: MERDEKA

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!