Demo di Bawaslu Hari Ini, Belasan “Emak Emak Damai” Ikut Aksi Pakai Daun Palma

  • Whatsapp
Demo di Bawaslu Hari Ini, Belasan "Emak Emak Damai" Ikut Aksi Pakai Daun Palma
Kelompok terdiri dari belasan perempuan menamakan diri Emak-Emak Damai terlibat dalam demonstrasi di depan Gedung Bawaslu, Jumat 10 Mei 2019. Foto: TEMPO

Jakarta, Widiynews.com – Berbagai kelompok berhimpun dalam massa yang mendampingi Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi melaporkan dugaan kecurangan Pemilu ke Bawaslu, Jumat, 10 Mei 2019. Di antaranya adalah kelompok yang menamakan diri mereka Emak-Emak Damai.

Kelompok ini terdiri dari belasan perempuan yang mengenakan atribut dedaunan palma atau palem diikatkan di kepala mereka. Sebagian membawa pula keranjang berisi tiga gelas air kemasan. Ria, anggota kelompok itu, mengatakan datang dari Bogor. “Mau ikut mengadu kecurangan pemilu ke Bawaslu,” katanya di depan Gedung Bawaslu.

Read More

Menurut dia, daun palma yang dirangkai menjadi mahkota menggambarkan persatuan. Ia menuturkan batang daun bisa menjadi pemersatunya helai-helai daun. “Kecurangan ini mempersatukan kami untuk bergerak,” ujarnya menambahkan.

Sedang air disebutnya untuk menyejukkan suasana. “Kami juga membawa hati dalam aksi ini agar didengar.”

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni 212 menyatakan bahwa kedatangan massa ke Bawaslu RI bukan berdemontrasi. Tapi untuk mendampingi BPN Prabowo-Sandi mengadukan dugaan kecurangan Pemilu. “Ini bukan demo, tapi mau lapor ke Bawaslu,” ujar juru bicara PA 212 Novel Bamukmin saat dihubungi, Jumat 10 Mei 2019.

Rencana melaporkan kecurangan Pemilu tersebut juga sudah disampaikan BPN dalam konferensi pers sehari sebelumnya. Direktur Relawan BPN, Ferry Juliantono, menuturkan rencana timnya melaporkan temuan kecurangan Pemilu 2019 secara resmi ke Bawaslu.[]

Sumber: TEMPO

Related posts