Tips

5 Metode Holistik Terbaik Ini Bisa Bantu Redakan Stres, Yuk Coba!

APAKAH Anda merasa stres dengan beban kerja atau kehidupan keluarga? Apakah Anda tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat akibat aktivitas Anda? Hal...

Written by Nining · 1 min read >
5 Metode Holistik Terbaik Ini Bisa Bantu Redakan Stres, Yuk Coba!

APAKAH Anda merasa stres dengan beban kerja atau kehidupan keluarga? Apakah Anda tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat akibat aktivitas Anda? Hal tersebut dapat merampas kebahagiaan hidup Anda dan membuat stres.

Namun, membuat beberapa perubahan kecil berikut dalam hidup Anda akan berdampak signifikan, membantu Anda untuk mendapatkan pemikiran positif.

Penyembuhan holistik dikenal sebagai pendekatan terbaik untuk menyeimbangkan kehidupan dan kesehatan seseorang dengan cara menyatukan aspek fisik, mental, dan spiritualnya sebagai manusia yang utuh. Berikut ada lima cara mengurangi stres dengan metode holistik yang sederhana, dilansir healthmeup (31/3).

1. Pijat refleksi

Pijat refleksi adalah pereda stres yang luar biasa, mengurangi seluruh hal yang terkait dengan kondisi stres. Berbaring dan mendapat pijatan di tangan atau kaki dapat membantu menyembuhkan sejumlah penyakit yang berbeda, karena masing-masing daerah tubuh Anda yang berhubungan dengan keluhan yang berbeda. Terlebih lagi, pemijatan teratur dapat membantu menjaga kondisi Anda.

2. Yoga

Yoga menjadi terkenal karena kemampuannya menghilangkan stres. Anda tidak perlu bergabung dengan klub yoga yang mahal, Anda dapat melakukannya dalam di rumah Anda sendiri. Untuk menguasai dasar-dasar, ada berbagai DVD murah, serta beberapa tutorial online gratis di situs seperti YouTube. Pakailah baju yoga yang nyaman sehingga Anda dapat bergerak dengan mudah dan memudahkan konsentrasi saat yoga.

3. Latihan fisik

Latihan fisik adalah cara yang bagus untuk membersihkan diri dari kecemasan dan stres. Hanya dengan menemukan jenis latihan yang Anda nikmati. Setengah jam di kolam renang atau bersepeda akan mendapatkan aliran endorfin mengalir. Jika Anda membutuhkan struktur keanggotaan gym, pastikan Anda bisa rutin mengunjunginya setidaknya dua kali seminggu – bahkan jika itu hanya selama setengah jam.

Sebuah klub kesehatan sering memiliki fasilitas seperti sauna, jadi mengapa tidak menggunakan ini setelah pekerjaan Anda selesai? Hal tersebut akan membantu membunuh racun, serta membuat Anda rileks.

4. Meditasi

Meditasi cocok dengan kehidupan Anda yang sibuk.Berlatih mediasi dapat membantu melatih pikiran Anda untuk relaksasi dan membangun energi internal. Anda bisa berlatih di mana pun Anda merasa nyaman. Bahkan tak perlu menyediakan waktu khusus, Anda bisa melakukan meditasi dalam beberapa menit saja, namun efek yang dihasilkan luar biasa.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Menu sederhana tapi mengandung gizi seimbang akan bermanfaat pada tubuh Anda, terlebih jika dilakukan setiap hari. Pastikan bahwa Anda makan banyak buah, sayuran, dan bahan-bahan alami yang membuat tubuh dan otak berfungsi dengan maksimal, serta menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda. Cobalah untuk tidak beralih ke gula, lemak atau kafein di saat Anda stres, karena menyebabkan energi Anda menurun.

Penyembuhan holistik tadi bisa dilakukan kapan saja tanpa menyita waktu Anda. Pikiran menjadi lebih tenang dan Anda bisa bersemangat lagi untuk melanjutkan hidup.[]

Sumber: MERDEKA

Written by Nining
Teman yang tidak membabantu kesulitan seperti halnya musuh. Tanpa saling membantu maka hubungan teman tak akan lama. Telah kucari teman sejati dalam setiap masa, akan tetapi usahaku itu siasia belaka. (Imam Syafií) Profile