Widiynews.com

5 Cara Sederhana dan Alami untuk Turunkan Risiko Kanker Payudara

5 Cara Sederhana dan Alami untuk Turunkan Risiko Kanker Payudara
Foto: Halodoc

SETIAP 20 detik sekali seorang wanita didiagnosis penyakit kanker payudara. Sementara itu, setiap satu menit sekali satu wanita meninggal karena kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat menakutkan bagi wanita dan berbahaya.

Sebelum terkena kanker payudara, ada baiknya jika setiap wanita melakukan langkah pencegahan yang bisa menurunkan risiko mereka terkena kanker payudara, seperti dilansir oleh Inspiyr sebagai berikut.

1. Hindari kontrasepsi oral dan terapi hormon

World Health organization mengumumkan bahwa kontrasepsi secara oral dan terapi hormon mengandung karsinogen jenis pertama. Dengan kata lain, kedua hal tersebut bisa menyebabkan kanker pada manusia. Tak diragukan lagi kedua jenis pengobatan itu bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Sebisa mungkin wanita harus menghindari kedua jenis pengobatan tersebut.

2. Jangan merokok

Merokok buruk untuk kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, merokok juga buruk untuk payudara. Merokok bisa meningkatkan risiko kanker payudara, terutama pada wanita yang mulai merokok di usia remaja. Jika Anda memiliki kanker payudara dan masih tetap merokok, risiko kematian akan semakin besar. jadi sebaiknya berhenti merokok sekarang juga.

3. Hindari alkohol

Alkohol bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin tinggi juga risiko terkena kanker payudara. Bahkan setengah gelas wine setiap hari bisa meningkatkan risiko ini. Solusi terbaik untuk mencegah terkena kanker payudara adalah dengan membatasi jumlah alkohol yang diminum atau tidak meminum alkohol sama sekali.

4. Kurangi lemak

Obesitas adalah faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan wanita terkena kanker payudara. untuk itu, menjaga berat badan agar tak sampai berlebihan adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker payudara. Lakukan diet dengan cara tepat, perbanyak konsumsi buah dan sayuran setiap hari, serta rajin berolahraga untuk menjaga berat badan.

5. Berolahraga

Kurang olahraga juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Berita baiknya adalah bahwa hanya dengan berjalan 30 menit selama empat kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kanker hingga 30 – 60 persen.

Jika Anda sudah terdiagnosis kanker payudara, olahraga secara teratur bisa mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Anda bisa berjalan selama 30 menit empat kali dalam seminggu atau melakukan olahraga teratur.

Baca juga: 8 Jenis Olahraga Ini Bisa Hancurkan Lemak Perut dalam Sekejap!

Kanker payudara adalah penyakit yang tak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja. Namun jangan khawatir, melakukan hal-hal di atas akan menjauhkan Anda dari kanker payudara.[]

Sumber: MERDEKA

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Rekomendasi Lainnya

Artikel Terkait

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

One Response

Comments are closed.

Follow Fanspage Widiynews