8 Cara Alami dan Mudah Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

KANKER usus besar disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak wajar di daerah usus besar. Untuk mendeteksi kanker usus besar ini, ada metode yang disebut kolonoskopi, yaitu memasukkan selang ke bagian anus yang memiliki kamera untuk menemukan polip di dinding usus.

Demi mencegah atau menurunkan risiko kanker usus besar, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Gandum utuh

Peneliti dari Inggris dan Belanda menyebutkan bahwa konsumsi makanan berbahan gandum utuh mampu menurunkan risiko kanker usus besar.

Meskipun buah dan sayur mengandung serat, namun ternyata konsumsi makanan tersebut tidak menurunkan risiko kanker usus besar. Artinya, memang ada nutrisi dari gandum utuh yang memiliki kemampuan mencegah kanker.

BACA INI JUGA: Ini Bahaya Kanker Usus Besar Bagi Wanita Hamil, Bisa Sebabkan Kematian!

2. Aspirin

Penelitian lain dari Belanda menyatakan kalau mengonsumsi aspirin setiap hari mampu menurunkan risiko meninggal akibat kanker usus besar.

Sayangnya, konsumsi aspirin ini hanya berlaku pada orang-orang yang sudah didiagnosis kanker usus besar. Kesempatan bertahan hidup mereka terbukti lebih lama jika mengonsumsi aspirin setiap hari dibanding yang tidak minum aspirin sama sekali.

3. Cokelat

Penelitian yang melibatkan tikus percobaan laboratorium menyebutkan kalau karsinogen pemicu kanker usus besar menurun jumlahnya ketika tikus diberi cokelat.

Hal ini dikarenakan cokelat mengandung nutrisi berupa polyphenol yang mampu menurunkan risiko kanker besar. Sayangnya belum ada penelitian serupa yang melibatkan manusia.

4. Jahe

Penelitian dalam jurnal Cancer Prevention Research membuktikan kalau mengonsumsi 2 gram suplemen jahe setiap hari juga mampu menurunkan risiko kanker usus besar.

Khasiat dari jahe tersebut dilaporkan ampuh meminimalisir adanya inflamasi di area usus besar, kondisi umum yang memang bisa memicu kanker.

5. Musik klasik

Jika ingin melakukan pemeriksaan kanker usus besar, sebaiknya pergilah ke dokter yang memutar musik klasik ketika melakukan kolonoskopi. Sebab penelitian menyebutkan kalau dokter seperti itu berkesempatan lebih tinggi untuk menemukan polip di usus besar.

Dengan menemukan polip, pencegahan terhadap kanker bisa dilakukan. Sehingga Anda pun berisiko kecil terkena penyakit tersebut.

6. Olahraga

Sama seperti jenis kanker dan penyakit lainnya, jagalah kesehatan Anda dengan cara rajin berolahraga. Setidaknya lima kali atau lebih dalam seminggu.

Sebab menurut penelitian dalam jurnal Cancer Causes and Control, kanker usus besar bisa diturunkan risikonya dengan berolahraga lima kali atau lebih dalam seminggu.

7. Sayuran

Sayuran, khususnya yang berdaun hijau pun sebaiknya rajin Anda konsumsi demi mencegah risiko kanker usus besar.

Sayuran berdaun hijau itu contohnya adalah brokoli, kale, kembang kol, atau kubis. Setidaknya Anda harus makan 58 gram sayuran berdaun hijau dalam sehari untuk menurunkan risiko kanker usus besar.

BACA INI JUGA: Berujung Kematian, Ini Gejala-Gejala Kanker Darah yang Harus Kamu Tahu!

8. Buah berry

Sebuah penelitian yang melibatkan tikus percobaan menemukan bukti bahwa senyawa dalam raspberry hitam memiliki kekuatan anti kanker usus besar.

Penyebab kenapa buah berry tersebut mampu mencegah kanker usus besar adalah karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Antioksidan tersebut memerangi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan DNA dan memicu kanker.[]

Sumber: MERDEKA

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!