Tips Puasa Lancar dan Tetep Semangat Seharian Penuh

Kita sering sekali saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan banyak cobaan yang akan membuat puasa kamu menjadi batal dengan alasan tidak sanggup menahan lapar, haus, dan kelelahan.

Padahal berpuasa dibulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat islam, jangan sampai godaan tersebut membuat puasa kamu menjadi batal. Coba lakukan tips berikut ini agar puasa kamu lancar dan tetap bersemangat dalam menjalankan puasa :

Fokus beribadah

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah sehingga banyak orang beramai-ramai menuai kebajikan dalam bulan ini sebab berkah dan pahala yang akan didapatkan akan berlipat ganda.

Berpuasa bukan berarti kamu berleha-leha dengan alasan lelah dan lama menahan lapar. Kamu hanya akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini hanya untuk bermalas-malasan. Lebih baik kamu perbanyak hal yang bermanfaat seperti memperbanyak ibadah kamu.

Bisa dimulai dengan berzikir, membaca Al-Qur’an setiap selesai shalat, coba targetkan dalam sebulan kamu bisa menamatkan membaca Al-Qur’an dan mulai melaksanakan shalat sunnah dan saat melakukan shalat wajib usahakan berjamaah.

Baca juga: 6 Pesan dan Tips Rosulullah SAW Menjalankan Puasa Ramadhan

Asupan makanan

Saat bulan Ramadhan kamu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sebab makanan yang tinggi serat akan membuat sistem pencernaan butuh waktu untuk mencernanya.

Makanan yang tinggi serat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, salah satunya buah kurma.

Buah manis ini memang banyak digemari saat bulan puasa dan buah kurma mengandung serat yang tinggi. Usahakan saat berbuka konsumsi makanan dalam jumlah cukup dan jangan berlebihan sebab akan membuat sistem pencernaan bermasalah dan kamu akan merasa begah.

Cukup istirahat

Saat berpuasa usahakan jangan terlalu sering bergadang dan tidur hingga larut malam, kecuali jika kamu menggunakan waktu malam untuk berbidah. Namun jika tidak sebaiknya waktu malam digunakan untuk istirahat.

Kamu harus mendapatkan istirahat yang cukup sebab besoknya kamu harus bekerja seharian dengan kondisi kamu tengah berpuasa. Istirahat yang cukup di malam hari mampu mengembalikan energi tubuh yang sempat saat siang hari sehingga saat bangun tidur dipagi hari tubuh akan terasa segar dan bugar. Tidak hanya itu saja, cukup dalam beristirahat akan membuat pikiran menjadi jernih dan tenang serta membantu kamu berkonsentrasi saat bekerja.

Persiapan makanan dan minuman

Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat dan bergizi agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi walaupun kamu tengah berpuasa, apalagi menu makanan di saat sahur.

Usahakan mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi.

Sediakan stok makanan di rumah agar kamu tidak terlalu sering ke pasar dan kamu bisa lebih lama memiliki waktu istirahat dan melakukan hal yang bermanfaat lainnya seperti mambaca Al-Qur’an dan ibadah lainnya

Bertekad didalam hati

Sebelum kamu berpuasa sebaiknya kamu memantapkan hati terlebih dahulu agar kamu bisa khusu’ berpuasa dan konsisten, sehingga kamu tidak akan tergoda oleh segala macam hal yang akan membuat puasa kamu batal termasuk tergoda oleh nikmatnya makanan dan minuman.

Bersihkan hati kamu dari segala macam hal yang membuat kamu kesal dan dendam serta niatkan puasa kamu untuk Allah SWT semata.

Konsumsi air putih

Selain buah dan sayur, kamu mesti mesti mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak mengonsumsi air putih saat berbuka dan sahur.

Usahakan mengonsumsi air putih lebih dari 8 gelas dalam sehari sebab disaat siang hari tubuh pasti mengalami dehidrasi. Dehidrasi saat berpuasa akan membuat kamu cepat merasa lelah dan tidak bersemangat. Jadi, penuhilah kebutuhan cairan tubuh.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More