Berita Terkini: PKB Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2018

Berita Terkini: PKB Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2018

Widiynews.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PBK) menargetkan 60 persen kemenangan di Pilkada 2018 nanti. Hal ini disampaikan oleh Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Daniel Johan. Dari 171 Pilkada, 114 daerah akan menjadi fokus target kemenganan PKB.

Loading...

“PKB menargetkan untuk mengikuti seluruhnya di 2018 yaitu 171 Pilkada. Dari 171 pilkada, sebanyak 114 daerah menjadi fokus target kemenangan karena jumlah kursi PKB yang dominan melebihi atau hampir dari setengah persyaratan kursi yang dibutuhkan calon untuk maju,” kata Daniel.

Daniel mengatakan, PKB menargetkan untuk bisa memenangkan 60 persen dari total keseluruhan pilkada yang akan diikuti. Target ini memang lebih tinggi dibanding prosentase kemenangan PKB pada Pilkada sebelumnya, yakni Pilkada 2017 yang hanya 54 persen.

“PKB memandang penting Pilkada 2018 sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2019, akan berusaha mendudukkan 50 kader asli PKB menjadi Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota,” ungkap Daniel.

Sejak hari ini DPP PKB menginstruksikan kepada DPW dan DPC untuk membuka pendaftaran mulai tanggal 24 Juli sampai 20 Agustus. Waktu ini agak mundur agar pendaftaran dilakukan setelah rangkaian kegiatan untuk peringatan Harlah PKB yang jatuh 23 Juli.

“PKB akan melakukan penilaian terhadap satu persatu bakal calon melalui beberapa proses yaitu administrasi, psikologi, uji kelayakan dan survei sebelum menetapkannya sebagai calon. Bobotnya masing-masing berbeda,” kata Daniel.

Ia mensyaratkan setiap bakal calon akan komitmennya pada Pancasila, Kebhinnekaan, NKRI, dan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan program kerakyatan yang konkrit. Setiap calon yang sudah mengantongi rekomendasi PKB akan meneken kontrak khusus terkait hal ini.

[artikel number=4 tag=”berita-terkini,politik” ]

“PKB akan memprioritaskan bakal calon perempuan sebagai komitmen untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam dunia politik, generasi muda yang memiliki kegairahan tinggi, memiliki elektabilitas, dan kemauan tinggi untuk mengabdi pada rakyat,” kata Daniel.

Ia juga memastikan partainya tidak memungut biaya apapun terhadap bakal calon yang akan mendaftar dan mengikuti tahapan proses Pilkada.