Bagaimana Ciri Hewan Kurban yang Sehat Menurut Pakar Kesehatan?

Hewan kurban adalah sebaiknya hewan yang baik untuk dijadikan kurban pada lebaran Idhul Adha. Sebagai sarana ibadah dan sedekah, sebagai umat Islam kita wajib memperhatikan hewan yang ingin kita kurbankan.

Kita bisa memilih mulai dari kambing, domba atau sapi sesuai dengan kemampuan keuangan kita untuk ikut berpartisipasi kurban.

Namun, kita tetap wajib memperhatikan hewan yang ingin kita beli sebelum berkurban. Karena belakangan banyak para pedagang yang tidak jujur dan hanya mencari keuntungan semata.

Pastikan juga, hewan yang kita beli memiliki ciri-ciri hewan sehat dan pantas. Dalam hukum Islam terdapat beberapa syarat hewan kurban yang harus diperhatikan, yakni sudah poel atau tanggal satu dari empat gigi depannya serta sudah cukup umur.

Loading...

Untuk sapi, sebaiknya sudah berusia dua hingga 3 tahun atau setidaknya 25 bulan. Sedangkan untuk kambing, usianya 2 tahun atau minimal 13 bulan dan untuk domba sekitar 7 bulan.

Menurut pakar kesehatan, hewan yang sehat tidak hanya terlihat secara kasat mata saja. Namun dapat dilihat dari keaktifannya.

Sebagai contoh, kambing yang akan dipakai untuk kurban tidak memiliki tanduk pecah atau sobek pada telinga. Cuma, untuk di Indonesia banyak hewan kurban yang telinganya berlubang karena ditindik sebagia penada nomor urut. Hal ini tidak menjadi masalah.

Menurut pakar kesehatan juga menyebutkan jika syarat utama dari hewan kurban adalah terbebas dari penyakit berbahaya seperti antraks, TBC, diare, infeksi cacing dan masalah kesehatan lainnya yang bisa saja menular pada tubuh manusia jika dikonsumsi.[]

Sumber: DOKTERSEHAT

Allegiance Zamzam
Siapa takut kepada Allah, maka tidak hidup marahnya, Siapa yang bertaqwa kepada-Nya, niscaya tidak mengerjakan sesukanya. (Umar bin Khathhab)