Quraish Shihab: Tanpa Jasa BJ Habibie, Maka Kitab Tafsir Al-Misbah Tak Akan Terwujud

JAKARTA, Widiynews.com –¬†Cendekiawan Muslim Quraish Shihab mengungkapkan jasa Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

BJ Habibie telah meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9/2019).

Kenangan akan jasa BJ Habibie itu diungkapkan Quraish Shihab saat menjadi narasumber program ‘Mata Najwa’, dikutip TribunWow.com dari tayangan Trans7 Live, Rabu (11/9/2019).

Quraish Shihab yang merupakan sahabat BJ Habibie itu tampak mengingat masa menulis kitab Tafsir al-Misbah.

Ia mengaku saat itu sering melakukan diskusi dengan BJ Habibie.

“Kita sering dikusi beliau sering berkata saya mempelajari agama tapi saya konsumer. Jadi kita diskusi terkadang beda pendapat tapi bertemu,” ujar Quraish Shihab.

Disebutkannya, ia tidak dapat melupakan masa itu.

Loading...

Karena tanpa jasa BJ Habibie, maka kitab Tafsir Al Misbah tak akan terwujud.

“Dan saya pribadi tidak dapat melupakan Pak Habibie, dan itu saya catat pada akhir kitab Tafsir Al Misbah, itu tidak mungkin terwujud kalau Pak Habibie tidak menyuruh saya ke Mesir.”

“Saya selalu diajak teman-teman, ‘Tulis tulis tulis’, saya katakan orang baru bisa menulis tafsir kalau dipenjara seperti Buya Hamka,” paparnya tersenyum.

Ia mengingat saat itu ditugaskan oleh BJ Habibie untuk ke Mesir menjadi Duta Besar Indonesia.

“Dan saya ditugaskan oleh Pak Habibie untuk ke Mesir untuk menjadi duta besar, kemudian berkesempatan untuk ke perpustakaan bertemu dengan ulama,” ceritanya.

“Maka lahirlah kitab itu, di mana jasa Pak Habibie tidak bisa dilupakan,” pungkasnya.[]

Sumber: Wow.tribunnews.com

Widiyanti
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)