13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Mengobati penyakit kulit kadas dan kurap menggunakan obat herbal dari bahan alami jauh lebih baik dibanding menggunakan obat kadas / kurap bahan kimia dari apotek karena dinilai minim efek sampingnya. Meskipun tidak ada salahnya Anda untuk berkonsultasi lebih dulu mengenai cara mengatasi serta obat yang tepat untuk penyakit kulit kurap sesuai jenis kulit Anda kepada dokter spesialis.

Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai obat herbal apa yang tepat untuk mengobati penyakit kurap, alangkah baiknya Anda mengetahui pengertian, gejala serta penyebab kurap pada kulit sehingga lebih tepat penanganannya.

Apa Itu Penyebab Kurap?

Penyakit kurap terjadi karena infeksi yang disebakan oleh bakteri dan parasit jamur. Penyakit kulit ini bisa menular dan dapat terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kulit (tinea capitis), kuku (tinea unguium), kaki (tinea pedis), tubuh (tinea corporis) serta bisa juga menular.

Gejala awal kurap biasanya diawali dengan tanda-tanda muncul bercak merah atau merah muda, datar, atau sedikit timbul. Kurap pada kaki dan tubuh sering kali terjadi pada pria dibanding wanita. Selain itu, penyakit kulit ini juga menyerang orang dewasa dibanding anak-anak.

Gejala Kurap

Gejalanya biasanya dimulai setelah 4-10 hari setelah kontak dengan jamur. Kurap pada tubuh seperti ruam berbentuk lingkaran atau melingkar dengan sisi yang sedikit terangkat. Beberapa gejala lain dari kurap pada kulit atau bagian tubuh lainnya diantaranya:

  • Bersisik
  • Kulit menjadi kasar
  • Rambut rontok
  • Ruam membesar
  • Ruam berwarna abu-abu atau merah muda
  • Area lunak, atau berair
  • Terasa nyeri pada kulit kepala
  • Gatal
  • Bagian tepi kulit yang terkena kurap biasanya lebih tebal dari kulit normal.

Beberapa orang sering mengira jika kurap serupa dengan kadas. Meskipun keduanya sama-sama jenis penyakit kulit namun kadas dan kurap adalah penyakit kulit yang berbeda.

Meski demikian, cara mengatasi kadas dan kurap hampir serupa dan bisa dicegah menggunakan obat herbal alami sehingga lebih cepat sembuh dan tidak kambuh lagi.

Cara Mengobati Penyakit Kurap

13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Jika Anda mengidap penyakit kulit kurap, kadas atau gatal-gatal, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Jika diperlukan, hindari kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi.

Beberapa obat fungisida topikal saat ini sudah tersedia di beberapa apotik dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Obat tersebut dapat berbentuk bubuk, salep, atau juga krim yang dapat dioleskan pada luka kurap yang berbentuk cincin.

Langkah-langkah mudah dan sederhana dapat Anda lakukan untuk mencegah kurap diantaranya:

  1. Hindari berbagi handuk atau sisir, dan pakaian dengan seseorang yang terinfeksi kurap
  2. Pastikan jika Anda memelihara hewan, hewan tersebut tidak terinfeksi
  3. Jagalah kebersihan tubuh mulai dari mandi den bersihkan badan dengan sabun.
  4. Jagalah kebersihan pakaian yang Anda pakai
  5. Hindari menggaruk area kulit yang sudah terinfeksi kurap/kadas
  6. Usai mandi, keringkat kulit dengan baik, terutama di area jari-jari, ketiak dan selangkangan
  7. Berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit

Anda juga dapat menggunakan produk herbal yang mudah didapat di sekitar untuk mencegah penyebaran sekaligus mengobati penyakit kulit kadas dan kurap.

Obat Herbal Penyakit Kulit Kurap

Penyakit kulit kadas dan kurap biasanya dapat diobati dengan obat herbal alami yang memiliki sifat antijamur sehingga bakteri penyebab kurap tidak menyebar. Seperti 10 bahan alami dibawah ini.

1. Bawang Putih

13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Siapa yang tidak tahu bawang putih? Bahan pangan satu ini diketahui bermanfaat untuk berbagai macam jenis penyakit dari yang sederhana sampai yang kritis seperti kanker.

Bawang putih juga dapat dijadikan bahan alami untuk mengobati masuk angin dan meningkatkan suhu tubuh, terutama ketika cuaca dingin. Selain itu, bawang putih juga digunakan untuk mengatasi jamur seperti Candida, Torulopsis, Tricophyton, dan Cryptococcus.

Loading...

Cara menggunakannya juga sangat sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Anda cukup menghaluskan dan mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, oleskan adonan tadi di area kulit yang terkena kadas atau kurap. Oleskan bahan ini sebanyak dua kali setiap hari.

2. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Tanaman daging yang mempunyai warna orange ini memiliki kandungan zat antimikroba yang bisa membunuh bakteri dan kuman.

Cara menggunakannya, parutlah kunyit dan campurkan dengan minyak kelapa. Oleskan parutan ini ke bagian kulit yang terserang kurap. selain itu, Anda bisa menjadikan kunyit sebagai bahan minuman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

3. Cuka Apel

13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Meski dikenal sebagai bahan pembuat kue, cuka apel dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kurap dan beberapa infeksi kulit lainnya.

Oleskan sebanyak tiga kali sehari ke bagian tubuh yang terkena kurap agar hasilnya semakin maksimal dan cepat sembuh.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bermanfaat untuk mengobati infeksi kulit, termasuk kadas dan kurap. Oleskan minyak kelapa ke bagian tubuh yang terkena kurap dan kadas sebanyak tiga kali sehari.

Hentikan pemakaian jika timbul reaksi seperti kulit menjadi berwarna bengkak, dan terasa nyeri.

5. Lidah Buaya

Tanaman ini mengandung zat antiseptik. Kandungan inilah yang bermanfaat sebagai antijamur. Selain itu, efek dingin yang dihasilkan oleh lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa gatal karena kurap.

Cara menggunakannya, oleskan lidah buaya dibagian kulit yang terkena kadas atau kurap sebanyak empat kali sehari.

6. Tea tree oil

Loading...
13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Untuk membasmi jamur penyebab kurap dan infeksi jamur, salah satu obat alami yang dapat Anda coba adalah minyak pohon teh (tea tree oil). Selain dapat membasmi jamur, minyak pohon teh dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan dan menstimulasi sel-sel kulit yang lebih sehat.

Cara menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh untuk membasmi jamur penyeba kurap adalah sebagai berikut:

  1. Cairkan minyak pohon teh dalam jumlah yang sama dengan air atau minyak pembawa dan kemudian menerapkannya
  2. Masukkan beberapa tetes minyak pohon teh tadi ke atas bola kapas dan oleskan di bagian kulit yang terinfeksi.
  3. Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali satu minggu atau lebih.

7. Garam

Garam mungkin dikenal sebagai bumbu dapur yang adanya hanya didapur saja. Sebatas itu saja mungkin saja manfaatnya. Tapi tahukan Anda jika garam dapat dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit. Seperti garam lain yang bermanfaat mengobati lidah putih.

Selain itu, garam juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah jamur penyebab kurap dan kadas. Sifat garam yang dapat membuat kulit menjadi kering bisa membuat area kulit yang terkena kurap yang biasanya basah dan lembab menjadi kering.

Kondisi ini membuat jamur menjadi tidak menyebar ke bagian kulit yang lainnya. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup aplikasikan garam yang dicampur dengan air pada area kulit yang terkena kurap.

8. Teh Sereh (Serai)

13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Obat herbal selanjutnya untuk mengatasi kurap adalah teh sereh. Namun ada bedanya dengan beberapa obat herbal lainnya jika biasanya diolehkan namun untuk teh sereh cara menggunakannya adalah dikonsumsi atau diminum.

Sari dari teh sereh mengandung zat yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama untuk mengatasi kurap. Namun, Anda juga bisa mengaplikasikan teh sereh yang sudah dingin dan mengoleskannya langsung ke area kulit yang yang terinfeksi jamur kurap.

9. Pepaya

Kandungan vitaminnya tidak hanya membuat pepaya sebagai buah yang segar untuk dijadikan es buah saat musim panas atau saat disantap ketika siang hari.

Pepaya mengandung senyawa yang sangat bermanfaat. Kandungan papain pada pepaya dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati atau kulit luar yang biasanya terjadi pada kurap.

Zat papain akan membersihkan sel kulit mati dan mendorong sel baru yang sehat untuk menggantikannya. Enzim pada pepaya juga dapat menghancurkan virus dan jamur sekaligus mengurangi peradangan, iritasi dan rasa nyeri.

Berikut cara membuat obat herbal dari pepaya untuk membunuh jamur penyebab kadas atau kurap:

  1. Gosokkan pepaya mentah ke daerah yang terinfeksi.
  2. Biarkan kurang lebih selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan dua cara ini setidaknya dua kali dalam sehari supaya jamur penyebab kurap dapat mati dan sembuh.

Anda juga dapat menggunakan jus daun pepaya segar atau pasta yang terbuat dari biji pepaya kering jika tidak menemukan buah pepaya.

10. Minyak Lavender

13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Bunga lavender tidak hanya dapat digunakan untuk mengusir nyamuk karena aromanya. Minyak lavender dapat mengobati kurap.

Minyak ini juga dapat mencegah timbulnya infeksi yang diakibatkan selama pengobatan kurap. Namun, karena sangat kuat sebaiknya Anda harus tetap bijak dalam menggunakan minyak lavender agar tidak terjadi iritasi kulit.

11. Ekstrak Daun Zaitun

Cara mengobati penyakit kulit kurap selanjutnya dapat Anda lakukan dengan bahan ekstrak daun zaitun. Khasiat anti jamur dari daun zaitun menurut informasi cukup baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan kurap.

Oleskan ekstrak daun zaitun dua sampai tiga kali sehari pada bagian kulit yang terinfeksi. Setidaknya, jika hal ini dilakukan secara rutin hasilnya akan terlihat antara 1 sampai dua minggu kedepan setelah pengobatan dilakukan.

12.Biji Mustard

Bahan herbal satu ini mungkin sedikit asing ditelinga masyarakat Indonesia, meski demikian biji mustard dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti kurap, gatal, kadas dan luka.

Biji mustard adalah biji sawi. Caranya cukup mudah untuk mengobati luka akibat jamur kurap menggunakan biji sawi. Caranya, rendamlah biji sawi semalaman dan kemudian tumbuklah biji sawi tersebut menjadi pasta gigi.

Aplikasikan pasta mustard ke daerah yang terkena infeksi jamur kurap. Lakukan cara ini selama dua hari berturut-turut selama satu minggu atau sampai jamur kurap mati.

13. Grapefruit seed extract

13 Bahan Herbal Alami Ampuh Obati Kurap, Kadas, Panu dan Gatal-Gatal

Grapefruit seed extract merupakan bahan yang sering kali dipakai untuk perawatan kulit. Bahan ini adalah salah obat herbal yang juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti kadas, gatal-gatal dan kurap.

Caranya dengan mencampurkan satu atau dua tetes grapefruit seed extract dengan air secukupnya. Kemudian aplikasikan ke bagian kulit yang terinfeksi jamur kurap atau kadar sebanyak 3 kali sehari.

Obat alami berbahan herbal memang diklaim lebih efektif mengobati berbagai jenis penyakit termasuk kadas dan kurap. Di jaman dulu kala para orang tua lebih memilih menggunakan obat herbal dari bahan yang diambil dari tanaman, akar, daun, batang, atau pohon dan diolah sebagai obat herbal yang ampuh sebagai pengobatan tradisional.

Meski diklaim aman dan juga ekonomis dari segi biaya, namun Anda harus tetap bijak dalam menggunakan obat herbal. Sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter terkait penyakit kulit Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pakaian dan tubuh untuk menghindari penyakit kulit kurap dan kadas.

Demikian artikel seputar penyakit kulit kurap, kadas, dan gatal serta obat herbal yang ampuh untuk mengobati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Simak juga artikel menarik lain seputar Obat Herbal atau Kesehatan lainnya serta simak juga Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Yuk Ikuti Cara Mudah Mengatasinya dari kami.

Widiyanti
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)