10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, si Pahit yang Banyak Digemari

Khasiat daun Afrika (Vernonia amygdalina) sangat beragam, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan pun tanaman obat herbal ini dapat dimanfaatkan. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengenalnya. Atau mungkin Anda sedang mencari tahu apa saja khasiat dan manfaat daun Afrika? Yuk simak selengkapnya melalui artikel seputar tanaman obat herbal Vernonia amygdalina dibawah ini.

Mengenal Daun Afrika

Mengenal Daun Afrika
Tanaman daun Afrika atau Vernonia amygdalina

Apa itu daun Afrika? Mungkin ini salah satu pertanyaan bagi Anda yang baru saja mendengar atau sedang bingung mencari perbedaan antara daun teh biasa dengan teh Afrika.

Daun Afrika atau Vernonia amygdalina merupakan jenis tanaman herbal yang cukup populer di bagian barat Afrika, terutama Nigeria dan dipercaya sebagai obat herbal untuk pengobatan alternatif sejak jaman dulu.

Tanaman herbal ini merupakan anggota keluarga Asteraceae, atau tumbuhan berupa semak kecil yang tumbuh di benua Afrika dengan iklim tropis. Tingginya mencapai 2-5 meter. Ciri-ciri tumbuhan ini memiliki daun berbentuk bulat panjang, panjangnya mencapai 20 cm. Kulit daunnya kasar dan memiliki rasa yang pahit.

Daun Afrika atau Vernonia amygdalina juga memiliki nama lain di Afrika, diantaranya grawa (Amharik), ewuro (Yoruba), etidot (Ibibio), onugbu (Igbo), ityuna (Tiv), oriwo (Edo), Awɔnwono (Akan), chusar-doki (Hausa), mululuza (Luganda) , labwori (Acholi), olusia (Luo), dan ndoleh (Kamerun).

Kandungan Daun Afrika

Kandungan Daun Afrika

Dirangkum dari berbagai studi, daun Afrika Vernonia amygdalina termasuk tanaman herbal sumber protein, serat (jenis tidak larut air), dan lemak sehat yang cukup tinggi. Selain itu, daun Afrika mengandung sejumlah mineral penting lainnya seperti zink, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan natrium. Daun ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Khasiat daun Afrika dipercaya lebih efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut manfaat daun Afrika atau Vernonia amygdalina untuk kesehatan.

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

1. Meringankan Gejala Demam Malaria

Salah satu manfaat daun Afrika yang sudah dikenal sejak jaman dulu adalah ampuh mengobati demam yang disebabkan karena malaria. Khasiat dan kepercayaan ini sudah ada selama berabad-abad di Afrika dan dibuktikan melalui penelitian ilmiah.

Caranya, konsumsi daun Afrika dalam bentuk jus dan dikonsumsi tiga kali setiap hari. Meski menurut penelitian, 67% daun vernonia amygdalina dapat menyembuhkan demam malaria, namun tetap saja sebaiknya berkonsultasi kepada dokter baik sebelum atau sesudah mengonsumsi jika tidak kunjung reda demam Anda.

2. Mengandung Antioksidan Tinggi

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Selanjutnya, khasiat daun Afrika merupakan salah satu tanaman herbal yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Dan seperti yang diketahui, fungsi antibiotik adalah untuk melindungi kerusak sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Antioksidan juga bermanfaat untuk mengurangi risiko tubuh terkena serangan jantung, stroke, penuaan dini, diabetes, alzheimer, autoimun dan penyakit lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

3. Mengobati Asam Lambung

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Daun Afrika dapat menetralkan asam lambung. Daun tanaman herbal ini berfungsi menghambat bakteri yang disebabkan karena kerusakan dinding lambung.

Loading...

Dengan manfaat ini, sistem pencernaan akan semakin sehat dan tubuhpun akan semakin sehat karena kotoran dan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat diserap dengan baik.

4. Mengobati Diabetes

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Penyakit gula darah atau diabetes bisa menyerang siapa saja, terutama orang dewasa. Dan tahukah Anda jika ekstrak daun Vernonia amygdalina dipercaya sejak berabad-abad oleh masyarakat Afrike sebagai obat herbal diabetes.

Ekstrask daun Afrika mengandung zat aktif saponim, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang berfungsi menurunkan kadar gula darah agar tetap di angka normal. Ekstrak ethanol yang ada dalam daun Afrika juga dapat mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan. Ini juga telah dibuktikan dari beberapa penelitian yang sudah banyak dilakukan.

5. Obat Sakit Ginjal

Loading...
Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Manfaat selanjutnya dari daun Afrika adalah dipercaya berhasil mengobati sakit ginjal. Untuk Anda yang ingin organ ginjal selalu sehat dan bekerja secara maksimal. Silahkan coba rutin mengonsumsi jus tau teh daun Afrika setiap hari.

Daun Afrika memiliki kandungan zat vitamin, asam lemak, asam fenolat yang fungsinya sebagai antioksidan. Rutin mengonsumsi rebusan daun ini juga dapat mengatasi rasa sakit yang diakibatkan ginjal bermasalah seperti batu ginjal, ginjal bengkak, gagal ginjal dan lain sebagainya.

6. Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah mulai naik? Cobalah minum rebusan daun Afrika rutin tiga kali dalam sehari. Dan lihat bagaimana perubahan dari manfaat daun herbal ini.

Tanaman herbal ini mengandung kalium yang aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi (tekanan darah). Kalium akan menurunkan tekanan sistolik dan diastolik.

7. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Tidak selamanya kolesterol tinggi diderita oleh orang gemuk, pada kenyataannya dan menurut penelitian tidak sedikit orang kurus juga menderita kolesterol tinggi. Jika Anda termasuk salah satu diantaranya, cobalah mengonsumsi air rebusan daun Afrika.

Manfaat ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Vascular Healt and Risk Management. Dimana menurut penelitian tersebut, daun Vernonia amygdalina dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Meski demikian, kami sarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter ya.

8. Menjaga Tubuh dari Risiko Stroke

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Ada beberapa faktor risiko penyebab stroke, mulai tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, dan kadar kolesterol tinggi bisa jadi penyebabnya. Jika Anda menderita kolesterol tinggi, sebaiknya segera atasi agar tidak menjadi penyebab stroke.

Untuk mengobatinya, gunakan rebusan daun Afrika. Karena didalam rebusan daun ini terdapat senyawa yang mampu mencegah terjadinya stroke. Kandungan daun ini juga dapat bermanfaat memperbaiki sistem metabolisme dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, ekstrak rebusan daun ini juga dapat membantu membersihkan lemak yang telah menumpuk didalam pembuluh darah.

9. Bermanfaat dalam Pengobatan Kanker Payudara

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Manfaat ekstrak daun Afrika dapat membantu menurunkan kadar estrogen dalam darah yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Temuan ini juga dikaitkan bahwa daun tanaman obat ini bisa membantu memulihkan selama pengobatan kanker.

Dalam penelitian selanjutnya ekstrak daun tersebut terbukti membunuh sel kanker di daerah hidung dan tenggorokan.

10. Obat Penyakit Jantung

Manfaat Daun Afrika Vernonia Amygdalina

Mendengar namanya saja sudah mengerikan. Untuk mencegah serangan jantung dan membuat organ jantung tetap sehat cobalah mengonsumsi rebusan daun Afrika.

Daun herbal ini mengandung omega 3 dan omega 6 yang amat penting bagi tubuh. Asupan kedua asam lemak ini terbukti dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Selain itu, lemak omega 3 juga dapat mengendalikan rematik dan bahaya neurodegeneratif.

Teh Afrika

10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, si Pahit yang Banyak Digemari

Untuk bisa mendapatkan manfaat serta khasiat daun obat herbal ini, kini sudah tersedia produk dalam kemasan teh yang dapat langsung Anda konsumsi. Produk ini sudah mulai banyak digemari bahkan oleh masyarakat Indonesia. Tentunya tidak terlepas dari kandungan yang dimiliki oleh tanaman herbal satu ini.

Sama halnya seperti teh pada umumnya, Anda dapat memilih produk teh Afrika baik dalam kemasan celup atau racikan biasa. Untuk khasiatnya, tentu tidak ada bedanya karena yang membedakan hanyalah kemasannya saja.

Mendengar namanya mungkin Anda berfikir jika harga teh Afrika akan lebih mahal dari teh herbal pada umumnya. Sebaiknya buang dulu pemikiran tersebut. Sebab dari hasil pantauan beberapa toko online di Indonesia, banderol harga teh Afrika cukup murah dan terjangkau. Kini Anda bisa menikmati manfaat daun herbal Afrika melalui secangkir teh hangat setiap hari. Ikuti petunjuk penggunaan teh Afrika dan jangan melebihi batas aturan. Jika perlu konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan resep aman konsumsi teh herbal ini.

Demikian artikel seputar daun Afrika atau yang memiliki nama Vernonia amygdalina untuk kesehatan. Melihat begitu banyak manfaat dan khasiat dari daun tanaman herbal ini, seperti sayang sekali jika tidak dicoba untuk menyembuhkan penyakit Anda.

Simak juga artikel menarik lain seputar Tanaman Herbal untuk Kesehatan serta 5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Obat Asam Urat!

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More