Fix! Cara Mengatasi Laptop Error Selalu Masuk BIOS Semua Tipe

Cara Mengatasi Laptop Selalu Masuk BIOS – Baru-baru ini laptop ASUS saya, lebih tepatnya milik sahabat saya mengalami kasus error yang sebenarnya sudah lama sering terjadi di kalangan pengguna laptop, yaitu selalu masuk ke BIOS terutama saat akan install ulang windows.

Barangkali kalian mengalami kasus serupa dengan yang saya alami. Karena kasus ini ternyata dapat terjadi pada seri laptop Asus, HP, Dell, Toshiba, Samsung, Acer, Lenovo dan hampir semua merek notebook.

Penting sekali mengetahui cara mengatasi error ini sebelum kalian menyerah lalu memutuskan untuk membawa laptop kalian ke jasa service. Karena memang harga service laptop tidaklah murah terutama di Ibu Kota.

Penyebab Laptop Langsung Masuk BIOS

Sebelum mencari-cari cara bagaimana mengatasi laptop yang selalu masuk ke BIOS, ada baiknya kalian juga mengetahui beberapa penyebabnya dibawah ini.

1. Keyboard Rusak

Salah satu faktor penyebab utama laptop yang langsung masuk ke BIOS saat pertama kali dinyalakan adalah adanya tombol keyboard yang rusak, lebih tepatnya menekan secara otomatis.

Seperti diketahui, untuk bisa masuk ke BIOS kita dapat melakukannya dengan menekan beberapa tombol di keyboard, seperti tombol Esc, Delete, F2, F9, dan F10 tergantung dari merek laptop yang kalian gunakan.

Jika ada salah satu dari tombol tersebut yang tertekan, maka secara otomatis laptop akan langsung menuju BIOS sistem saat dinyalakan.

2. Masalah Setting BIOS

Selain keyboard yang rusak, kesalahan dalam mengatur setup BIOS juga bisa menjadi pemicu kasus ini. Mungkin saja diantara kalian ada yang mencoba menerapkan beberapa perubahan didalam sistem BIOS laptop tapi sayang hal tersebut bisa saja tidak kompetibel dengan laptop yang kalian gunakan.

Seperti diketahui juga, didalam menu BIOS terdapat beberapa pilihan booting. Ada kemungkinan, disinilah letak kesalahan tersebut sehingga laptop tidak berjalan normal dan langsung masuk ke sistem BIOS.

3. Hardware yang Bermasalah

Tidak menutup kemungkinan juga hardware yang ada didalam laptop kalian memang bermasalah jika tidak terdapat kesalahan pada nomor pertama dan kedua diatas.

Hardware adalah piranti keras yang menyusun kerja laptop atau notebook dan juga PC. Jadi, pastikan hardware laptop kalian memang dalam kondisi normal dan tidak ada masalah sedikitpun.

4. Baterai CMOS Minta Diganti

Jika kondisi nomor pertama, kedua dan ketiga tidak ada masalahnya, maka besar kemungkinan baterai CMOS laptop kalian sudah usang dan sudah waktunya untuk diganti yang baru.

Dari beberapa kasus yang saya alami, baterai CMOS ini menjadi pemicu laptop yang langsung masuk BIOS dan ternyata setelah diganti dapat berjalan normal kembali.

Mengatasi Laptop yang Langsung Masuk BIOS

Laptop langsung masuk BIOS tentu tidak dapat digunakan sama sekali, kecuali kalian sudah menemukan cara mengatasi error ini. Nah disini penulis ingin berbagi sedikit cara yang pernah dilakukan.

Tentunya, ada banyak sekali langkah yang dapat diterapkan. Tapi disini penulis hanya berbagi cara yang sudah pernah diterapkan dan ternyata fix berhasil, terutama merek Asus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cek Kondisi Keyboard

Cobalah perhatikan secara seksama keyboard laptop, karena bisa saja ada beberapa tombol shorcut BIOS yang tertekan. Tekan tombol Esc, Delete, F2, F9 da F10 lalu perhatikan apakan tombol tersebut tertekan.

Loading...
Fix! Cara Mengatasi Laptop Error Selalu Masuk BIOS untuk Semua Tipe

Jika perlu, bersihkan sela-sela tombol menggunakan alat pembersih atau jika tidak punya bisa menggunakan kuas yang bulunya lembut. Bisa saja tombol keyboard dalam kondisi kotor.

Loading...

Coba juga lepas keyboard dari laptop dengan cara melepaskan konektornya. Untuk melepas keyboard, ada yang cukup dicongkel serta ada juga yang harus dibongkar.

Kalau sudah terlepas, coba nyalakan laptop tanpa keyboard. Jika nyala dan tidak masuk ke BIOS, maka sudah bisa dipastikan keyboard laptop yang bermasalah.

2. Ganti Keyboard atau Gunakan Keyboard USB

Jika dengan cara pertama diatas berhasil, maka sudah dipastikan dong kalau penyebab laptop masuk BIOS otomatis adalah keybaordnya. Maka jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru.

Jika malas, atau tidak memiliki biaya untuk mengganti yang baru. Kalian bisa mengatasinya dengan tetap melepas konektor keyboard dan menggantinya dengan keyboard USB atau yang biasa dipakai untuk PC / komputer.

3. Ganti Baterai CMOS

Masih belum teratasi juga dengan dua langkah diatas? Bisa jadi baterai CMOS BIOS lepi kalian yang sudah saatnya untuk direset atau diganti yang baru.

Fix! Cara Mengatasi Laptop Error Selalu Masuk BIOS Semua Tipe

Pertama, coba matikan laptop lalu bongkar bodinya, kemudian lepaskan baterai CMOS. Selanjutnya nyalakan kembali laptop yang error tersebut.

Jika berhasil dan berjalan normal, itu artinya CMOS yang bermasalah. Tapi kalau masih tetap masuk ke BIOS, cobalah ganti baterai CMOS dengan yang baru. Kemudian pasang dan lihat bagaimana hasilnya.

4. Setting BIOS ke Default

Jika masih tetap sama, ketika laptop sudah masuk ke BIOS cobalah ubah pengaturan BIOS ke default atau standar. Ini untuk mengetahui apakah pengaturan yang sudah kalian terapkan ada yang bermasalah.

Caranya cukup mudah, pada menu BIOS beralihnya ke bagian Exit –> Load Setup Defaults, kemudian klik Simpan (Save and Exit). Jika berhasil, laptop akan langsung menuju booting Windows dan berjalan normal kembali.

5. Update BIOS

Cobalah cek, build BIOS laptop yang kalian gunakan. Sebab, ada beberapa laptop yang memang BIOSnya sudah usang dan minta di update ke versi terbaru.

Fix! Cara Mengatasi Laptop Error Selalu Masuk BIOS Semua Tipe

Kalian bisa langsung menuju situs resmi merek laptop yang kalian gunakan masing-masing. Setelah update bios di download, ekstrak file tersebut kemudian simpan di flashdisk.

Untuk memperbarui software BIOS laptop, untuk seri Asus, caranya saat sudah masuk menu BIOS, beralih ke bagian Advanced –> Start Easy Flash –>FS0 –> tekan tombol kursor kanan (->) –> pilih seri software BIOS sesuai seri laptop kalian –> Enter –> ketika muncul perintah Do You Want to Update BIOS, klik Yes. Tunggu proses install update sampai selesai.

Pastikan baterai laptop dalam kondisi full atau sebaiknya tetap dalam kondisi di charger untuk antisipasi error atau gagal update.

6. Install Ulang

Cara ini berlaku untuk kalian yang baru saja melakukan install ulang Windows. Jadi, penyebab laptop langsung masuk BIOS setelah diinstal ulang adalah versi OS (Sistem Operasi) yang tidak kompetibel.

Sebelumnya, pastikan kalian install OS yang sudah sesuai dengan tipe serta versi yang kalian gunakan, contoh 32 bit atau 64 bit. Jika tipe laptop adalah 32 bit maka sebaiknya diinstal 32 bita juga, begitu juga jika versi 64 bit maka sebaiknya menggunakan OS yang 64 bit juga.

Penutup

Itulah beberapa langkah mudah mengatasi laptop masuk BIOS sendiri secara otomatis yang pernah penulis terapkan. Dari hasil pengalaman pribadi dan yang sudah banyak berhasil adalah mengganti keyboard.

Sebab, kebanyakan tombol keyboard ada yang rusak dan menekan terus menerus, terutama tombol shorcut BIOS (Escape, Delete, F2, F8, F9 dan F10).

Mungkin ini saja artikel yang dapat penulis bagikan. Semoga informasi ini dapat membantu kalian mengatasi permasalahan laptop kalian saat ini. Jangan sungkan untuk berdiskusi dengan saya melalui komentar dibawah.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More