Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja Online di Situs Prakerja.go.id Terbaru

Pemerintah akhirnya secara resmi meluncurkan Kartu Prakerja yang sudah sejak lama diinisiasi. Nah, untuk kalian yang baru saja luluh pendidikan formal dan bingung mencari pekerjaan, tidak ada salahnya dong jika kalian ikut mendaftar di situs Prakerja.go.id untuk mendapatkan pendidikan serta pelatihan khusus sebelum kalian benar-benar memutuskan untuk mencari pekerjaan.

Apa Sih Kartu Prakerja Itu?

seperti dilansir dari situs resmi prakerja.go.id, Kartu Prakerja adalah sebuah program bantuan biaya dan pelatihan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Program ini didesain dalam bentuk kartu digital yang nantinya akan diberikan kepada mereka yang sudah mendaftarkan diri sekaligus mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan.

Untuk Siapa Saja Kartu Prakerja Ini?

Kartu ini tidak hanya untuk mereka yang baru lulus sekolah atau sedang mencari pekerjaan saja, tapi kartu Prakerja ini juga dapat dimiliki untuk buruh, karyawan, dan pegawai.

Atau lebih tepatnya untuk seluruh masyarakat yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Namun dalam catatan, tidak sedang mengikuti pendidikan formal yaitu sekolah atau kuliah.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara mudah Kartu Pra Kerja online melalui situs prakerja.go.id dapat kalian baca melalui artikel dibawah ini.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id TerbaruSehingga, kalian dapat mengikuti pelatihan khusus yang merupakan kerjasama antar pemerintah dengan lembaga swasta untuk mengembangkan skil, atau keterampilan kalian. Semoga, dengan mengikuti program ini, potensi untuk mendapatkan pekerajaan yang kalian impikan jauh lebih mudah nantinya.

#1. Syarat Daftar Kartu Prakerja

Sebelum memutuskan untuk mengikuti atau daftar Kartu Prakerja, ada 3 syarat utama yang harus kalian penuhi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak mengikuti atau menempuh pendidikan formal

Setelah terpenuhi, kalian bisa langsung menuju link registrasinya DISINI.

#2. Daftar Secara Online

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah daftar secara online melalui link registrasi diatas.

Masukkan alamat email yang aktif dan sedang kalian gunakan, serta masukkan juga password atau kata sandi untuk login.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id TerbaruBuatlah kata sandi yang mudah diingat. Sebaiknya tidak menggunakan nomor tanggal lahir Anda. Pastikan kata sandi menggunakan gabungan angka, nomor dan karakter supaya lebih aman.

#3. Verifikasi Pendaftaran

Selanjutnya adalah memferivikasi pendaftaran kalian melalui link yang sudah dikirimkan ke alamat email yang kalian daftarkan.

Silahkan cek email yang masuk. Dari berdasarkan pengalaman penulis, tidak butuh waktu lama email verifikasi sudah dikirimkan. Jika tidak ada di kotak masuk, coba periksa di kotak Spam.

Loading...

Kalau sudah masuk, silahkan buka email tersebut dan langsung saja klik tombol Verifikasi Email Sekarang yang berwarna biru.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id Terbaru#4. Login

Setelah kalian mengklik tombol verifikasi, maka kalian akan mendapatkan sambutan berupa informasi ucapan selamat bahwa email kalian sudah terverfirikasi oleh sistem Kartu Prakerja.

Loading...

Langkah selanjutnya adalah klik tombol Lihat Dashboard seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id TerbaruKemudian, kalian akan secara otomatis diarahkan ke halaman Login. Silahkan kalian masukkan alamat email serta kata sandi yang sebelumnya kalian daftarkan.

Jangan lupa klik Login.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id Terbaru#5. Melengkapi Data Diri

Proses selanjutnya adalah melengkapi data diri seperti nomor NIK KTP, tanggal lahir.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id TerbaruLengkapi profil dan biodata yang diperlukan untuk proses pendaftaran Prakerja. Upload juga foto ktp dan foto selfie dengan KTP.

Maksimum ukuran foto yang bisa diunggah adalah berukuran 2MB. Sebaiknya, compress dulu foto kalian menggunakan Compressjpeg supaya tidak gagal ketika proses upload file fotonya.

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id TerbaruCeklis Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya. Dan terakhir klik Lanjutkan.

#6. Nomor HP dan Tes Motivasi Kemampuan Dasar

Syarat pendaftaran Prakerja terakhir adalah menyerahkan nomor Hp aktif yang kalian gunakan.

Setelah itu, akan ada tes motivasi dan kemampuan dasar selama kurang lebih 15 menit yang wajib kalian ikuti. Siapkan alat tulis berupa pena dan juga kertas jika perlu.

Jika kalian dinyatakan lulus maka kalian akan akan mendapatkan email pemberitahuan.

Jika ada, silahkan login kembali dan bergabung bersama gelombang pendaftaran.

Penutup

Jika kalian sudah terdaftar, kalian akan mendapatkan hak untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan serta mendapatkan sertifikat setelah dinyatakan lulus.

Pendidikan yang didapatkan bisa ditempuh melalui online dan juga offline. Selain itu, kalian juga berhak mendapatkan intensif.

Bagaimana menurut kalian? Tertarik ingin mengembangkan keterampilan kalian? Yuk ikutan daftar Kartu Prakerja.

Jika terdapat masalah ketika upload file foto KTP dan Selfie KTP, atau masalah teknis lainnya, silahkan hubungi nomor : 021-25541246 (Jam operasional Senin-Jumat Pukul 08.00-19.00 WIB)

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

2 Tanggapan dari pembaca
  1. Nurul Kusmuatif berkata

    Yth Team Admin
    Mohon bantuanya terkait pendaftaran pra kerja, saya dari tadi malam mau upload ktp tidak bisa, dan file size sudah di bawah 2 mb. mohon pencerahanya

    1. Widiyanti berkata

      Besar kemungkinan server sedang penuh mengingat tingginya antusias masyarakat Indonesia yang ikut mendaftarkan diri situs prakerja. Coba ulangi saat lagi, jika masih mengalami kendala yang sama silahkan hubungi nomor yang sudah kami sertakan diatas.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More