Cara Mudah Setup Dual Monitor Pada Windows 7, 8 dan 10 Terbaru

Setiap dekstop ataupun laptop PC modern sudah dibekali kemampuan grafis untuk menjalan tampilan ganda atau dual monitor. Yang dibutuhkan hanyalah monitor kedua.

Bahkan, jika kamu tidak punya monitor lain dan cuma ada TV dirumah, kalian juga bisa menggunakan TV sebagai monitor keduanya.

Lantas, pernahkah kalian mencoba setup dual monitor di PC atau laptop untuk kerja, editing video dan gaming?

Jika belum dan baru sekarang berencana menggunakannya, pada artikel kali ini penulis ingin berbagi cara setup dual monitor pada laptop / pc berbasis Windows 7, 8, dan 10 terbaru yang bisa kalian praktikkan.

Cara Setup Dual Monitor pada Windows 7, 8, dan 10

Cara Mudah Setup Dual Monitor Pada Windows 7, 8 dan 10 Terbaru

Pastikan monitor kedua yang akan kalian gunakan memiliki beberapa kombinasi port seperti VGA, DVI, HDMI, dan DisplayPort monitor tambahan atau bisa juga converter.

Sehingga, kalian nantinya punya beberapa opsi untuk bagaimana menghubungkan monitor kedua ke PC atau laptop. Walau tidak harus disiapkan semua, tapi setidaknya itulah alat yang harus kalian siapkan.

Cara Setup Dual Monitor pada Windows 7, 8 dan 10

Setelah alat-alat yang dibutuhkan tersedia, cara setting dual monitor pada laptop/ PC Windows 7, 8, dan 10 sangatlah mudah. Kalian cukup ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

Langkah 1: Sambungkan monitor kedua ke laptop atau PC

Langkah 2: Silahkan pilih opsi mana yang ingin dipakai, via VGA Card, HDMI, DVI, atau converter.

Langkah 3: Klik kanan pada dekstop layar monitor pertama atau kedua, pilih Screen resolution (Windows 7 dan Windows 8) atau Display Settings (Windows 10)

Berikut tampilan pengaturan pada Windows 7 dan 8:

Cara Mudah Setup Dual Monitor Pada Windows 7, 8 dan 10 Terbaru

Pada kotak dialog, kalian dapat mengatur tampilan monitor 1 dan monitor 2. Menu pull down “Multiple Displays” memungkinkan kalian mengontrol bagaimana kedua layar dapat bekerja secara terpisah atau sama.

Berikut tampilan pengaturan dual monitor pada Windows 10.

Cara Mudah Setup Dual Monitor Pada Windows 7, 8 dan 10 Terbaru
Loading...

Langkah 4: Selanjutnya, tentukan urutan nomor monitor. Kalian bisa menyeret nomor monitor untuk dijadikan tampilan utama dan sekundernya sesuai kebutuhan.

Cara Mudah Setup Dual Monitor Pada Windows 7, 8 dan 10 Terbaru

Note: Setelah monitor kedua dihubungkan, kalian juga bisa langsung menekan tombol kombinasi Windows+P, kemudian pilih Extend.

Selesai. Kini kalian dapat bekerja dengan dua monitor sekaligus dalam satu sistem komputer. Tampilannya bisa disesuaikan, contoh Monitor 1 untuk membuka browser dan Monitor 2 untuk membuka Microsoft Word atau bermain game.

Penjelasan Pengaturan Display Monitor Windows 7, 8 dan 10

Loading...
DisplayTipe, nama monitor yang terdeteksi pada laptop atau komputer
PC Screen OnlyLayar yang ditampilkan hanya pada monitor utama. Ini adalah pengaturan default
DuplicateSettingan ini menyalin layar utama atau Monitor 1. Tampilan kedua layar ini akan sama persis atau layar kedua akan menampilkan apa yang ditampilkan pada layar pertama.
ExtendPengaturan ini membuat tampilan menjadi terhubung. Monitor 1 akan tampil dibagian kiri, dan sebaliknya.
Second Screen OnlyUntuk mengatur monitor supaya tampil dilayar kedua. Settingan ini biasanya digunakan untuk laptop ketika dihubungkan dengan monitor atau layar tertentu.
ResolutionResolusi yang dapat ditampilkan oleh masing-masing layar monitor
OrientationOrientasi pada masing-masing monitor

Cara Mengatasi Setup Dual Monitor Tidak Terdeteksi

Beberapa kasus, setelah monitor ke dua disambungkan tidak terdeteksi oleh sistem laptop atau PC. Umumnya, setelah monitor tersambung bisa langsung dipakai.

Jika kalian mengalami kasus setup dual monitor tidak terdeteksi seperti ini, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan:

1. Mengganti Kabel

Disinilah mengapa pentingnya kalian menyediakan beberapa kabel monitor yang telah disebutkan diatas. Sehingga, kalian punya banyak opsi ketika ada salah satu tidak berfungsi. Sebagai contoh, laptop tidak mendukung VGA tapi hanya tersedia HDMI, maka kalian bisa menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan monitor kedua.

Pastikan juga, monitor yang kalian gunakan sudah mendukung beberapa alat yang telah disebut diatas.

2. Restart Laptop/ PC

Jika masih tetap tidak terhubung, meski sudah ganti beberapa kabel display, coba restart laptop atau pc kalian. Jika perlu, lakukan reinstall VGA card PC kalian agar lebih fresh.

3. Cek Monitor

Kalau masih saja tidak berhasil setup dual monitornya, kalian coba deh cek monitor yang kalian gunakan. Siapa tahu monitor kalian yang bermasalah sehingga tidak terdeteksi.

Cek monitor komputer lain atau cek monitor komputer lain di komputer kita.

Penutup..

Demikian uraian cara setting dual monitor pada laptop atau PC berbasis Windows 7, 8, dan 10 yang cukup mudah dipraktikkan dari penulis.

Jika masih ada yang ditanyakan karena kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah. Jika sempat, tim editor dan penulis kami siap membantu secepat mungkin.

Semoga bermanfaat ya.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More