Belajarlah Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Meskipun Berat dan Sulit!

Jadilah pemaaf, meskipun sulit dan sakit karena terus menerus disakiti orang lain. Memaafkan orang lain itu baik dan jauh lebih baik jika sebelum diminta maaf kita sudah memaafkannya.

Jangan terlalu jengkel terhadap siapapun yang telah berlaku tidak baik kepada kita, belajarlah memaafkan kesalahannya, karena manusia memang tempatnya salah dan khilaf.

Belajarlah untuk lebih legowo, ikhlas, dan bersabar, karena apapun yang dilakukan orang lain kepada kita tentu akan mendapatkan balasan masing-masing dari Allah.

Kamu yang bersabar akan Allah berikan pahala, kebaikan, dan balasan terbaik. Sedangkan dia yang memang sengaja berlaku tidak baik, akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah.

Tidak Usah Terlalu Jengkel Karena Orang Lain Berlaku Buruk Kepadamu, Kondisikan Hati Untuk Tetap Sabar

Maka dari itu, tidak usah terlalu jengkel karena orang lain berlaku buruk kepadamu, tidak usah terlalu membencinya, kondisikan saja jatimu untuk tetap bersabar.

Jangan melawannya dengan keburukan yang sama, misalnya kamu berlaku seperti yang dia lakukan, karena sungguh Allah tidak suka kamu demikian.

Kendalikan Amarahmu, Sungguh Amarah Itu Adalah Tipu Daya Setan Agar Kamu Bisa Juga Berlaku Buruk

Kendalikan amarahmu, sungguh amarah itu adalah tipu daya setan agar kamu bisa juga berlaku buruk dan membalas lebih keji.

Karenanya, jangan ikuti rasa tidak nyamanmu, jangan ikuti rasa tidak terima saat orang lain berlaku buruk, karena bagaimanpun dia akan Allah balas sesuai dengan perbuatannya.

Banyakin Baca Istighfar, Disaat Keadaan Begitu Sangat Menjengkelkan dan Seakan Tidak Terima

Jika dirasa kamu memang sangat tidak kuat dan ingin sekali marah, banyakin baca istighfar, banyakin nyebut nama agung Allah, karena disitulah hatimu akan mereda.

Kamu akan merasa lebih tenang saat hatimu tiada henti mengingat-Nya, saat hatimu terus bergeming mengingat kuasa-Nya, sebab Allah pun pasti akan menyentuhmu dengan kasih sayang-Nya.

Ingatlah Bahwa Kamu pun Juga Makhluq Sempurna, yang Terjamin Tidak Akan Melakukan Salah

Dan ingatlah bahwa kamu pun bukan makhluq yang sempurna, yang tentunya pernah melakukan kesalahan dan berbuat khilaf, karena seperti apapun dirimu tidak akan pernah terjamin untuk luput dari dosa.

Oleh sebab itu, pandai-pandailah kamu mengendalikan emosi, pandai-pandailah kamu mengendalikan amarahmu, sungguh tidak ada gunanya kamu marah-marah kepadanya.

Jadilah Pemaaf, Meski Hal Itu Sulit Tapi Setidaknya Kamu Mampu Menekan Hatimu Untuk Belajar

Jadilah pemaaf saja, meski hal itu sulit tapi setidaknya kamu mampu menekan hatimu untuk terus belajar mengalah dan ikhlas.

Menjadi pemaaf pun tidak akan merugikanmu, justru ia akan semakin meninggikan derajatmu di hadapan sang pemilik semesta ini, yaitu Allah azza wajalla.[]

Sumber: HUMAIROH

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!