Disebut BPN Gunakan Dana Kampanye Fiktif, Begini Penjelasan TKN Jokowi

JAKARTA-Tim Hukum Jokowi-Ma’ruf Amin menepis tudingan dana kampanye fiktif yang disebut tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tim Prabowo disebut tidak memiliki bukti atas tudingannya.

“Pemohon bahwa seolah-olah terdapat penggunaan dana kampanye yang absurd dan melanggar hukum adalah tidak benar, dalam gugatan tak ada bukti apapun tentang penggunaan tersebut dan karenanya terbantahkan,” kata tim hukum Jokowi, Luhut Pangaribuan, memberikan jawaban atas gugatan hasil Pilpres dalam sidang di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (17/6/2019).

Dijelaskan tim hukum Jokowi, sesuai Pasal 325 ayat (2) jo Pasal 335 UU Pemilu, penerimaan maupun pengeluaran dana kampanye calon presiden dan cawapres nomor urut 01 telah dilaporkan serta diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) independen yang ditunjuk oleh KPU yakni KAP Anton Silalahi.

KAP Anton Silalahi telah melakukan audit secara lengkap dan mengeluarkan laporan asurans independen nomor 315/ER/001-219/KPU-S/A9 tertanggal 31 Mei 2019.

“Rekening bank penerima sumbangan dana kampanye atas nama TKN Jokowi Maruf Amin dan pihak-pihak yang memberikan sumbangan dana kampanye kepada Pasangan Calon Nomor Urut 01 baik perorangan, partai politik, kelompok ataupun badan usaha non-pemerintah diperiksa dan telah diverifikasi serta dikonfirmasi secara langsung oleh KAP Anton Silalahi tersebut, sehingga tidak ada sumbangan fiktif seperti yang didalilkan Pemohon,” papar tim hukum Jokowi.

Selain itu ditegaskan tim hukum Jokowi, dalil Pemohon tentang sumbangan pribadi Joko Widodo adalah tidak benar. Sumbangan tertulis dalam Laporan Penggunaan Dana Kampanye yang dilaporkan melalui sistem sebesar Rp.19.558.272.030 adalah dana yang dikeluarkan dari rekening TKN Jokowi Ma’ruf Amin yang dikelola Tim Kampanye Nasional dengan nomor akun 0230-01-003819-30-2 di BRI kepada Tim Kampanye Daerah.

“Namun karena teknis penginputan data sehingga tertulis nama pengirim Joko Widodo, padahal nama pemilik rekening adalah TKN Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata tim Jokowi.

Selain itu, tuduhan Pemohon tentang sumber dana kampanye fiktif ditegaskan tim Jokowi tidak benar. Sumber dana kampanye telah melalui proses audit oleh KAP Anton Silalahi.

“Tidak ada masalah dengan sumbangan dari perkumpulan Golfer TRG dan perkumpulan Golfer TBIG dan dari beberapa penyumbang yang berlokasi di Semarang karena hal ini telah masuk dalam laporan dana kampanye dan jelas lengkap keterangan identitas individu-individu yang memberikan sumbangannya sebagaimana telah dikonfirmasi oleh KAP Anton Silalahi yang telah ditunjuk KPU,” ujar tim Jokowi.

“Berdasarkan pada uraian di atas, dalil Pemohon tidak berdasarkan hukum dan karenanya patut untuk dikesampingkan,” sambung tim hukum Jokowi.[]

Sumber: DETIK

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More