16 Tips Menjaga Semangat Kerja dengan Motivasi Tinggi

Semangat motivasi kerja memang perlu dipupuk dan ditingkatkan. Terlebih bagi kalian yang sudah kuliah, mandiri, berumah tangga dan memiliki anak.

Kalian juga pasti tahu kan, salah satu tujuan bekerja adalah menggapai masa depan yang selama ini telah diimpikan.

Dan tentunya, goals yang telah ditetapkan selama ini diharapkan dapat tercapai dengan menjalankan pekerjaan atau usaha dengan semangat menggelora.

Tapi, menjaga semangat kerja dalam diri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sering kali rasa malas dan ragu-ragu membuat motivasi menjadi kendur. Nah berikut tips dan langkah menjaga semangat motivasi kerja dari yang paling mudah dilakukan.

Cara Menjaga Semangat Kerja dengan Motivasi Tinggi

Cara Menjaga Semangat Kerja dengan Motivasi Tinggi
Cara Menjaga Semangat Kerja dengan Motivasi Tinggi. Sumber gambar: mesammesem.com

Bangun Pagi

Jangan malas untuk menjemput rejeki. Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses adalah bangun pagi.

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan pepatah lama “jangan suka bangun siang, nanti rejekinya dipatok ayam”.

Buat kalian yang sering merasa malas kerja, cobalah rubah kebiasaan bangun siang kalian. Jika terasa sulit, cobalah untuk tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi.

Dengan bangun pagi, kalian dapat lebih mudah mengatur dan mempersiapkan apa saja yang akan kalian lakukan pada hari ini.

Datang Lebih Awal dari Biasanya

Datang Lebih Awal dari Biasanya
Datang Lebih Awal dari Biasanya. Sumber gambar: freepik.com

Jika kalian sering merasa malas sudah mulai merusak semangatmu, cobalah untuk berusaha bangun pagi dan berangkat kerja lebih awal dari biasanya.

Meski terasa berat sekali, cobalah untuk tetap memaksanya. Dengan begini, kamu memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah menumpuk di meja kerja sehingga kamu tidak akan keteteran.

Membuat Catatan untuk Hari Kerja Pertama

Membuat Catatan untuk Hari Kerja Pertama
Membuat Catatan untuk Hari Kerja Pertama. Sumber gambar: snacknation.com

Jika hari ini adalah hari kerja pertamamu, baik setelah liburan, sebaiknya kamu memiliki kegiatan yang tertata. Sehingga kamu akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Buatlah jadwal atau catatan pekerjaan yang harus kamu selesaikan mulai dari hal paling mudah pada hari pertama hingga beberapa minggu kedepan.

Dengan demikian, kamu secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak langsung semangat kerjamu akan semakin meningkat.

Membuat Target Kerja

Membuat Target Kerja
Membuat Target Kerja. Sumber gambar: pixabay.com

Mencontoh orang-orang sukses diluaran sana, mereka ternyata memiliki target dalam bekerja. So, kamu pun harus meniru cara bijak ini dan mulai menerapkannya.

Meskipun target setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki target untuk menikah, menempuh pendidikan, membeli rumah, membeli kendaraan mewah, melunasi hutang dan lain sebagainya.

Sekarang, cobalah tanya dirimu sendiri, kira-kira apa targetmu saat ini?

Buatlah target dalam bekerja. Dengan mengingat target dirimu sendiri, maka motivasi itu akan muncul dengan sendirinya. Target dan semangat itu pun akan silih berganti menyambutmu dan memberimu dorongan setiap rasa malas mulai muncul.

Mengatur Waktu dengan Bijak

Mengatur Waktu dengan Bijak
Mengatur Waktu dengan Bijak. Sumber gambar: imi.ie

Kesuksesan seseorang tidak terlepas dari waktu yang dimiliki. Penting juga buat kamu untuk belajar memanage waktu. Terlebih buat kalian yang ingin memiliki semangat dan motivasi kerja yang tinggi.

Kalian pasti tahu, sering menunda-nunda pekerjaan akan membuatmu kesulitan hingga akhirnya harus lembur. Berhentilah melakukan kebiasaan ini. Sebab, kalian akan kehilangan waktu bersama orang tercinta, liburan dan waktu lain yang sebenarnya bisa kalian untuk merefresh otak.

Gunakanlan waktu sebaik mungkin dan lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan.

Dengan demikian, waktu yang seharusnya kalian manfaatkan untuk keluarga, anak, pendidikan, orang-orang tercinta tidak hilang karena pekerjaan kalian yang menumpuk.

Fokus dalam Bekerja

Fokus dalam Bekerja
Fokus dalam Bekerja. Sumber gambar: dantri.com

Bagian yang terpenting dalam menjaga motivasi kerja adalah fokus. Cobalah untuk terus fokus dalam masalah pekerjaanmu. Sehingga kalian dapat dengan mudah menemukan solusi terbaik untuk memecahkan pekerjaanmu.

Jika ternyata kalian baru saja liburan, lupakanlah euforia liburan karena masa tersebut sudah selesai dan kalian harus tetap semangat mengembalikan mood supaya dapat bekerja dengan baik.

Kalian juga harus fokus ketika sedang bekerja. Meski tak menemukan solusi, namun cobalah untuk tetap fokus menatap masa depan. Bayangkan saja seolah-olah tujuan kalian sudah didepan mata dan bisa kalian dapatkan. Maka pekerjaanmu akan terasa mudah dan ringan saat dikerjakan.

Membiasakan Diri Berfikir Positif

Membiasakan Diri Berfikir Positif
Membiasakan Diri Berfikir Positif. Sumber gambar: google.com

Ingat, kebahagiaanmu terletak pada dirimu sendiri. Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif merusak kebahagiaan yang sejatinya terletak didalam hatimu sendiri.

Jika kalian terasa malas baik dalam bekerja atau belajar, cobalah untuk membangkitkannya dengan membiasakan berfikir positif setiap hari.

Salah satu manfaatnya adalah untuk membangkitkan rasa percaya diri bahwa kalian mampu dan bisa melewati semua masalah, pekerjaan dan menggapai doa yang telah kalian panjatkan setiap hari kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengenal Diri Sendiri

Loading...
Mengenal Diri Sendiri
Mengenal Diri Sendiri. Sumber gambar: grantcardonetv.com

Sebelum lebih jauh mengejar harapanmu yang terkadang membuatmu sulit untuk bernafas santai. Cobalah untuk mengenal diri sendiri terlebih dahullu.

Cobalah tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan dasar berikut ini:

  • Apak sih bakat dan keterampilan yang kalian miliki saat ini?
  • Hasil seperti apa yang kalian harapkan selama ini?
  • Apa perbedaan kalian dengan yang lain yang membuat kalian terasa istimewa?
  • Apa pekerjaan yang paling kalian suka dan yang paling kalian benci, sebutkan juga alasannya?
  • Apa yang tidak bisa dinegosiasikan dan apa standar integritas Anda?
  • Apa yang telah Anda lakukan dalam hidup Anda yang membuat hati Anda bahagia?

Jika kalian menginginkan karier dan semangat menjalaninya, cobalah kenali diri kalian terlebih dahulu. Temukan yang kalian sukai, yang kalian benci, yang membuat kalian marah, bakat dan keterampilan yang kalian miliki, serta hasil yang ingin kalian dapatkan setelah melakukan pekerjaan kalian.

Mulailah menggali dan mengenali diri Anda lebih dalam. Ini akan membantu Anda menemukan karier yang tepat yang juga mengandung hal-hal yang Anda sukai tanpa harus melawan nilai Anda.

Hindari Bergaul dengan Orang Malas

Hindari Bergaul dengan Orang Malas
Hindari Bergaul dengan Orang Malas

Faktor pendukung kesuksesan seseorang tidak sebatas latar belakang pendidikan saja, pergaulan juga bisa menjadi faktor penentu kebahagiaan dan kesuksesan.

Itu sebabnya, bijaklah dalam bergaul dan memilih teman. Hindari orang-orang yang malas karena mereka justru bisa menjadi benalu dana hidupmu.

Pertahankan semangat kerjamu dan janganlah terbawa dengan teman-teman malas. Tetaplah merencanakan kebahagiaan masa depanmu sendiri sambil menekuni pekerjaanmu.

Bekerja Sambil Menabung

Bekerja Sambil Menabung
Bekerja Sambing Menabung: akurat.co

Biasakanlah untuk menabung. Jangan habiskan uang gajihan selama satu bulan saja. Cobalah untuk menabung sedikit demi sedikit.

Anggap saja, tabunganmu untuk liburan nanti ke suatu tempat yang paling kalian suka bersama orang tercinta.

Kebiasaan baik ini juga dapat menumbuhkan motivasi yang kuat untuk tetap bekerja dengan baik. Teruslah bekerja keras, meski tak seharusnya digunakan untuk berlibur, dengan tabungan kalian bisa dimanfaatkan untuk mengelola masa depan yang lebiha bahagia dan berkecukupan.

Carilah Inspirasi Kecil

Motivasi Semangat Kerja
Tips Menjaga Motivasi Semangat Kerja: inapex.co.id

Rasa malah memang datang tidak terduga dan tidak pernah tahu kapan akan tiba. Rasa malas ini dapat merusak pekerjaan dan citramu di hadapan rekan sekantor dan atasan.

Jika sering terasa malas untuk bekerja, cobalah mencapi inspirasi dari hal hal sederhana dipagi hari sambil ditemani secangkir kopi. Hal ini juga dapat berguna untuk membuatmu lebih bersemangat atau merayakan sebuah momen kecil atau sebuah kemenangan kecil juga akan membantu lebih termotivasi untuk bekerja.

Meluangkan Waktu untuk Keluarga

Motivasi Semangat Bekerja
Tips Menjaga Motivasi Semangat Bekerja: rekordeast.co.za

Hal hal kecil didunia ini banyak sekali yang dapat membantu menanamkan mindset positif, salah satunya adalah quality time untuk keluarga, sahabat, dan orang yang kalian sayangi.

Luangkanlah waktumu diluar pekerjaanmu sehingga terjadi keseimbangan dalam berakfititas baik di kantor maupun diluar kantor yang dapat menghadirkan motivasi tersendiri.

Selain berkumpul bersama keluarga, kalian juga dapat menggunakan waktu diluar kantor untuk melakukan aktifitas positif seperti olahraga, atau hobi lain yang kalian sukai. Cara ini juga dapat mengalihkan stres kerja yang membuat kalian kehilangan motovasi dan inspirasi dalam diri kalian selama ini.

Pikirkan untuk Siapa Anda Bekerja?

Target Kerja
Target Kerja. Sumber gambar: liputan6.com

Badan sih boleh lelah, tapi fikiran dan hati jangan sampai menyerah. Jika sudah terasa malas, cobalah disaat tersebut kalian melihat atau memikirkan untuk siapa sebenarnya kalian bekerja selama ini?

Cara ini diklaim paling ampuh mendongkrak semangat kerja yang mulai pupus termakan oleh rasa malas dan pergaulan yang salah selama ini.

Sebagai contoh, ingat anak, pasangan, dan orang tua yang masih membutuhkan nafkah dari kalian. Jika tidak memiliki siapapun untuk menjadi penyemangat, pikirkanlah dirimu sendiri.

Ya, setidaknya kalian pasti tetap membutuhkan uang untuk melanjutkan hidup kan? So, tak perlu banyak alasan untuk menyerah terhadap pekerjaanmu saat ini. Kerjakanlah dengan semangat dan sepenuh hati agar lebih ikhlas dalam menjalani profesi kalian.

Ingatlah Tagihan yang Harus Kalian Bayar

Motivasi Diri Semangat Bekerja
Tips Menjaga Motivasi Diri Semangat Bekerja. Sumber gambar: kompas.com

Sudah menerapkan beberapa cara tapi semangatmu tetap tak kunjung datang? Cobalah ingat-ingat kembali seberapa banyak tagihan yang harus bayar untuk saat ini?

Sebab, jika tidak bekerja siapa yang akan membayar semua tagihan pribadimu. Jadi, Anda memang harus bekerja keras untuk membayar tagihan listrik, air, asuransi, kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Uang tidak akan jatuh dari langit meskipun kalian berdoa sepanjang malam. Semua harus ditebus dengan kerja keras dan kesungguhan. Ketika rasa malas itu datang, bangkitkan semangat kerja dengan mengingat semua kebutuhan dan tagihan yang harus kalian bayar.

Bergaullah dengan Pekerja Keras

Semangat Kerja
Tips Semangat Kerja. Sumber gambar: ramesia.com

Ingatlah, pergaulanmu menentukan masa depan dan cara berfikirmu. Dan salah satu yang paling efektif membangkitkan semangat kerja adalah bergaul dengan mereka yang memiliki semangat dan merupakan pekerja keras. Contohlah semangat dan motivasi mereka dalam bekerja.

Orang-orang pekerja keras biasanya selalu on fire, sehingga ketika bergaul dengan mereka Anda pun jadi turut bersemangat dan tidak mudah putus asa.

Teman yang memiliki semangat akan selalu mengajakmu untuk memanfaatkan waktu dan menghargai pekerjaanmu dengan baik. Mereka akan selalu mengingatkanmu untuk terus berjuang meraih kebahagian yang kalian impikan.

Penutup

Menjaga semangat kerja ternyata ada banyak sekali caranya. Dan beberapa tips telah kami tuliskan untuk kalian diatas. Namun, tidak ada yang paling efektif untuk membangkitkan motivasi semangat kerja selain kemauan dalam diri sendiri.

Itu sebabnya, selain menerapkan langkah-langkah diatas, cobalah untuk menanamkan dalam diri kalian sendiri terlebih dahulu untuk bekerja. Jangan biarkan kalian menjadi pemalas yang hanya mengandalkan keadaan untuk kebahagiaanmu saat ini.

Teruslah dorong semangat diri untuk bekerja keras demi kebahagiaan dan kesuksesan yang telah kami tetapkan selama ini.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More