Inilah 4 Dzikir yang Paling Disukai Allah SWT

0
Keutamaan dzikir

Keistimewaan Dzikir – Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita semua mengetahui keutamaan dari berdzikir. Ibadah ini sangatlah ringan, namun tidak sedikit sekali terasa malas sehingga rasanya sangat berat. Padahal, asalkan dalam keadaan suci kita bisa berdzikir.

Dzikir adalah cara Allah mengajarkan kita supaya tidak melupakan-Nya. Manfaat dzikir juga dapat membuat hati kita menjadi lebih lembut, tidak riya’ (sombong), serta masih banyak lagi mengobati jenis penyakit hati.

Kita semua diperintahkan untuk berdzikir supaya kita tidak lupa akan kebaikan Allah SWT selama ini. Serta sudah berapa banyak dosa dan khilaf yang telah kita perbuat selama hidup.

Baca juga: Hadits Nabi, Keistimewaan Berdzikir Sama Seperti Memerdekaan Budak

Dengan berdzikir, kita juga akan mendapatkan limpahan kebaikan dan selalu ingat kepada Allah. Dalam Al-Qur’an, Allah telah berfirman didalam surat Al-Baqarah yang artinya :

“Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu” (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Loading...

Namun, tahukah sahabat muslim dan muslimah bahwa ada beberapa kalimat yang bila dibaca akan menambahkan kecintaan Allah kepada hamba-Nya?

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Rosulullah Muhammad SAW yang artinya:

“Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘Ucapan yang paling dicintai oleh Allah ada empat hal yaitu, subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. Keempat kalimat ini boleh dimulai sesuai yang ia kehendaki.” (HR. Imam Muslim).

Dikutip dari Islami.co, menurut Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa keempat dzikir ini yaitu subhanallah (سبحان الله), wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar menyimpan ajaran tauhid dan bentuk pujian dan ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Jika kalian terus menerus membaca dzikir ini maka akan menambah timbangan kebaikan. Hal ini juga diharapkan agar kita selalu diberikan rahmat oleh Allah SWT.

Wallahu a’lam…semoga bermanfaat.

Terkait

Loading...