Mudah Emosi, Tips Simpel Ini Bikin Kamu Anti Marah-Marah Saat Datang Bulan

Datang bulan atau menstruasi adalah tamu bagi kaum hawa yang kadang suka bikin aktivitas sehari-hari terhambat. Penyebabnya, pada masa tersebut wanita biasa mengalami ketidakstabilan perasaan dan juga pikiran.

Setiap muslimah yang mengalami haid kebanyakan larut dalam keadaan yang seakan memberikan surat izin bagi mereka saat sikapnya tidak stabil atau pikirannya tidak tenang.

Loading...

Padahal, hal ini sebenarnya dapat diatasi sehingga ketidakstabilan tersebut dapat berkurang atau pada saat tertentu bisa terbebas dari ketidakstabilan tersebut atas izin Allah SWT.

Dalam artikel kali ini kita akan menyimak tips sederhana yang atas izin Allah dapat membantu kita dan saudari-saudari muslimah kita. Terutama mereka yang sedang mencari kejernihan pikiran khususnya pada saat datang bulan.

Namun, sebelum kita beranjak ke tips yang ada, alangkah baiknya kita simak dulu sebab biologis terjadinya ketidakseimbangan saat terjadi datang bulan. Dengan mengetahui hal ini diharapkan kita menjalani tips ini dengan bekal ilmu dan dengan ilmu itu semoga dapat menjelma menjadi iman sehingga menguatkan keyakinan kita pada Allah SWT.

Di dalam tubuh wanita, setidaknya terdapat lima jenis hormon yang mempengaruhi aktivitas kewanitaannya. Hormon tersebut adalah estrogen, progesteron, testosteron, prolaktin, dan FSH/LH.

Setiap hormon tersebut punya fungsi masing-masing dan komposisinya pun harus seimbang. Saat tubuh kekurangan salah satu hormon tersebut fungsi bagian tubuh tertentu akan kacau.

Sedangkan saat terjadi kelebihan hormon akan muncul berbagai penyakit kewanitaan. Hormon-hormon tersebut mengalami ketidakstabilan pada waktu datang bulan. Itulah mengapa saat datang bulan seorang wanita mudah mengalami depresi, sedih, emosi, marah, galau, bahkan hal-hal lain yang sebelumnya tidak wajar.

Loading...

Untuk mengatasi hal ini kita harus menyadari dahulu siapa yang menciptakan hormon-hormon itu?

Kemudian siapa pula yang mengatur keseimbangannya?

Kemudian siapa pula yang akan menolong kita saat diri kita sendiri tidak mampu mengendalikan gejolak dalam diri kita?

Jawabannya adalah Allah Sang Maha Pencipta, Maha Menyeimbangkan, dan sekaligus Maha Menolong terutama hambanya yang mengharapkan pertolongan dari-Nya.

Setelah mengetahui hal ini, baru kita amalkan tips berikut. Saat anda merasa fikiran terbebani, kacau, bingung, dan sebagainya maka bacalah dzikir dari hadits yang diriwatkan oleh Ibnu Abbas berikut:

LAA ILAAHA ILLALLAH, AL ‘ADZIIM AL HALIIM, LAA ILAAHA ILLALLAH RABBUL ‘ARSYIL ‘AZHIIM, LAA ILAAHA ILLALLAH RABBUS SAMAAWATI WA RABBUL ARDLI WA RABBUL ASRSYIL KARIIM (Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung dan Maha Penyantun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Penguasa Arsy (singsana) yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan langit dan bumi serta Tuhan Arsy yang mulia)[H.R.Bukhari 5870]

Baca beberapa kali hingga pikiran menjadi tenang, kemudian bila sudah tenang berterima kasihlah pada Allah dengan mengajarkan amalan ini kepada orang lain. Semoga bermanfaat.[]

Artikel ini telah tayang di hayyu.id dengan judul Tips Menjernihkan Pikiran saat Mesntruasi

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More