Cek Fakta, Berhenti Merokok Bisa Bikin Badan Gemuk?

Widiynews.com | Banyak orang percaya bahwa berhenti merokok dapat membuat badan gemuk atau lebih berisi. Namun bagaimana fakta sebenarnya terkait informasi ini? Bisakah berhenti merokok membuat badan gemuk?

Dilansir dari laman merdeka.com, informasi ini ternyata benar dan bukan hoaks semata. Kepercayaan ini juga telah dibenarkan melalui sebuah penelitian. Seperti diberitakan Times of India, peneliti asal Kyoto Medical Centre berhasil mempelajari faktor yang menyebabkan meningkatnya berat badan orang yang berhasil berhenti merokok.

Dan hasilnya, semakin besar tubuh mengalami kecanduan nikotin, berat badan akan naik setelah tubuh berhenti merokok. Artinya, tingkat kecanduan seseorang sangat berpengaruh terhadap bertambahnya berat badan.

Penelitian yang diikuti oleh 186 partisipan ini, memberikan fakta bahwa seseorang yang berhenti merokok dengan tingkat kecanduan yang lebih tinggi, berat badan mereka meningkat 1.1 kilogram selama tiga bulan.

Pada penelitian ini, rata-rata pria mendapat 2,7 kilogram lemak setelah berhasil berjuang berhenti merokok. Sementara pada wanita, penelitian ini menunjukkan bahwa berat badan partisipan bertambah 3,6 kilogram.

Penyebab Berat Badan Naik Setelah Berhenti Merokok

Loading...

Mengonsumsi tembakau dalam bentuk apapun termasuk rokok dapat berpengaruh pada berat badan karena meningkatkan sistem metabolisme. Disisi lain, konsumsi nikotin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius seperti kanker, kebutaan, penyakit degeneratid, dan impotensi.

Banyak fakto yang dapat meningkatkan berat badan setelah tidak merokok. Hal umum yang terjadi adalah meningkatnya nafsu makan, menurunnya metabolisme, menurunnya aktivitas fisik, dan meningkatnya aktivitas lipoprotein lipase yang mempengaruhi perpindahan lemak di tubuh.

Cara Mendapat Berat Badan Ideal Setelah Berhenti Merokok

Terlepas dari fakta tersebut, cara untuk bisa mendapatkan berat badan ideal dapat dimulai dengan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Lakukan aktifitas ini setelah berhenti merokok guna mencegah terjadinya peningkatan berat badan berlebih.

Olahraga dan mengatur pola makan tidak hanya mencegah bertambahnya berat badan namun bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan intoleransi glukosa yang berhubungan dengan bertambahnya berat badan secara berlebihan. Hal ini berpengaruh lebih luas dan besar pada kesehatan seseorang.

Mengingat semakin kecanduan seseorang maka semakin banyak berat badan yang didapat, sebaiknya segera berhenti merokok sesegera mungkin. Berhenti lebih cepat bisa bantu seseorang tidak mengalami peningkatan berat badan.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More