5 Strategi Bisnis Hewan Kurban Idhul Adha, Biar Sukses Yuk Coba!

  • Whatsapp
5 Strategi Bisnis Hewan Kurban Idhul Adha, Biar Sukses Yuk Coba!
Hewan Kurban.

Cara Sukses Bisnis Hewan Kurban – Salah satu strategi bisnis adalah harus selalu pintar memanfaatkan peluang atau moment (musiman). Seperti kali ini, sebentar lagi umat muslim diseluruh duni merayakan hari Idhul Adha dimana pada hari ini identik dengan hewan kurban seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Bagi kalian yang baru mulai bisnis, kalian bisa memanfaatkan bisnis musiman ini untuk belajar usaha dagang, yaitu hewan kurban. Meski belum pernah mencoba sebelumnya, namun tidak ada salahnya dicoba karena siapa tahu di tahun ini dan pada usaha inilah faktor keberuntunganmu datang.

Read More

Bisnis hewan kurban memang menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pemilik ternak karena sudah pasti meraup keuntungan yang luar biasanya banyak dibanding pada hari biasa. Mengingat, permintaan pasar pada hari raya Idhul Adha biasanya melonjak tinggi.

5 Strategi Jitu Jualan Hewan Kurban

Jangan hanya terpaku pada peternak hewan, buat Anda yang ingin menjemput rezeki, Anda juga bisa mencoba bisnis musiman ini loh. Nah, bagi Anda yang tertarik menggeluti bisnis hewan kurban, yuk ikuti 5 strategi bisnisnya dibawah ini.

Cari Tahu Info Tentang Hewan Kurban

Sebelum Anda memulai bisnis, memahai produk wajib hukumnya. Strategi bisnis hewan kurban pertama ini, memastikan Anda untuk mengetahui secara detil, seluk beluk, ketentuan serta aturan jual beli hewan kurban.

Misalnya dari segi kesehatan, Anda harus memastikan hewan kurban sehat secara fisik, tidak boleh sakit dan dalam masa melahirkan.

Selain itu, ciri-ciri lainnya pastikan tidak ada cairan yang keluar dari hidung, telinga, mata , mulut, alat kelamin atau anus. Baik itu berupa darah, lendir atau busa berlebih.

Umur hewan kurban juga harus diperhatikan. Anda harus memilih hewan dengan umur minimum 1,5 tahun.

Sekali lagi, hal ini wajib sekali dilakukan untuk meminimalisir kerugian adanya hewan kurban yang tidak layak dikurbankan.

KALENDER HIJRIYAH 1440H-2019M ONLINE

Pilih Jenis Hewan yang Dijual

Setelah memahami dengan baik hewan kurban yang layak, strategi bisnis selanjutnya Anda harus menentukan jenis hewan.

Jenis hewan yang Anda pilih, akan sangat berkaitan dengan kemampuan Anda dalam menyiapkan modal.

Sebagai contoh, jika Anda menentukan untuk berjualan sapi, tentunya modalnya akan lebih besar daripada kambing.

Rata-rata harga kambing, bisa sampai Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta per ekor. Sedangkan, untuk sapi per ekornya bisa dihargai dari Rp 18,5 juta sampai Rp 20 juta.

Cobalah lakukan analisis kira-kira hewan kurban apa yang paling banyak diminati dan bisa terjual cepat.

Siapkan Modal Bisnis

Tidak hanya soal modal untuk pembelian hewan, tapi Anda juga mempersiapkan dana buat tempat penampungannya, pakan dan perawatannya.

Perhitungkan modal dengan baik, dan lakukan pembelian hewan dari jauh hari agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Selain itu, siapkan pakan dan tempat yang layak untuk merawat hewan Anda, agar saat nanti disembelih, hewan kurban bisa tetap sehat.

Berjualan Secara Langsung

Jika sudah selesai mempersiapkan strategi bisnis sebelumnya, Anda bisa menentukan strategi penjualan.

Teknik berjualan yang baik sangatlah memengaruhi keberhasilan Anda dalam berbisnis.

Nah, untuk menjual hewan kurban, Anda bisa menggunakan cara penjualan langsung.

Cara ini dinilai lebih efektif, karena Anda langsung menawaran kepada yang membutuhkan seperti saudara, kerabat, teman, atau tetangga.

Bagi pemula mungkin akan merasa canggung saat melakukannya, maka dari itu cobalah untuk mempelajari cara menawarkan barang yang baik.

Saat menawarkan sesuatu kepada pelanggan, Anda harus baik, sopan, positif dan jangan terdengar memaksa. Dengan begitu, tentunya Anda akan mendapatkan untuk maksimal.

Promosi Lewat Online

Melakukan promosi dengan tepat, akan sangat membantu Anda untuk sukses berbisnis hewan kurban.

Anda bisa memulai sebuah promosi sebagai langkah awal, secara online dan offline.

Maksimalnya semua cara untuk promosi, apalagi promosi yang tidak memerlukan dana besar seperti sosial media.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan situs e-commerce untuk memasarkan produk Anda.

Itulah strategi bisnis yang bisa Anda terapkan untuk bisa sukses bisnis hewan kurban. Bagaimana, apakah sudah siap mencoba?[]

Sumber: koinworks.com

Related posts