Ini Cara Memilih Hewan Terbaik untuk Kurban Idhul Adha

  • Whatsapp
Ini Cara Memilih Hewan Terbaik untuk Kurban Idhul Adha

Menjelang perayaan Idhul Adha, banyak sekali para peternak sapi yang kebanjiran order karena jumlah permintaan daging hewan kurban semakin meningkat. Pun demikian para pedagang musiman yang memanfaatkan momen ini kian menjamur.

Saat ini, sudah banyak para pedagang musiman yang mulai menjual hewan kurban mulai dari kambing hingga sapi. Harganya pun beragam tergantung dari jenis dan ukuran hewan yang ditawarkan.

Read More

Meski demikian, harga hewan kurban biasanya jauh lebih murah kita dipesan jauh-jauh hari atau tidak berdekatan dengan tanggal hari raya Idhul Adha.

Nah, buat Anda yang sudah mantap untuk berkurban tahun ini. Pastikan Anda membeli hewan terbaik. Selain itu, Anda juga harus teliti sebelum membeli atau memesan hewan kurban dari peternak atau penjual.

Bagaimana Memilih Hewan Terbaik untuk Kurban?

Sebagai pembeli, kita wajib untuk teliti dan jeli sebelum membeli. Selain sehat, pastikan hewan kurban yang kita beli gemuk dan sudah memenuhi ketentuan agama Islam.

Kepala Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara, Rita Nirmala memberi sejumlah cara memilih hewan kurban yang baik seperti sapi atau kambing untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha.

“Yang pertama pastikan mata hewan yang dipilih cerah dan tidak berair,” kata Rita, Minggu (28/7/2018) dilansir dari wartakota.tribunnews.com.

Selain itu, perlu dilakukan pengecekan terhadap bagian hidung. Menurut Rita, hidung hewan ternak yang sehat dan baik adalah hidung yang terlihat basah dan berair.

“Pastikan juga bulu hewan kurban tersebut dalam keadaan bersih dan tidak kusam. Hewan kurban yang akan dibeli juga tidak kurus,” ujar Rita.

Rita menambahkan, hewan kurban yang memiliki nafsu makan baik dan gerakan yang lincah layak dipilih.

Jangan lupa pula perhatikan kotoran hewan tersebut, harus dalam kondisi normal dan tidak mencret.

“Pastikan hewan tidak cacat, lihat bagian testis masih utuh sepasang, daun telinga utuh, tanduk tidak patah, kaki tidak pincang dan mata tidak buta,” kata Rita.

Selain itu, pastikan juga kepada para pedagang bahwa hewan kurban tersebut sudah cukup umur.

Sapi dan kerbau minimal berusia dua tahun, sedangkan kambing atau domba harus diatas satu tahun.

Calon pembeli juga bisa memastikan hewan kurban tersebut telah cukup umur dengan melihat fisiknya.

Tumbuhnya sepasang gigi tetap di rahang hewan kurban baik sapi, kerbau, domba dan kambing menandakan telah cukup umur.

“Kami tidak menyarankan untuk menyembelih hewan kurban betina yang produktif sesuai dengan Permentan Nomor 14 Tahun 2014 meski secara syariah dibolehkan,” ucap Rita.

Related posts