Hadapi Cobaan yang Sulit dengan Doa

Dalam hidup, kita sering kali dihadapkan dengan berbagai masalah, dan mohon maaf, sering kali membuat kita lupa diri dan menyerah. Dan lebih parahnya lagi kita menyalahkan Allah atas masalah yang sedang kita hadapi. 

Bagi mereka yang imannya lemah, mungkin hal ini sering kali terjadi. Namu kita perlu belajar kepada mereka orang sholeh yang tak pernah mengeluh ketika mendapat ujian.

Ujian datang bukan semata melemahkan kita. Namun sejatinya untuk menguji keimanan kita dan memperkuatnya bilamana kita bisa melewatinya dengan ikhlas, dan tulus, serta ridho.

Baca: Doa Agar Hati Lunak, dan Diringinkan untuk Melaksanakan Ibadah

Saat sedang menghadapi ujian yang amat berat, dan sudah terasa tak sanggup lagi, Islam mengajarkan kita untuk berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Allah diiringi dengan taubat.

Saat kekhilafan terhapus dengan taubat, maka terangkatlah penyebab siksa tersebut. Andaikata sudah bertaubat dan sudah berdoa namun tak terlihat tanda akan dikabulkan, maka jangan langsung mengeluh, menyerah dan menyalahkan Allah, tapi periksalah diri Anda. Mungkin saja taubat Anda tidak benar selama ini.

Jika demikian, perbaikilah, dan berdoalah terus dan jangan sekali-kali merasa bosan untuk berdoa.

Loading...

Baca: Ketika Langit Terbuka, Ketika Doa Diijabah

Mungkin saja kemaslahatan akan Anda terima jika doa Anda tidak segera dikabulkan, atau mungkin jika dikabulkan, doa Anda tidak membawa maslahat apa-apa.

Meski demikian, Anda tetap akan mendapatkan pahala dan akan terus memperoleh manfaatnya. Dan salah satu diantara manfaat itu adalah Allah tidak memberi apa-apa yang Anda minta, namun Dia akan menggantinya dengan yang lain yang sejatinya sangat Anda butuhkan.

Jika terdapat bisikan “Betapa seringnya Anda berdoa, namun doamu tidak dijawab sama sekali, atau ajakan untuk malas dan meninggalkan doa” maka jawablah dengan lantang dalam diri bahwa “Saya berdoa untuk ibadah, saya yakin bahwa jawaban dari doa itu pasti ada”.

Salah satu penyebab tertundanya atau belum dikabulkannya sebuah doa adalah karena Allah melihat kepentingan yang berdoa. Jawaban akan datang pada saat yang tepat.

Kalaupun tidak terjawab, yang pasti orang tersebut telah melakukan ibadah dan merendahkan diri didepan Sang Penciptanya.

Berhati-hatilah, jangan pernah meminta sesuatu kecuali dengan permintaan yang baik. Hindari meminta yang sifatnya duniawi karena dapat menyebabkan kita terjerumus dalam jurang kehancuran.

Imam Ibnu Al-Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More