Widiynews

Tak Hanya Belanda, 9 Negara Ini Melarang Penggunaan Burka, Niqab dan Cadar!

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Larangan di Belanda menggunakan burka, niqab dan cadar di gedung dan moda transportasi publik tengah jadi polemik. Sejumlah pemerintah kota, rumah sakit dan kepolisian enggan menegakkan aturan tersebut.

Baca: Belanda Larang Wanita Muslimah Pakai Burka, Niqab dan Cadar

Salah satu penyebab terbitnya aturan terkait pakaian yang kerap digunakan wanita muslim adalah masalah keamanan negara. Meskipun ada beberapa diantara negara yang menerapkannya lantaran demi menjaga tradisi dan budaya.

Berikut 9 negara yang telah menerbitkan larangan menggunakan burka, niqab, dan cadar seperti Belanda, bahkan mayoritas penduduknya muslim loh.

9 Negara yang Melarang Penggunaan Burka, Cadar dan Niqab

Belanda Larang Wanita Muslimah Pakai Burka, Cadar dan NiqabTunisia

Tunisia adalah negara yang mayoritasnya beragama Islam. Negara ini melarang penggunaan burka setelah terjadi dua serangan teror maut di ibu kota Tunis pada akhir Juni 2019 lalu.

Melansir dari laman berita dw.com, pelaku aksi teror tersebut diketahui menggunakan burka.

Dalam aturannya, Tunisia melarang setiap perempuan bercadar memasuki kantor pemerintahan dan institusi publik.

Chad

Chad juga termasuk negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim dan menerapkan larangan penggunaan cadar atau penutup wajah. Alasan yang diambil oleh negara ini adalah terkait keamanan negara.

Larangan ini secara resmi diterapkan sejak 2015 setelah menyusul adanya serangan bom bunuh diri yang diklaim oleh Boko Haram. Dalam aksi tersebut, pelaku menyamarkan diri dengan mengenakan burka saat melakukan serangan.

Larangan burka di negara Chad tidak hanya dikantor pemerintah, tapi juga di seluruh ruang publik.

Perancis

Di Perancis, burka juga dilarang digunakan. Aturan ini secara resmi diterapkan pada 2010 lalu dan berlaku diseluruh ruang publik kecuali rumah ibadah dan di dalam mobil.

Serupa, larangan ini sempat mendapat penolakan dan dibawaha ke Mahkamah HAM Eropa, namun ditolak lantaran dinilai mengedepankan asa “kehidupan bersama” daripada pembatasan hak individu.

Maroko

Burka tidak hanya dilarang digunakan, di Maroko pembuatan dan penjualan sudah dilarang sejak tahun 2017 silam.

Menurut para pakar, larangan burka ini tidak hanya terkait keamanan urusan keamanan negara, tapi untuk membatasi penyebaran ideologi radikal.

Tajikistan

Di Tajikistan juga dilarang. Bedanya, di negara ini bukan terkait keamanan melainkan untuk menjaga tradisi dan budaya lokal.

Seperti diketahui, Tajikistan merupakan salah satu negara Asia Tengah yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Sri Lanka

UU Darurat Sipil resmi melarang penggunaan cadar. Aturan ini diberlakukan pasca terjadi serangan teror pada hari raya Paskah 2019 yang mengakibatkan 250 orang meninggal dunia.

Meskipun, larangan ini mendapat kritikan dari kelompok muslim karena dinilai tidak diperlukan. Sebab, ulama muslim di Sri Lanka sudah lebih dulu melarang penggunaan burka untuk alasan keamanan.

Denmark

Di negara Denmark, burka juga dilarang dipakai. Aturan ini baru secara resmi diterapkan pada Agustus 2018 silam. Aturan ini sempat mendapat kritikan dan ratusan orang berdemo di Kopenhagen.

Setelah diterapkan, Denmark memberikan sanksi berupa denda 1.340 euro atau sekitar Rp 20 juta bagi siapa yang diketahui melanggar aturan penggunaan burka ini.

Menurut statistik kriminal teranyar, hingga kini sebanyak 39 kasus pelanggaran burka telah digulirkan terhadap 22 perempuan.

Belgia

Belgia mengamati proses pembahasan legislasi larangan bercadar di Perancis sebelum menerbitkan aturan serupa pada 2011. Aturan tersebut melarang semua jenis pakaian yang menutupi wajah di ruang-ruang publik. Perempuan yang ketahuan melanggar terancam penjara selama tujuh hari atau membayar denda sebesar 1.378 Euro atau sekitar Rp. 21,5 juta.

Belanda

Belanda merupakan negara terakhir yang menerbitkan larangan penggunaan cadar. Negara ini membutuhkan waktu 14 tahun untuk menerapkan aturan baru ini setelah Geert Wilders, seorang pimpinan partai populis kanan Belanda pada tahun 2005 membuat gagasan ini.

Aturan ini mulai disosialisasikan pada 1 Agustus 2019 ini dibarengi ancaman denda sebesar 150 euro atau sekitar 2,3 juta.

Meskipun memiliki perbedaan pandangan diterapkannya, bagaimana menurut kalian larangan penggunaan cadar, burka dan niqab ini?

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Lainnya

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.