Saat Bayi Batuk, Apa yang Harus Dilakukan?

Pertanyaan:

Dokter, bayiku yang berumur tiga bulan batuk berdahak. Saya kerap kasihan melihatnya. Baiknya bagaimana ya? Apa yang menyebabkan batuk? Apa aman kalo diberikan obat?

Rina, Semarang

Jawaban:

Untuk mengetahui apa penyebab batuk dari anak Anda haruslah terlebih dahulu dilakukan anamnesis lengkap, pemeriksaan fisik, dan kalau perlu pemerksaan penunjang.

Loading...

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair dan berbagai benda asing lain (aspirasi= terhirup ke paru-paru).

Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Batuk pada anak memang banyak penyebabnya, dari infeksi, alergi, asma, iritasi, dan banyak hal lainnya. Kalau dahak atau ingus tertelan maka tidak perlu dikuatirkan namun memang kalau dahaknya sangat banyak sekali sebaiknya dilakukan terapi terutama apabila dahak tersebut berwarna kuning atau hijau.

Oleh karena itu kami sarankan agar Anda mengkonsultasikan anak Anda ke dokter spesialis anak agar anak Anda dapat dilakukan pemeriksaan. Untuk sementara coba hangatkan bayi dan berikan ASI yang cukup.

*Sumber: Artikel ini telah terbit di majalah Dokter Kita halaman 100

Terkait

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More