Manfaat Asam Lemak Omega untuk Kesehatan

Asam Lemak Omega adalah istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari. Di dalam tubuh, asam lemak omega memiliki manfaat untuk membentuk energi otot, jantung dan organ penting lain serta dapat dimanfaatkan sebagai cadangan untuk energi tubuh.

Macam-Macam Asam Lemak Omega

Ada berbagai macam jenis asam lemak. Dan salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang merupakan jenis paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem metabolisme. Jenis asam lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga untuk bisa mendapatkan dan memperoleh manfaatnya kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3. (baca Tak Selama Bikin Gemuk, Inilah Lemak yang Baik untuk Tubuh)

Selain omega 3, ada jenis lain dari asam lemak yakni omega 6 dan omega 9. Selain cara memperoleh, ketiganya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda namun tetap sama pentingnya. Namun, sebelum lebih jauh mengenal manfaatnya, alangkah baiknya jika kita tahu lebih dahulu sumber makanan yang mengandung lemak asam omega. Simak dibawah ini.

Sumber Alami Asam Lemak Omega

Makanan yang mengandung asam lemak omega itu banyak macamnya. Namun, makanan sumber omega lemak dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Diantaranya, lemak omega 3 banyak terkandung pada berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola dan minyak biji rami. Selain itu, lemak omega 3 juga banyak terkandung didalam ikan seperti ikan salmon, udang, sarden, ikan patin dan ikan tuna.  Jenis lemak omega ini juga dapat ditemukan didalam sayuran bayam.

Bahan makanan yang mengandung lemak omega 6 diantaranya:

  1. Kedelai
  2. Minyak bunga matahari
  3. Minyak kelapa sawit
  4. Minyak biji kapas
  5. dan agung

Bahakan makanan yang mengandung lemak omega 9 diantaranya:

  1. Minyak zaitun
  2. Minyak hewani

Perlu diketahui, jenis asam lemak omega 9 ini dikatakan jenis omega yang paling tidak penting dibanding dua jenis lainnya.

Fungsi Asam Lemak Omega

Tiga jenis asam lemak omega ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, dari keseluruhan fungsinya adalah untuk menunjang kesehatan jantung, otak, dan sistem metabolisme tubuh.

Asam lemak omega 3 masih terbagi lagi menjadi tiga macam, dimana fungsinya sangatlah penting yaitu:

  1. Berperan dalam membantu perkembangan otak dan membuat otak berfungsi secara normal (DHA)
  2. Membantu mengurangi peradangan dan mengurangi depresi (EPA)
  3. Sebagai energi tubuh (ALA).

Fungsi omega 6 adalah untuk sumber energi dan membantu mengobati gejala penyakit kronis. Bahkan, asam lemak jenis ini berperan dalam membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara tepat dan sesuai aturan. Sebaliknya, jika terlalu banyak mengonsumsi asam lemak omega 6 dapat mengakibatkan inflamasi atau peradangan.

Loading...

Fungsi asam omega 9 sering kali dianggap tak terlalu penting bagi tubuh. Namun, bagi penderita diabetes yang mengonsumsi lemak asam lemak omega 9 secara teratur dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol. Asam lemak omega jenis ini juga dapat diproduksi oleh tubuh.

Manfaat Mengonsumsi Asam Lemak Omega

Banyak keuntungan mengonsumsi asam lemak omega terutama bagi kesehatan tubuh. Seperti asam lemak omega 3 yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak sehingga dapat mencegah beberapa gangguan kesehatan, seperti demensia, penurunan fungsi otak pada lansia.

Asam lemak omega 3 juga dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang tua. Sehingga penting sekali mengonsumsi makanan sumber asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan patin, udang, dan ikan tuna. Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam juga sangat baik untuk kesehatan. Sebab, bayam juga mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi.

Manfaat asam lemak omega 3 pada bayi paling tidak dibagi menjadi dua macam, yaitu mengurangi gejala asma dan membantu meningkatkan perkembangan otak. Tak hanya itu saja, asam lemak omega 3 juga dapat membantu mengatasi sertai membantu proses penyembuhan beberapa jenis penyakit, diantaranya:

  1. Menjaga berat badan tetap stabil.
  2. Mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis karena bersifat antiradang.
  3. Mengurangi jumlah lemak hati.
  4. Meningkatkan tingkat kepadatan tulang.
  5. Menyehatkan jantung dengan meningkatkan HDL atau kolesterol baik, sehingga mengurangi
  6. embentukan plak pada arteri, tekanan darah, dan trigliserida.
  7. Mengurangi gejala skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi.

Manfaat Asam Lemak Omega 6

Salah satu jenis asam lemak omega 6, yaitu Gamma-linolenic acid (GLA) bermanfaat mengurangi gejala rheumatoid arthritis. Bahkan, menurut penelitian, GLA juga dapat membantu dalam proses penyembuhan kanker payudara. (Baca 5 Cara Sederhana dan Alami Turunkan Risiko Kanker Payudara dan Dianggap Remeh, Ternyata Ini 3 Gejala Umum Penderita Kanker).

Manfaat Asam Lemak Omega 9

Sementara itu, menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi asam lemak omega 9 dapat membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”4711245753″]

Dosis Mengonsumsi Asam Lemak Omega

Tidak hanya harus mengetahui apa saja manfaat asam lemak omega, lantas mengonsumsi dalam dosis yang berlebihan. Sebaiknya batasi atau konsumsilah secara wajar dan jangan sampai berlebihan. Batas jumlah mengonsumsi asam lemak omega 6 yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 4 kali lipat jumlah konsumsi asam lemak omega 3.

Beberapa risiko kesehatan pun dapat terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi suplemen, diantara:

  • Badan berbau amis
  • Meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  • Risiko pendarahan.
  • Berpengaruh pada detak jantung (bagi yang pernah menjalani prosedur transplantasi jantung)

Penting, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi sesuai rekomendasi dokter.

Asam lemak omega tidak hanya dalam bentuk suplemen, ada juga yang berasal beberapa jenis ikan.

Agar tubuh mendapatkan manfaat yang tepat bagi kesehatan, konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega dalam menu sehari-hari. Namun tetaplah batasi dan sesuaikan anjuran dokter ketika mengonsumsi. Jika tubuh memiliki masalah kesehatan lain, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. (baca Mudah Lelah, Ini Bahaya 4 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi dan Bukan Cuma Pedas, Ini 7 Manfaat Mengejutkan Cabai untuk Kesehatan)

Terkait

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More