Now Reading
Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Jika Anda menderita asam urat, Anda harus cermat dalam memilih makanan atau minuman untuk dikonsumsi. Sebab, beberapa makanan dapat memicu rasa nyeri semakin buruk. Ada baiknya, Anda berkonsultasi kepada dokter ketika didiognosa menderita asam urat. Anda akan mendapatkan pengobatan serta rekomendasi makanan yang harus dihindari agar nyeri asam urat tidak semakin parah.

Selain berkonsultasi kepada dokter, dan melakukan pengobatan, menjaga pola makan yang sehat juga patut diperhitungkan sebagai salah satu cara mengobati asam urat. Dan diantaranya adalah mengonsumsi sayuran. Namun, kita juga harus cermat karena tidak semua jenis sayuran boleh dikonsumsi.

Banyak bahakan makanan dan sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat. Ini karena kandungan dari makanan tersebut yang dapat memperparah rasa nyeri dan efek lanjut.

Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Rasa nyeri asam urat sering kali tidak tertahankan, mungkin ini bisa jadi karena sering salah mengonsumsi makanan yang tepat bagi penderita. Asam urat dalam kadar tinggi pada tubuh dapat mengakibatkan pembentukan kristal pada sendi.

Gejala asam urat sering kali muncul secara tiba-tiba, diantaranya ditandai dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Jika didiamkan, maka dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. Kalau sudah seperti ini, Anda dan semua penderita pasti tak ingin terjadi.

Beberapa obat pereda rasa nyeri memang dapat dikonsumsi agar kadar asam urat dapat turun dan rasa nyeri dapat hilang. Namun hal ini sering kali bertahan hanya dalam beberapa saat saja. Yang terpenting adalah menjaga pola makan sehat agar serangan dan tingkat keparahan penyakit asam urat dapat segera teratasi. Tak perlu khawatir, beberapa makanan seperti sayuran sehat dan bernutrisi tinggi tetap bisa Anda konsumsi. Berikut sayuran yang boleh dikonsumsi penderita asam urat.

1. Wortel

Tahukan sayuran satu ini. Wortel punya khas, yakni memiliki warna orange dan memiliki vitamin yang tinggi. Sayuran ini sangat baik dikonsumsi mereka yang memiliki masalah penglihatan. (baca 6 Makanan Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan Otak Loh, Mana Favoritmu?). Sayuran ini mengandung purin yang paling rendah.

Purin adalah zat yang akan dicerna menjadi asam urat didalam tubuh. Itu sebabnya, wortel termasuk sayuran yang aman dikonsumsi penderita asam urat.

2. Terung dan Tomat

Selanjutnya ada terung dan tomat. Sama seperti wortel, tomat juga termasuk sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dibuat jus atau minuman. (Baca Selain Dijadikan Jus, Ini 4 Manfaat Mengejutkan Buah Alpukat untuk Kesehatan!)

Terung dan tomat juga termasuk jenis sayuran yang mengandung purin rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

3. Kentang

Kentang juga termasuk sayuran yang dapat dikonsumsi. Sayuran ini juga masuk dalam kategori yang mengandung vitamin c serta dapat mengurangi kadar asam urat.

4. Kacang-Kacangan

Loading...

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat. Karena penderita asam urat disarankan untuk menjauhi protein hewani, kacang bisa menjadi sumber protein yang baik. (baca 6 Manfaat Mengejutkan Selai Kacang Disertai Tips Memilih Kacang yang Baik)

5. Jamur

Jamur kaya akan serat dan rendah kalori. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan sayuran yang baik untuk penderita asam urat.

See Also
Ustadz Yusuf Mansur Menangis Saat Melihat Kondisi Ustadz Arifin Ilham di Rumah Sakit

6. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung purin. Namun menurut penelitian, purin yang berasal dari sayuran aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita asam urat.

4. Brokoli

Sayuran yang kandungan purinnya rendah selanjutnya adalah brokoli. Sayuran ini termasuk jenis yang boleh dikonsumsi mereka yang mengalami sakit asam urat. Serupa dengan tomat, dan jeruk, brokoli juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rasa nyeri asam urat sangat menyakitkan adalah pola makan. Sering kali makanan yang dikonsumsi sembarangan sehingga dapat mengakibatkan rasa nyeri dan kadar asam urat meningkat. Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita:

  • Minuman beralkohol.
  • Daging merah.
  • Daging jeroan.
  • Makanan laut (seafood).
  • Serta beragam produk yang mengandung tinggi fruktosa, seperti minuman bersoda, jus, es krim, permen, serta makanan cepat saji.
  • Roti
  • Oatmeal

Tips Agar Asam Urat Tidak Terasa Sakit

Selain rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, menjalani pengobatan secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat, menjaga makanan yang dilarang patut menjadi perhatian. Selain itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar rasa nyeri asam urat tidak terasa menyakitkan. Beberapa cara tersebut bahkan dapat meminimalkan serangan serta mencegah asam urat, berikut dibawah ini:

  • Olahraga rutin. Lakukan gerakan-gerakan ringan, seperti jalan kaki, lari-lari kecil dipagi hari
  • Cukup minum air putih
  • Hindari mengonsumsi minuman yang terlalu manis
  • Jangan minum-minuman beralkohol
  • Kurangi asupan daging dan makanan laut
  • Konsumsi susu rendah lemak seperti yoghurt, keju, dan susu untuk mencukupi kebutuhan protein.
  • Jaga berat badan. Usahakan berat badan tetap stabil saat menjalani pengobatan. Jika Anda mengalami obesitas, sebaiknya Anda menurunkannya.

Beberapa penderita sering mengeluhkan rasa sakit karena asam urat. Bahkan, beberapa penderita merasakan seperti tulang dan persendian terasa kaku atau mati. Jika Anda sering mengalaminya, penting sekali mulai saat ini menjalani pengobatan dan mengubah gaya hidup menjadi sehat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi serta menghilangkan gejala asam urat.

Demikian beberapa makanan dan sayuran yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Terkait

Loading...

© 2016 Widiynews Web Media. All Rights Reserved.

Scroll To Top