Gubernur Khofifah Kirim Bantuan Logistik untuk Masyarakat Papua

SURABAYA, Widiynews.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengirimkan sejumlah bantuan logistik ke Papua dan Papua Barat. Bantuan ini berupa bahan pokok untuk masyarakat Papua di tengah kerusuhan yang terjadi.

Sebelumnya, Khofifah mengatakan pihaknya mendengar kabar jika Armada II akan mengirimkan Kapal Rumah Sakit KIR dr Soeharso-990. Karena ada beberapa space yang tersisa, Khofifah pun menitipkan sejumlah bantuan tersebut.

Loading...

Bantuan ini juga didapatkan dari sumbangan gotong royong sejumlah pihak. Ada dari beberapa perguruan tinggi, ormas, hingga mahasiswa Papua yang berkuliah di Surabaya.

“Beberapa toko masih tutup pasti kebutuhan logistik mendesak untuk mendapatkan pemenuhan. Maka beberapa elemen ada perguruan tinggi ITS, Universitas dr Soetomo, Ormas NU, LDII kami sendiri dari pemprov bersama-sama jajaran Koarmada II di sini membantu saudara-saudara kita yang mengalami kendala untuk bisa memenuhi kebutuhan logistik,” papar Khofifah di Koarmada II Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

Loading...

Kebutuhan pokok yang dikirim seperti beras, mie instan, air mineral, gula, teh, kopi dan lainnya. Tak hanya itu, Khofifah juga mengatakan kapal rumah sakit ini disiapkan khusus untuk mengantisipasi rumah sakit atau pelayanan kesehatan di sana masih tutup. Di kapal tersebut ada 77 dokter yang bersiaga hingga obat-obatan untuk jangka waktu satu bulan.

“Ini misi kemanusiaan dan misi bangun persatuan bangun persaudaraan. Bahwa di Kapal dr Soeharso disiapkan layanan kesehatan termasuk di dalamnya ada para dokter dan dokter spesialis. Ini juga sesungguhnya memberikan support terhadap kemungkinan maksimalisasi layanan terhadap rumah sakit daerah,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga mengajak seluruh warga Jatim yang berada di Papua dan Papua Barat untuk terus menjaga ketenangan. Hal ini untuk menjaga persaudaraan antar suku bangsa.

“Saya ingin mengajak saudara kita dari Jatim yang ada di Jayapura, Manokwari, Sorong, seluruh Provinsi Papua dan Papua Barat. Saya ingin mengajak mereka terus menjaga ketenangan, mengkomunikasikan dengan saudara yang lain bahwa persaudaraan kita ini tetap terjaga,” lanjut Khofifah.

Usai menilik bantuan yang akan diserahkan, Khofifah sempat mengelilingi Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeroso. Khofifah juga mengecek sejumlah ruang operasi, ruang UGD hingga kamar perawatan yang ada di dalam kapal.[dtk]

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More