Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Buah Jeruk Bali

JAKARTA, Widiynews.com – Mungkin kamu agak asing mendengar nama buah yang satu ini. Ya, pomelo merupakan salah satu jenis buah sitrus (Citrus Grandis, C. Maxima), nama lainnya yaitu jeruk bali. Nama pomelo sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian, karena jenis jeruk satu ini tidak ada kaitannya dengan Bali sama sekali.

Seperti jenis buah jeruk lainnya, pomelo memiliki rasa yang manis dan segar. Tidak hanya lezat, buah satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker. Baca juga Dianggap Remeh, Ternyata Ini 3 Gejala Umum Penderita Kanker

5 Manfaat Jeruk Bali atau Pamelo

Selain namanya yang sedikit asing, ternyata pamelo atau jeruk bali ini memiliki beragam manfaat kesehatan diantaranya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serupa dengan jeruk, jeruk bali ini ada juga yang rasanya asam namun ada juga yang manis. Buat kamu yang suka dengan jeruk, berikut sederet manfaat buah pomelo atau jeruk bali untuk kesehatan.

1. Mengelola tekanan darah

Pomelo merupakan sumber kalium yang baik, sehingga mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi organ. Kandungan potasium dalam buah ini juga dapat membantu melepaskan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga dapat mencegah serangan jantung, stroke dan aterosklerosis.

2. Menurunkan kolesterol

Loading...

Berbagai penelitian telah menekankan manfaat yang ditawarkan kandungan kalium dalam buah pomelo. Buah ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Pektin dalam pomelo juga membantu membersihkan endapan yang terkumpul di arteri. Buah pomelo bermanfaat untuk penderita hipertensi karena mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat pomelo yang dapat mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol, membuat buah ini memiliki dampak positif untuk kesehatan jantung seseorang. Kandungan kalium dalam buah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan mencegah pembuluh darah dari penyumbatan. Selain itu, pektin dalam pomelo juga bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung karena membantu mengeluarkan limbah dan kotoran dari dalam tubuh.

4. Membantu penurunan berat badan

Pomelo kaya akan serat, sehingga sangat cocok buat kamu yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Serat dalam buah ini dapat membantu menurunkan berat badan karena mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Pomelo juga dapat membantu mengurangi lemak dengan cara membakar gula dan kandungan pati dalam tubuh kamu.

5. Memerangi kanker

Kaya akan biflavonoid, pomelo dapat membantu memerangi kanker. Konsumsi buah ini secara langsung dapat membantu menangkal pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker usus, payudara, dan kanker pankreas. Pomelo juga dapat membantu menghilangkan kelebihan hormon estrogen yang ada dalam sistem tubuh kamu. Bersamaan dengan itu, sifat antioksidan dalam buah pomelo juga dapat membantu dalam memerangi sel kanker.[viva]

Demikian manfaat jeruk bali atau pamelo untuk kesehatan yang memang jarang diketahui orang pada umumnya. Namun, begitu mendengar nama jeruk mungkin banyak orang yang sudah tahu manfaatnya. Silahkan baca juga Kenali Lebih Detail Kanker Nasofaring, Penyakit yang Kini Diderita Ustadz Arifin Ilham!

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More