Stop Melakukan 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Agar Kesehatan Otak Tidak Terganggu!

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh manusia. Kesehatannya menjadi sangat intim dan patut diperhatikan agar dapat menjalani hidup dalam keadaan normal dan sehat. Organ kompleks ini memiliki peran dan kunci bagi hampir seluruh fungsi tubuh manusia.

Kesehatan otak sangatlah sensitif dan kondisinya pun sangat bergantung paga gaya hidup kita. Itu artinya bukan cuma asupan makanan saja yang patut diperhatikan, tapi harus lebih detail lagi demi kelangsungan hidup kita.

Sama seperti kunci pintu, tanpa otak bisa kita bayangkan bagaimana kondisi tubuh kita. Otak memiliki peran penting dan sebagai kunci penentu kesehatan sekaligus bagaimana kondisi tubuh kita.

So, kita harus sadar dan mulai sejak dini merawat kesehatan otak kita dan salah satunya dengan menjaga serta mengatur gaya hidup kita sehari-hari.

5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Otak

Gaya hidup atau lebih ringkasnya kebiasaan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari makanan, minuman serta aktifitas sehari-hari dapat berpengaruh pada otak kita.

Itu artinya, kita sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan yang tergolong tidak sehat agar otak kita tidak terganggu. Nah, kira-kira apa saja yang harus kita hindari? Berikut 5 kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan otak yang harus kita hindari.

1. Menutup kepala saat tidur

Tidur dengan kepala di bawah selimut berpotensi membahayakan otak karena asupan oksigen berkurang.

Saat menutup kepala dengan selimut, Anda bernapas di udara yang baru saja dihembuskan.

Kurangnya oksigen yang mengalir ke otak dapat meningkatkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer, menurut Capital FM.

2. Latihan mental dan fisik yang buruk

Menjaga pikiran dan tubuh dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Kurang olahraga akan memengaruhi daya ingat dan mungkin membuat Anda lebih mungkin menderita demensia.

Loading...

Beberapa kegiatan yang dikenal efektif untuk merangsang otak termasuk membaca dan bersosialisasi.

3. Kualitas tidur buruk

Tidak cukup tidur setiap malam untuk waktu yang lama dapat membahayakan otak, dan meningkatkan risiko gangguan neurologis.

Selama tidur, tubuh bekerja untuk mengeluarkan racun dan produk sampingan lainnya dari otak.

Kurang tidur kronis dapat menunda proses tersebut dan memungkinkan pembentukan zat berbahaya.

4. Kurang minum

Kekurangan air dalam tubuh tidak hanya berdampak pada kinerja fisik tetapi juga otak Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan migrain, perubahan suasana hati, lekas marah, cemas, dan kelelahan.

Otak mengandung air, dan saat tubuh mengalami dehidrasi volume organ akan berkurang dan memengaruhi fungsinya. Baca juga 4 Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan, Wajib Coba Nih!

5. Stres

Stres kronis memicu produksi hormon steroid yang disebut kortisol. Memiliki kelebihan kortisol dalam tubuh telah dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon, kanker, pertambahan berat badan, penyakit jantung dan diabetes. Baca juga 5 Metode Holistik Terbaik Ini Bisa Bantu Redakan Stres, Yuk Coba!

Stres juga dapat berpengaruh terhadap kelenjar adrenal. Anda mungkin mengalami kabut otak, kehilangan ingatan dan kecemasan.

Nah, demikian 5 kebiasaan buruk yang ternyata dapat merusak kesehatan otak kita. Setiap hari, mungkin ada lusinan kegiatan atau aktivitas yang Anda lakukan. Mulai dari makan, minum, olahraga, bekerja, beribadah, hingga tidur dan masih banyak lagi yang mungkin rutin dilakukan.

Masih-masing kegiatan tersebut memberikan kontribusi baik kecil maupun besar pada otak kita. Itu sebabnya, penting sekali mengatur gaya hidup demi kesehatan tubuh dan otak kita. Silahkan baca juga Tekanan Darah Tinggi? Awas Jangan Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!

ANTARA

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More