Menurut Ahli, Ternyata 5 Mitos Populer tentang Diet Ini Ternyata Salah! Kamu Sudah Tahu?

Banyak fakta dan mitos tentang diet yang bertebaran dan berkembang saat ini. Saking banyaknya, sulit sekali membedakan mana yang benar dan salah karena semua diklaim benar dengan bumbu menurut pakar (ahli). Alhasil, banyak mereka yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan bingung harus menentukan langkah yang tepat untuk meraih hasil yang maksimal.

Itu sebabnya, harus cermat dalam menyikapi berbagai mitos diet yang saat ini ada. Hal ini pun telah ditanggapi oleh Leslie Beck, salah satu praktisi diet asal Toronto beberapa waktu lalu seperti dilansir dari laman Liputan6.com, Senin (23/9/2019).

5 Mitos Diet yang Ternyata Salah

Menurut Ahli, Ternyata 5 Mitos Populer tentang Diet Ini Ternyata Salah! Kamu Sudah Tahu?

Memahami mitos diet tidak sekedar untuk meraih kesuksesan dalam menjalani program menurunkan berat badan, namun lebih tepatnya untuk hidup yang lebih sehat. Siapa sih yang tidak mau hidup sehat? Pastinya, termasuk Anda yang saat ini sedang diet.

Diet tidak sekedar mampu menurunkan berat badan secara maksimal jika diterapkan dengan baik. Bahkan, diet tidak melulu wanita kok, banyak pria yang memiliki masalah berat badan melakukan diet baik dengan berpuasa, atau mengatur pola makan.

Nah berikut 5 mitos diet yang populer serta masih dipercayai masyarakat yang ternyata salah menurut ahli. Apa saja? Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Diet Detoks Sekali dalam Setahun

Diet Detoks Sekali dalam Setahun
Detoks

Banyak advokat yang mengklaim jika tubuh kita dipenuhi dengan racun dalam makanan, alkohol, dan paparan buruk lingkungan. Dan itu semua dapat memicu naiknya berat badan, tubuh mudah lelah, dan berbagai macam masalah kesehatan lainnya.

Detoks dengan berhenti sementara mengonsumsi makanan tertentu, lalu kemudian makan makanan yang mengandung banyak serat dan antioksidan. Meski belum ada bukti jika detoksifikasi dapat mempercepat pembuangan racun. Namun, tubuh dalam kondisi sehat dapat menghilangkan atau menetralkan zat beracun.

Hati, ginjal, paru-paru, serta saluran pencernaan dirancang untuk detoksifikasi alami. Itu artinya, Anda lebih baik mengonsumsi makanan yang sehat sepanjang tahun daripada melakukan diet detoksifikasi beberapa kali setahun, apalagi setahun sekali. (Baca juga: Awas, Lemak Perut Sangat Berbahaya Bagi Jantung)

2. Makan Lebih Banyak Protein untuk Membentuk Otot

Makan Lebih Banyak Protein untuk Membentuk Otot
Diet

Bagi Anda yang menginginkan bentuk badan yang ideal, mungkin membentuk otot adalah salah cara terbaik meraihnya. Anda pun bisa jadi tergiur dengan meningkatkan asupan protein setiap harinya agar proses tersebut semakin cepat dan diklaim maksimal.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”6747323365″ ads_bottom_text=”true”]

Ini memang masuk akal sebab makanan yang kaya protein seperti daging, telur, dan tahu memiliki kandungan asam amino, bahan pembangun yang digunakan untuk memperbaiki serta membentuk otot setelah olahraga.

Namun, tahukah Anda, bahwa setiap tubuh manusia meliki batasan mengonsumsi protein? Menurut studi, batasan yang tepat adalah 1,6 gram protein per kilogram berat badan perhari. Dan sebaiknya, mengonsumsi 20 hingga 30 gram protein setelah latihan kekuatan dan bagi ketercukupan protein dalam tiga kali makan.

Loading...

Sebaliknya, mengonsumi lebih banyak protein yang tidak sesuai takaran justri akan bermanfaat membentuk otot tambahan.  (Baca juga Mood Booster, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Mood Meningkat Drastis!)

3. Hindari Makan Buah-Buahan

Hindari Makan Buah-Buahan
Buah-Buahan

Buah mengandung gula alami (fultosa) yang dikemas dengan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan phytochemical.

Sebaiknya, masukkan buah-buahan ke dalam daftar menu diet Anda atau setidaknya makanlah dua porsi buah setiap hari untuk membantu meningkatkan asupan serat, vitamin, folat, kalium, dan flavonoid penangkat penyakit sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. (Baca juga 30 Cara Mudah Membakar Lemak Tubuh Tanpa Kuras Tenaga)

4. Suplemen Vitamin Tidak Bermanfaat

Suplemen Vitamin Tidak Bermanfaat
Vitamin

Mitos tentantang diet selanjutnya yang sedang berkembang adalah dimana suplemen multivitamin itu tidak mampu menangkal penyakit dan hanya memboroskan uang saja.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”6747323365″ ads_bottom_text=”true”]

Padahal, vitamin dan mineral tidak dimasukkan untuk menangkal penyakit, tapi menjembatani kesenjangan nutrisi dalam diet.

Apalagi jika Anda makan tidak teratur, serta mengonsumsi makanan rendah kalori atau memiliki kondisi kesehatan atau minum obat yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi. Anda bisa mendapatkan manfaat dari suplemen multivitamin. (Baca juga 4 Minuman Terbaik untuk Hancurkan Lemak Tubuh, Rasanya Juga Enak!)

5. Olahraga Teratur Lebih Unggul Dibanding Diet, Benarkah?

Olahraga Teratur Lebih Unggul Dibanding Diet, Benarkah?
Diet

Diet dan olahraga adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika Anda beranggapan olahraga teratur lebih unggul dibanding diet, bagimana mitos ini?

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”6747323365″ ads_bottom_text=”true”]

Memang, dibutuhkan banyak olahraga untuk menurunkan kalori yang cukup besar. Misalnya, berat Anda 90kg, maka dibutuhkan sekitar 35 menit jogging, 75 menit jalan cepat atau 110 menit angkat besi agar 500 kalori tubuh bisa dibakar. (Baca juga 8 Jenis Olahraga Ini Bisa Hancurkan Lemak Perut dalam Sekejap!)

Akan tetapi, tidak hanya cukup olahraga dan memangkas kalori mampu menurunkan berat badan Anda. Anda harus mengontrol pola makan Anda. Anda bisa makan dalam porsi kecil dengan membatasi makanan penutup lainnya.

Dengan olahraga, otot yang hilang karena melakukan diet akan kembali. Jumlah otot yang dimiliki adalah penyumbang terbesar bagi metabolisme.

Itu artinya yang paling benar tentang mitos ini adalah menurunkan berat badan adalah kombinasi diet dan olahraga. Maka, jika Anda ingin menurunkan berat dengan hasil yang maksimal serta memiliki bentuk tubuh ideal, jangan lupa untuk tetap olahraga.

Demikian terkait mitos diet yang saat ini tengah populer yang ternyata kurang benar menuru pakar ahli. Silahkan baca juga: 4 Cara Unik dan Aneh untuk Bisa Turunkan Berat Badan, Berani Coba?

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More