7 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Kamu Pasti Suka!

Tahukah Anda jika makanan yang kita konsumsi bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah secara alami? Bahkan, makanan tersebut termasuk enak-enak loh. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang makanan apa saja yang menurunkan kolesterol, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa itu kolesterol sebenarnya.

Kolesterol adalah gumpalan lemak serupa lilin yang menempel di sel tubuh kita. Sebenarnya, leve kita juga memproduksi kolesterol secara alami. Kolesterol juga dapat dihasilkan dari makanan yang bersumber atau berbahan dasar hewani dan olahan susu.

Selama ini, mungkin banyak orang beranggapan jika kolesterol itu harus dilawan. Padahal, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh supaya dapat berfungsi dengan baik.

Namun, jika kolesterol berlebih akibat asupan makanan tinggi kolesterol, akan tercipta plak yang menutup arteri sehingga dapat menghambat peredaran darah. Nah, ini yang tidak baik bagi kesehatan.

Tingkat Kolesterol Normal

Tingkat kolesterol idealnya, wanita memiliki 125 hingga 200 mg/dL kolesterol total yang terdiri dari LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL 50 mg/dL atau lebih. Sedangkan untuk pria dewasa idealnya total 125 hingga 200 mg/dL dengan LDL kruang dari 100 mg/dL, serta HDL 40 mg/dL atau lebih.

Daftar Makanan Alami Penurun Kolesterol Jahat

Daftar Makanan Alami Penurun Kolesterol Jahat
Cek Kadar Kolesterol

Mengatur pola makan tidak hanya wajib bagi mereka yang sedang diet, penderita kolesterol juga bisa mengatur asupan makanan sehingga kolesterol berlebih didalam tubuh dapat berkurang.

Nah berikut daftar makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat secara alami jika dikonsumsi. Apa saja, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

1. Ikan

1. Ikan
Sumber gambar: Liputan6.com

Ikan yang dimaksud disini adalah ikan yang mengandung asam lemak omega-3. (Baca juga: Manfaat Asam Lemak Omega untuk Kesehatan)

Pakar ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi 3,5 ons ikan yang mengandung asam lemak baik seperti salmon, makerel, tuna, herring, dan trout dalam seminggu.

Asam lemak omega-3 yang terkandung didalam ikan yang telah disebutkan diatas dapat membantu mengurangi kadar trigliserida yang nantinya dapat membuat pembuluh darah keras dan menebal.

2. Oats

2. Oats
Sumber gambar: NDTV

Oat adalah makanan biji-bijian, yang dikenal secara ilmiah sebagai Avena Sativa. Oat umumnya  dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal yang dibuat dengan cara direbus dengan air panas atau susu. Oat mengandung karbohidra kompleks yang sangat baik untuk sarapan dan kesehatan.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″]

Namun sayang, banyak masyarakat Indonesia yang masih asing dengan nama bahan makanan ini. Maklum, karena makanan pokok kita adalah nasi. Jadi tak heran jika banyak orang memilih nasi dan makanan olahan nasi sebagai menu sarapan. Tapi, jika melirik kembali kandungan dan manfaatnya, tidak ada salahny beralih ke oat sebagai bahan sarapan.

Oats tidak hanya bagus untuk sarapan. Yang lebih mengejutkan lagi, mengonsumsi 5 hingga 10 gram serta yang mudah larut seperti oats setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL sebanyak 11 poin. Hal inilah yang diungkapkan oleh para ahli dari National Lipid Association. Silahkan baca Tak Selamanya Bikin Gemuk, Inilah Lemak yang Baik untuk Tubuh!

3. Kacang-Kacangan

Kacang Almond
Kacang Almond

Rutin mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, pistachio, dan kenari juga dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″]

Tapi, meski kacang-kacangan menyehatkan, harus diperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi karena kacangan-kacangan juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Cukup makan segenggam atau dua sendok makan kacang-kacangan setiap hari sudah cukup untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan kolesterol tubuh. Baca juga 6 Manfaat Mengejutkan Selai Kacang Disertai Tips Memilih Kacang yang Baik

“Ini karena kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh, asam lemak omega-3, serat, vitamin E, serta sterol nabati,” jelas Dr Haythe.

4. Teh Hijau

Loading...
Teh Hijau
Teh Hijau

Indonesia adalah penghasil kopi dan teh terbesar didunia. Maka, tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang menyukai teh dan kopi. Bahkan, ketika berkunjung kerumah saudara, teman atau kerabat, dua jenis minuman inilah yang paling banyak disajikan.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″]

Namun, tahukan Anda jika tak hanya Indonesia saja negara yang dikenal sebagai penikah teh. Jepang adalah negara yang paling familiar dengan minuman ini.

Dan menurut sebuah studi di Jepang terhadap 40 ribu orang dewasa menunjukkan individu yang minum lebih dari lima cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko 26 persen lebih rendah meninggal akibat serangan jantung atau stroke.

Menurut para ahli, kandungan katekin didalam teh hijau ini dapat mengurangi produksi kolesterol serta mencegahnya diserap berlebihan oleh tubuh. Baca juga Bikin Jantung Makin Sehat, Simak 5 Manfaat Rajin Minum Teh Tiap Pagi Berikut!

5. Dark Chocolate (Coklat Hitam)

Dark Chocolate (Coklat Hitam)
Dark Chocolate (Coklat Hitam)

Kalau makanan yang satu ini pasti disukai remaja. Ya, coklat memang rasanya manis dan memberi sensasi rasa nagih bagi para penikmat coklat. Coklat hitam atau Dark Chocolate sering kali disajikan dalam bentuk minuman, es krim, makanan pembuka, dessert dan sebagainya. Namun sayang, masih banyak yang belum tahu manfaat cokelat hitam untuk kesehatan.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″]

Studi yang dilakukan di Inggris baru-baru ini mengungkapkan, seseorang yang minum minuman coklat dua kali sehari dalam sebulan memiliki kolesterol LDL rendah namun tinggi HDL (Kolesterol Baik).

Dan yang menjadi penyebabnya adalah flavanoid, yakni senyawa yang memiliki efek antioksidan. Jika Anda tertarik ingin mengonsumsi cokelat hitam, sebaiknya pilihlah cokelat dengan 70 persen kokoa.

Bahkan, tidak hanya itu saja, berikut manfaat dark chocolate atau coklat hitam untuk kesehatan lainnya:

  1. Sumber vitamin dan mineral
  2. Sumber antioksidan
  3. Penurun tekanan darah
  4. Meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  5. Meningkatkan jumlah microba baik

6. Alpukat

 

Alpukat

Siapa sih yang tidak kenal dengan alpukat? Bauh yang satu ini nilai gizinya sangat tinggi. Dan salah satu manfaat alpukat adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″]

Buat kamu yang melek kesehatan, makanan ini tidak hanya enak dijadikan bahan makanan, jus serta dikonsumsi langsung. Namun, meski banyak yang suka dengan buah ini tapi tak sedikit pula yang tidak tahu apa saja manfaat alpukat.

Alpukat mengandung serat dan lemak tunggal tak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 18 poin, kadar LDL (lemak jahat) 16 poin, serta trigliserida hingga 27 poin.

Selain menurunkan kolesterol jahat, manfaat lain alpukat diantaranya:

  1. Mengatasi kanker
  2. Mengandung lebih banyak kalium dibanding pisang
  3. Mengandung banyak serat
  4. Menyerap nutrisi
  5. Melindungi mata
  6. Menurunkan stres
  7. Membantu menurunkan berat badan

7. Apel

Apel

Selain alpukat, makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat secara alami selanjutnya adalah apel. Buah berkilat merah ini memiliki setumpuk manfaat untuk kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan, apel juga ramah dalam dunia kecantikan karena memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit dan mata.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″]

Apel merupakan sumber pektin terbaik. Pektin adalah jenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah. Selain itu, masih banyak lagi manfaat apel untuk kesehatan tubuh diantaranya :

  1. Kaya nutrisi
  2. Membantu turunkan berat badan
  3. Baik untuk kesehatan jantung
  4. Turunkan risiko diabetes
  5. Mencegah kanker
  6. Melawan asma

Banyak sekali rekomendasi dokter untuk mengonsumsi apel. Salah satu asalannya adalah kandungan serat yang tinggi serta kandungan polifenol yang memberikan efek antioksidan pada tubuh. Analisis sebuah studi menunjukkan, apel memiliki senyawa flavonoid yang mempengaruhi 20 persen penurunan risiko stroke.

Itulah daftar makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dalam darah secara alami. Kira-kira, dari daftar makanan diatas, mana yang paling sering Anda konsumsi, atau salah satunya makanan favorit Anda? Jangan lupa baca juga 5 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat Tiap Hari, Cek Disini!

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More