5 Resep Oatmeal Praktis dan Lezat, Bikin Sarapan Keluarga Jadi Lebih Sehat

Resep Sarapan Sehat Oatmeal Ini Rekomended Banget Deh, Silahkan Pilih Salah Satu Ya!

Oatmeal adalah salah makanan yang terbuat dari oat atau makanan yang berasal dari biji-bijian. Nah, karena memang bahan dasarnya dari biji-bijian, maka tak heran jika oatmeal menjadi salah satu menu sarapan sehat yang direkomendasikan oleh pakar gizi. Seperti dalam artikel sebelumnya, Oat adalah makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dalam darah secara alami. (Baca 7 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Kamu Pasti Suka!)

Menu sarapan bagaimana sih menurut pakar gizi yang baik dan sehat? Syarat menu sarapan yang baik adalah mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, sumber protein rendah lemak, mengandung vitamin dan mineral, dan rendah lemak tak jenuh. Karena oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, maka bahan makanan ini merupakan salah satu makanan yang memenuhi syarat sarapan sehat. Karena kandungan ini juga, oatmeal dapat membuat perut tahan lapar lebih lama, jadi tidak ngemil deh.

Resep Sarapan Oatmeal Praktis dan Lezat

Bagaimana, sudah siap bikin sarapan sehat oatmeal hari ini? Yuk simak beberapa resep dan cara mengolah oatmeal yang praktis dan lezat agar jadi sarapan yang sehat dan bergizi untuk keluarga. Seperti dilansir dari laman Popmama.com dan berbagai sumber resep lain, simak resep sarapan oatmeal sehat dan bergizi dibawah ini.

1. Oatmeal dengan Topping Buah

Oatmeal dengan Topping Buah

Jadikan menu oatmeal lebih nikmat dengan paduan potongan buah. Anda bisa memadukan beberapa buah seperti pisang, stroberi, buah berry dan kacang almond sebagai pemanis. Seperti resep yang satu ini.

Bahan-bahan:

  • 35 gram (4 sdm) oatmeal quick cook
  • 225 ml air
  • ± 1 sdm gula jawa yang telah dicairkan dan disaring
  • ½ pisang ukuran sedang, diiris setebal 0,5 cm
  • Bubuk brown sugar

Cara membuat:

  1. Didihkan air dalam panic
  2. Tambahkan oatmeal quick cook dan gula jawa cair
  3. Masak dengan api sedang hingga oatmeal mengembang (kurang lebih 2 menit), sesekali diaduk
  4. Masukan potongan pisang, aduk, masak hingga harum (kurang lebih 1 menit)
  5. Tuang ke dalam mangkuk dan taburkan bubuk brown sugar

2. Strawberry Choco Overnight Oat

Strawberry Choco Overnight Oat

Mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak memiliki banyak waktu dipagi hari, salah satunya menyiapkan sarapan keluarga. Tapi, pastinya Anda ingin tetap sarapan sehat dan bergizi untuk keluarga dan diri sendiri. Nah, tenang saja, resep oatmeal ini bisa Anda sajikan setiap hari.

Bahan-bahan:

  • 6 sdm oatmeal instan
  • 1 sdt cokelat bubuk
  • 1 sdm madu
  • yogurt low fat atau 200 ml susu
  • strawberry 1/4 cup
  • 1 sdm irisan cokelat

Cara membuat:

  1. Masukan 6 sdm oatmeal instan ke dalam jar
  2. Tambahkan 1 sdt cokelat bubuk
  3. Tambahkan juga 1 sdm madu
  4. Mama bisa masukan yogurt low fat atau 200 ml susu
  5. Mama bisa aduk atau dibiarkan saja
  6. Masukan 1/4 cup strawberry
  7. Taburkan 1 sdm irisan cokelat
  8. Tutup jar dengan rapat
  9. Simpan di dalam kulkas semalaman

3. Beef and oatmeal soup

Beef and oatmeal soup

Gimana nih dengan dua resep praktis oatmeal diatas? Masih belum cukup ya, coba deh simak resep dan cara membuat sarapan oatmeal berikut ini.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”6747323365″]

Persiapan 15 menit dan untuk memasak membutuhkan waktu 30 menit. Jadi, jika Mama memiliki waktu kurang lebih satu jam, Mama bisa membuat menu sarapan Beef and outmeal soup.

Bahan-bahan:

  • 3/4 lb (375 g) daging sapi top sirloin, potong dadu
  • 1 bawang, dipotong
  • 2 sendok makan (30 ml) minyak zaitun
  • 2 buah wortel, kupas dan iris
  • 2 cabang seledri, dipotong
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 cangkir (1,25 liter) kaldu daging sapi
  • 1 dapat (398 ml / 14 oz) tomat potong dadu, dikeringkan
  • 2 daun salam
  • 4 tangkai thyme segar
  • 1/2 cangkir (125 ml) oatmeal quick cook
  • Garam dan merica

Cara membuat:

  1. Dalam panci besar di atas api sedang-tinggi, tumis daging sapi dan bawang dalam minyak. Bumbui dengan garam dan lada. Tambahkan wortel, seledri dan bawang putih. Lanjutkan memasak selama 2 menit.
  2. Tambahkan kaldu, tomat, dan rempah-rempah. Didihkan, kecilkan api dan didihkan sampai sayuran lunak, sekitar 20 menit. Tambahkan oatmeal dan didihkan selama 3 hingga 5 menit. Masukan thyme dan daun salam. Sesuaikan bumbu.
Loading...

4. Oatmeal pancakes with apple and blueberry sauce

Oatmeal pancakes with apple and blueberry sauce

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”6747323365″]

Sarapan sehat itu penting. Apalagi jika Anda memiliki setumpuk pekerjaan dan aktivitas yang luar biasa menguras tenaga. Itu artinya, Anda membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup didalam menu sarapan. Menu yang satu ini juga bisa dijadikan bekal ke sekolah anak atau ke kantor. Sajiannya juga sangat menarik, jadi bakal bikin si buah hati makin semangat sarapan. Berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan:

Saus 

  • 4 Apel Cortland, dikupas, diiris dan diiris
  • 1 sendok makan (15 ml) jus lemon
  • 2 cangkir (500 ml) blueberry beku
  • 1 cangkir (250 ml) gula

Pancake

  • 1 cangkir (250 ml) tepung serba guna yang tidak diputihkan
  • 1 1/2 gelas (375 ml) rolled oat quick cook
  • 1/4 gelas (60 ml) gula
  • 2 sendok teh (10 ml) baking powder
  • Sedikit garam
  • 2 cangkir (500 ml) susu
  • Mentega, untuk memasak
  • Whipped cream, secukupnya

Cara membuat:

Saus

  1. Dalam panci, gabungkan apel dengan jus lemon, blueberry, dan gula. Didihkan di atas api sedang, sering diaduk. Didihkan selama 5 hingga 8 menit atau sampai campuran sedikit berbuih. Biarkan dingin.

Pancake

  1. Dalam mangkuk, gabungkan tepung, rolled oat, gula, baking powder, dan garam. Aduk susu dengan pengocok sampai halus.
  2. Olesi wajan dengan mentega, masak pancake di atas api sedang, satu per satu, dengan sekitar 60 ml (1/4 cangkir) adonan masing-masing. Masak selama sekitar satu setengah menit di setiap sisi.
  3. Saat Mama pergi, letakkan pancake yang telah jadi di atas piring kemudian masukan dalam oven hangat dan tutup dengan aluminium foil untuk mencegahnya mengering. Cara ini agar Mama bisa selalu menyakinan pancake dalam keadaan hangat
  4. Tumpuk tiga pancake per orang di atas piring, taburi dengan saus blueberry dan krim kocok.

5. Homemade Oatmeal Cookie Ice Cream Sandwiches

Homemade Oatmeal Cookie Ice Cream Sandwiches

Oatmeal juga bisa dijadikan camilan sehat buat keluarga. Seperti resep praktis yang satu ini. Daripada beli camilan yang belum tentu sehatnya, mending bikin camilan sendiri buat keluarga. Yuk simak cara membuatnya dibawah ini.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”6747323365″]

Waktu yang Mama butuhkan untuk mendapatkan 9 porsi:

15 menit (persiapan), 10 menit (memasak), pembekuan (2 jam)

Bahan-bahan:

  • 3/4 cangkir (180 ml) tepung serba guna yang tidak diputihkan
  • 1 1/4 gelas (310 ml) rolled oat quick cook
  • 1/4 sdt (1 ml) soda kue
  • 1 cubitan garam
  • 1/4 cangkir (60 ml) mentega tawar
  • 3/4 cangkir (180 ml) gula merah
  • 1/4 cangkir (60 ml) minyak canola
  • 2 sendok makan (30 ml) sirup jagung
  • 1 telur
  • 2 1/4 cangkir (560 ml) es krim vanila

Cara membuat:

  1. Dengan rak di posisi tengah, panaskan oven hingga 190 ° C (375 ° F). Lapisi dua loyang dengan kertas roti.
  2. Untuk adonan kue, campurkan gabungkan tepung, gandum, soda kue, dan garam dalam mangkuk.
  3. Dengan sendok, letakkan sekitar 22,5 ml (1 1/2 sendok makan) adonan untuk setiap kue, beri jarak hingga kira-kira 9 kue per lembar. Tekan ringan. Panggang satu lembar dalam satu waktu, selama 8 hingga 10 menit atau sampai tepinya berwarna cokelat keemasan. Dinginkan di atas loyang.
  4. Kemudian, di dalam mangkuk berbeda, campurkan krim mentega, gula merah, minyak, dan sirup jagung. Tambahkan telur dan kocok hingga halus.
  5. Untuk setiap sandwich, letakkan sekitar 60 ml (1/4 cangkir) es krim di antara dua kue kering dan tekan dengan ringan untuk membuat es krim rata. Letakkan di atas loyang dan bekukan selama minimal 2 jam. Tutup dalam bungkus plastik untuk pengawetan yang lebih baik

Menu Sarapan Sehat, Bergizi & Praktis di Pagi Hari

Saat sarapan, yang paling penting bukan porsinya, tapi kandungannya. Pastikan juga mengandung salah satu syarat wajib sarapan sehat. Sehingga, kebutuhan energi tubuh dapat terpenuhi sepanjang hari. Apalagi, jika aktivitas dalam sehari sangat padat, jadi supaya tidak mudah lelah kita membutuhkan energi yang cukup. Itulah mengapa kita membutuhkan sarapan sehat setiap hari.

Daftar menu sarapan sehat diatas bisa Anda coba dan langsung sajikan sendiri dirumah baik untuk diri sendiri, anak, dan keluarga. Dengan penyajian kreasi yang lebih menarik, semangat untuk sarapan akan lebih tercipta. Sehingga energi yang dihasilkan dapat meningkatkan tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari baik dikantor, di sekolah dan dirumah.

Nah, resep oatmeal diatas dapat dijadikan salah satu referensi daftar menu sehat yang bisa dicoba. Meskipun sebenarnya ada banyak resep lain yang bisa dicoba. Namun, jika berbicara praktis dan lezat, resep oatmeal diatas boleh kok dimasukkan list. Bagaimana menurut Anda? Simak juga 13+ Resep Minuman Segar dan Nikmat Diminum Disiang Hari

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More