Mata Mudah Lelah? Berikut 5 Tanda Disertai Cara Mudah Mengatasinya

Bagaimana Mengetahui Tanda Mata Lelah dan Cara Mengatasinya? Simak Ulasannya Dibawah Ini!

Mata lelah memang kadang terasa menyebalkan. Ada banyak sekali penyebab masalah kesehatan mata ini, seperti terlalu lama menatap layar laptop, bermain gagdet, televisi, dan masih banyak lagi lainnya. Anda mungkin pernah mengalami tanda-tanda mata lelah. Kondisi ini bisa terjadi karena Anda terlalu sering melakukan kegiatan dengan penggunaan mata yang intens.

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Sebab, mata menjadi bagian dari anggota tubuh yang sangat dibutuhkan. Bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika mata Anda memiliki masalah kesehatan. Tentunya, aktivitas Anda akan terasa tidak nyaman bukan. Sama halnya seperti mata lelah yang Anda baca dibawah ini.

5 Tanda Mata Lelah dan Cara Mudah Mengobatinya

Mata lelah memang bukan masalah yang besar, tetapi kelelahan pada mata juga bisa menghambat aktivitas. Untungnya, kelelahan pada mata dapat diatasi dengan cara yang sederhana dan mudah.

Seperti yang telah kami lansir dari laman Popmama.com, berikut 5 tanda mata lelah dan cara mudah mengobatinya yang bisa Anda coba. Silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

1. Pandangan Menjadi Kabur

Salah satu tanda ketika mata lelah adalah ketika ketajaman penglihatan tidak seperti biasanya. Jika Anda mengalami hal ini, mungkin saja hal tersebut merupakan sinyal yang diberikan oleh mata yang mulai kelelahan.

Penglihatan yang kabur dapat mengganggu dalam melihat suatau pandangan dan membuat apa yang Anda terlihat menjadi samar. Terkadang, penglihatan yang kabur juga disertai dengan rasa nyeri pada mata, baik pada salah satu atau pada keduanya.

Pada kondisi seperti ini, Anda akan melihat objek di mata terdapat bintik-bintik, penglihatan semakin memburuk jika dimalam hari. Gangguan mata yang samar juga bisa menjadi tanda penyakit yang serius pada mata. Mata yang samar dapat menjadi tanda penyakit katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan infeksi mata.

Cara mengobati dan meringankan penglihatan mata yang kabur adalah dengan berhenti merokok, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dan mencuci tangan sebelum atau sesudah menggunakan lensa kotak. Anda juga bisa memakai kaca mata hitam anti UV jika berada diluar ruangan. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter mata jika mata terus menerus mengalami kabur.

2. Nyeri pada Leher

Mata yang lelah juga bisa dirasakan pada bagian leher hingga bagian punggung yang terasa kaku atau pegal-pegal. Jika terasa tanda-tanda hal ini, segera kurangi kegiatan yang selalu berkontak langsung dengan mata seperti mengatur cahaya pada layar laptop, monitor, batasi waktu dalam menggunakan elektronik seperti smartphone, televisi dan laptop, serta atur jarak pandangan mata dengan layar perangkat.

Cara mudah mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan cara memberikan waktu istirahat pada mata agar kembali segar. Sehingga gejala nyeri pada leher dan punggung dapat berkurang.

3. Mata Terasa Perih dan Panas

Loading...

Ini adalah gejala yang paling umum dirasakan seseorang yang sering mengalami kelelahan pada bagian mata. Mata yang lelah karena paparan sinar UV dan cahaya perangkat elektronik menyebabkan fotokeratitis. Fotokeratitis adalah paradangan pada mata akibat terlalu lama berkontak langsung dengan sinar sehingga mata terasa pedih dan panas.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengurangi kegiatan di luar ruangan atau kegiatan yang berkontak langsung dengan mata. Meskipun masalah ini akan hilang dengan sendirinya selama satu sampai dua hari. Selain itu, jika Anda menggunakan lensa kontak, usahan untuk tidak memakainya hingga mata lelah Anda sudah pulih kembali.

4. Sakit Kepala

Gangguan yang diakibatkan mata lelah juga dapat diketahui dengan sakiat kepala. Jika Anda mendadak sakit kepala mungkin itu adalah satu tanda mata sudah mulai lelah dan membutuhkan istritahat. Sakit kepala juga bisa diakibatkan oleh mata kering, gangguan fefraksi, skleritis, dan kelumpuhan sarag kranial. Berikan penanganan yang segera jika mata Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas karena jika tidak diatasi dengan baik dan benar. Kondisi mata akan semakin parah dan pastinya akan mengganggu aktivitas.

5. Mata Kering

Selain mata perih dan pandangan kabur, pada umumnya mata kering menjadi salah satu yang dialami mata lelah. Mata kering disebabkan karena jarang atau tidak sama sekali mengeluarkan air mata. Mata kering bisa terasa sangat pedih dan perih serta pandangan menjadi kabur.

Gangguan ini disebabkan karena perubahan hormon, proses penuaan dini, penggunaan obat-obatan, dan produk kosmetik. Cara mudah mengatasi mata kering adalah dengan iar mata buatan. Hal ini bisa dengan cara menggunakan obat tetes mata, agar mata kembali basah.

Cara mudah lainnya adalah dengan cara menggosok mata, atau dengan memperbanyak berkedip untuk membuat air mata menyebar. Namun harus diingat, pastikan untuk tidak terlalu keras menggosok mata saat mata kering, karena bisa memperburuk kondisi kesehatan mata.

6. Mata Sulit Dibuka dan Sulit Konsentrasi

Ciri-ciri lain yang dapat dirasakan ketika mata sudah mulai lelah adalah ketika mata terasa sulit dibuka atau terasa menempel. Hal ini disebabkan karena kering pada bagian mata dan konjungitvitas. Peradangan pada selaput bening yang melapisi depan mata atau konjungtivitas.

[jnews_element_ads google_publisher_id=”ca-pub-2386511587744187″ google_slot_id=”8512789036″ google_desktop=”336×280″ google_tab=”336×280″ google_phone=”336×280″]

Gangguan lain yang dapat muncul karena mata kering juga dapat berpengaruh pada daya konsentrasi. Penanganan yang paling mudah adalah dengan rutin menjaga kesehatan dan kebersihan mata. Bersihkan mata dari kotoran yang menempel dengan obat tetes mata, cuci tangan sebelum dan menyentuh mata.

Menjaga Kesehatan Mata

Banyak cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata, termasuk melakukan langkah sederhana ketika mata terasa mulai lelah seperti tanda-tanda diatas. Menjaga kesehatan mata amatlah penting, terutama bagi Anda yang memang selalu beraktivitas didepan layar komputer. Sebab, Anda selalu mengandalkan mata sebagai penunjang pekerjaan atau atkvitas.

Meskipun, seiring bertambahnya usia, seluruh fungsi tubuh termasuk indra penglihatan akan melamah. Namun, tentu kita paham betul jika mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Terutama jika memang usia masih muda.

Sebab, masalah kesehatan mata bisa saja terjadi karena disebabkan mata sering kelelahan. Seperti mata kering atau kurang air mata yang disebabkan karena paparan sinar perangkat elektronik dan sinar UV. Silahkan lakukan cara mudah diatas agar mata kembali sehat.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More