Usia Kehamilan 4 Bulan? Amalkan Doa Ini dan Rasakan Manfaatnya!

Amalan Doa Ibu Hamil – Usia kehamilan 4 bulan merupakan masa keemasan bagi ibu hamil. Dimana pada usia kehamilan tersebut, Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh kedalam janin yang telah tumbuh didalam perut ibu hamil.

Dalam sebuah hadits Rosulullah SAW berikut tahapan-tahapan perkembangan janin:

إنَّ أَحَدَكُم يُجْمَعُ خلقُهُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ،

Sesungguhnya salah seorang diantara kalian dipadukan bentuk ciptaannya dalam perut ibunya selama empat puluh hari (dalam bentuk mani) lalu menjadi segumpal darah selama itu pula (selama 40 hari), lalu menjadi segumpal daging selama itu pula, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh pada janin tersebut, lalu ditetapkan baginya empat hal: rizkinya, ajalnya, perbuatannya, serta kesengsaraannya dan kebahagiaannya.” [Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu].

Karena momen ini sangat krusial dan istimewa, dianjurkan untuk membaca doa kepada Allah SWT. Dengan harapan kelak sang anak yang kini usianya 4 bulan mendapatkan kebaikan dan tumbuh sebagai pribadi yang berakhlaq mulia.

Dianjurkan pula, sebaiknya kedua orang tua memperbanyak ibadah wajib atau sunnah serta sedekah, supaya kelak anaknya lahir dan tumbuh menjadi orang yang sholeh dan sholehah seperti harapan kedua orang tua.

Bacaan Doa Ketika Usia Kehamilan Ibu Mencapai 4 Bulan Agar Bayi Lahir dan Tumbuh Menjadi Orang Sholeh dan Sholehah

Kebiasaan Buruk yang Dapat Membahayakan Kehamilan

Berikut bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika usia kehamilan ibu mencapai 4 bulan dalam ajaran Islam.

Bacaan Doa Ketika Usia Kehamilan Ibu Mencapai 4 Bulan Agar Bayi Lahir dan Tumbuh Menjadi Orang Sholeh dan Sholehah

Allahummahfazd waladii maadaama fii bathnika wasyfihi anta syaafil laa syifaa illa syofaauka syifaa allaa yughaadiru saqama.

Loading...

Allahumma showwirhu hasanata watabbit qalbahu iimaanambika wabi rasuulika.

Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlaw watasliimaa. Allahummajalhu shohiihan kaamilaw waaaqilan hadziqon aliman aamilaa.

Allahumma thowwil umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu alaihi wa sallam. walhamdulillahi robbil aalamiin.

Artinya:

Ya Allah, peliharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa menyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna.

Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya.Baju-Hamil-Muslim

Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Alquran dan Alhadist dengan berkah NabiMuhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Doa ibu hamil ini dianjurkan untuk dibaca setiap selesai melaksanakan sholat lima waktu. Selain doa ini, melafalkan doa lain juga tetap diperbolehkan. Semakin banyak doa, amalan ibadah tentu semakin baik bagi perkembangan janin dan ibu.

Wallahu A’lam….Semoga bermanfaat.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More