Resep dan Cara Membuat Ayam Masak Lombok, Pedasnya Nagih!

Mencoba masakan pedas biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih lahap, terutama bagi kalian yang memang suka dengan menu pedas. Dan daging ayam adalah salah satu bahan yang dapat diaplikasikan menjadi menu yang lezat untuk disantap bersama keluarga. Seperti resep ayam masak lombok yang satu ini.

Resep ayam masak lombok memang sudah tidak asing, terutama bagi pecinta pedas. Masakan ini memiliki citra rasa yang pedas alami cabai. Sesekali, resep ini wajib kalian coba dirumah terutama bagi yang suka daging ayam.

Resep Ayam Masak Lombok Pedas Nagih

Resep Ayam Masak Lombok Pedas Nagih

Berikut ini resep dan cara membuat ayam masak lombok yang pedas.

Bahan-Bahan : 

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis, lumuri pada ayam
  • 1 sdm kecap manis

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 5 buah cabai keriting
  • 20 buah cabai rawit
  • 1 ruas kencur
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdm gula merah, sisir
  • garam dan minyak secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus ayam hingga terpisah dari kotoran yang menempel. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  3. Masukkan ayam dan tuang air secukupnya. Masak hingga ayam matang dan air berkurang.
  4. Terakhir, tambahkan kecap manis dan aduk merata. Jika bumbu lombok sudah cukup kering, matikan.
  5. Sajikan ayam masak lombok dengan nasi hangat.

Itulah resep masak lombok yang dapat Widiynews sajikan untuk Anda. Simak juga tips cara memasak ayam agar empuk dan enak.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Padang

Cara Memasak Ayam agar Lebih Lembut, Empuk dan Enak

Mengolah daging ayam jauh lebih mudah dibanding daging sapi atau kambing. Pun demikian dengan cara memasaknya. Kandungan nutrisinya juga lengkap. Makanya ayam menjadi salah satu bahan favorit ibu rumah tangga untuk berbagai jenis masakan. Ayam kerap dijadikan menu masakan yang nikmat mulai di goreng, bakar, masak lombok hingga tumis.

Loading...
Cara Memasak Ayam agar Lebih Lembut, Empuk dan Enak
Resep Ayam Bakar Spesial asal Lombok.

Bagi yang belum tahu cara memasak ayam yang tepat. Kalian membutuhkan tips dan trik khusus supaya daging ayam lebih lembut, empuk dan enak. Nah, berikut cara yang bisa kalian coba.

1. Pilih ayam yang lebih muda

Memilih ayam merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan nikmat, anda bisa memilih ayam yang masih muda. Selain dagingnya tidak terlalu keras, daging ayam muda juga memiliki rasa yang lebih lezat.

2. Jangan menyimpan ayam terlalu lama di kulkas

Teknik penyimpanan daging ayam merupakan salah satu langkah cara memasak ayam yang cukup krusial. Paling lama, simpan ayam dalam kulkas selama dua hari. Soalnya suhu kulkas di rumah biasanya lebih hangat daripada suhu pendingin makanan yang ada di toko, dan lebih sering dibuka-tutup. Meskipun masa kedaluarsanya masih agak lama, biasanya ayam sudah tidak begitu segar.

3. Merebus

Agar ayam yang anda olah cepat empuk dan lunak, maka anda bisa merebus dagingnya bersama dengan potongan tebu. Dengan memanfaatkan potongan tebu, daging ayam kampung akan cepat empuk dan lunak. Sehingga anda bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan masakan yang nikmat dan lezat.

Selain dengan tebu, cara lain cara memasak ayam agar cepat empuk dan lunak adalah dengan merebusnya menggunakan air kelapa. Merebus daging ayam dengan air kelapa akan membuatnya lebih mudah empuk dan lunak, selain itu juga akan menambah cita rasanya.

4. Direndam

Sebelum mengolah ayam, pastikan untuk membumbuinya terlebih dahulu. Tak hanya memperkaya rasa daging, teknik ini juga akan membuat tekstur daging lebih lembut dan berserat. Bumbui daging ayam sekitar 3-4 jam sebelum memasaknya agar rasanya semakin nikmat.

Cara memasak ayam ini bisa dilakukan jika Anda ingin mengolah ayam dengan cara digoreng. Caranya rendam daging ayam dengan bumbu yang sesuai dengan selera Anda. Selain akan membuat daging lebih cepat empuk, proses merendam ini juga akan membuat daging lebih gurih dan lezat.

5. Mengiris daging

Sebelum mengolahnya, iris tipis daging ayam mengikuti alur serat daging, setelah itu pukul-pukul daging agar lebih empuk. Biasanya, cara memasak ayam satu ini sangat cocok digunakan untuk ayam panggang atau ayam goreng.

6. Jangan memasak terlalu lama

Cara memasak ayam yang benar adalah hindari memasak daging ayam terlalu lama. Sering dilakukan agar ayam matang sempurna, memasaknya terlalu lama rupanya dapat membuat tekstur dan serat daging menjadi lebih keras, serta kering. Karenanya, perhatikan waktu pemasakan ayam, dan jangan lupa untuk membolak-balikannya agar seluruh permukaan daging ayam matang merata.

Setelah mengetahui cara memasak daging ayam diatas, kini sudah saatnya anda mencoba membuat menu favorit kalian melalui menu ayam bakar, ayam goreng dan menu khas daerah di Indonesia lainnya. Selamat mencoba.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More