5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Obat Asam Urat!

Khasiat Kulit Melinjo – Beberapa hari ini di Jakarta panas sekali. Apalagi menjelang siang hari, rasanya mengademkan diri dengan minuman segar atau pergi ke mall menjadi pilihan yang tepat. Tapi kebanyakan minum dingin malah akan membuatmu batuk, flu, hingga radang, lho.

Kamu enggak perlu khawatir, kok, karena masih ada sederet makanan yang bisa membantu atur suhu tubuhmu. Misalnya saja kulit melinjo. Lantas apalagi manfaat kulit melinjo? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Menstabilkan suhu tubuh

5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan Ini Masih Banyak Orang Tidak Tahu!

Kalau cuaca lagi panas gini, coba deh makan makanan yang bisa membantu menstabilkan suhu tubuh, seperti kulit melinjo ini. Soalnya menurut The Journal of Infectious Diseases, untuk kembali menstabilkan suhu, tubuh perlu asupan zat besi yang mampu membantu mengatur metabolisme serta enzimatik agar tetap normal meski cuaca sedang ekstrem.

Nah, kulit melinjo mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh, untuk menstabilkan kembali suhu, serta fungsi tubuh secara keseluruhan.

2. Mencegah sariawan

Dalam kulit melinjo juga mengandung seng, yang menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology kandungan ini dibutuhkan untuk mencegah sariawan.

Apalagi ketika cuaca panas, biasanya penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan, dan mulut bisa saja tiba-tiba muncul; seperti sariawan, panas dalam, atau bibir pecah-pecah.

Loading...

Bukan hanya itu, seng dalam kulit melinjo juga mampu membantu menghilangkan jerawat. Soalnya, seng bisa meningkatkan sel darah putih yang penting untuk proses penyembuhan jerawat.

3. Menjaga kesehatan otak

Menurut salah satu jurnal terbitan Universitas Gajah Mada, menemukan kekayaan antioksidan dalam kulit melinjo. Itu artinya, kulit melinjo bermanfaat menghalau radikal bebas yang bisa mengganggu fungsi otak serta saraf di dalam tubuh.

4. Mengeluarkan racun dalam ginjal

Sebuah penelitian dalam jurnal PubMed, menemukan fosfor mampu menjaga kesehatan ginjal dengan membantu mengeluarkan racun-racun di tubuh. Racun tersebut akan dikeluarkan melalui buang air kecil maupun besar.

Fosfor bisa kamu temukan dalam kulit melinjo, lho. Jadi, enggak ada salahnya untuk mengonsumsi kulit atau biji melinjo sebagai makanan sehat bagi ginjal.

5. Menurunkan kadar asam urat

Sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, mematahkan asumsi bahwa mengonsumsi melinjo –termasuk kulitnya– bisa meningkatkan kadar asam urat.

Penelitian ini melibatkan tikus putih yang diberi ekstrak kulit melinjo. Hasilnya, kulit melinjo mengandung senyawa polifenol, flavonoid, terpenoid, saponin, dan fosfor yang justru bisa membantu menurunkan kadar asam urat.[]

Sumber: kumparan.com

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More