Manfaat 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Cegah Diabetes dan Turunkan Kadar Gula Darah!

Manfaat 5 Bumbu Dapur untuk Kesehatan – Penderita diabetes harus senantiasa menjaga pola makan, supaya kadar gula darah tetap stabil dan tak melonjak. Pasalnya, kadar gula darah yang meningkat bisa menambah peradangan dan risiko penyakit komplikasi pada penderita diabetes.

Nah, ternyata, ada beberapa makanan yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengendalikan diabetes, lho. Salah satunya adalah rempah.

Ya, tak hanya berfungsi sebagai penambah rasa masakan, berbagai rempah ini juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-2. Berikut rangkuman lima rempah yang bisa menurunkan kadar gula darah, diabetes, dan kesehatan di antaranya:

1. Kunyit

Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit diketahui dapat meningkatkan kontrol gula darah dan membantu mencegah munculnya penyakit diabetes.

Penelitian berjudul Curcumin and Diabetes: A Systematic Review menemukan, konsumsi kunyit dapat membuat gula darah lebih stabil. Komponen tersebut juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya, seperti menjaga kesehatan pencernaan.

2. Ginseng

Ginseng

Sejak ribuan tahun lalu, ginseng telah digunakan dalam metode pengobatan tradisional. Studi yang dilakukan oleh Universitas Toronto, yang diumumkan dalam pertemuan tahunan American Diabetes Association tahun 2000 menunjukkan adanya dampak positif dari konsumsi ginseng.

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 23 responden dengan diabetes tipe 2 mengonsumsi tiga gram ginseng Amerika selama delapan minggu. Hasilnya, kadar gula darah mereka menurun hingga sembilan persen.

Loading...

3. Fenugreek

Fenugreek

Rempah berbentuk biji-bijian ini telah digunakan sebagai obat tradisional dan rempah masakan sejak ribuan tahun di Timur Tengah. Kandungan seratnya yang tinggi dan senyawa di dalamnya dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula, membuat gula darah tetap stabil.

Riset berjudul Fenugreek bread: a treatment for diabetes mellitus. juga menunjukkan, mengonsumsi produk makanan yang terbuat dari tepung fenugreek bisa mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe-2.

4. Kayu manis

Kayu manis

Cita rasa dari kayu manis dapat dijadikan sebagai pengganti gula pada berbagai makanan dan minuman. Selain itu, kayu manis dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan menstabilkan sensitivitas insulin.

Mengonsumsi setengah sendok teh kayu manis per hari diklaim dapat memperbaiki kadar gula darah, kolesterol dan trigliserida yang signifikan pada penderita diabetes tipe-2.

5. Jahe

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang juga kerap digunakan dalam metode pengobatan tradisional, khususnya gangguan pencernaan dan inflamasi. Ternyata, sebuah penelitian pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Journal of Ethnic Foods menduga, jahe bisa membantu mengobati diabetes.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa jahe dapat mengurangi kadar gula darah, namun tidak menurunkan kadar insulin. Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan kalau jahe bisa mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe-2.[]

Sumber: kumparan.com

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More