Now Reading
Jangan Salah, Ini 14 Macam Jenis, Fungsi, dan Cara Pakai Kuas Make Up Terbaik

Jangan Salah, Ini 14 Macam Jenis, Fungsi, dan Cara Pakai Kuas Make Up Terbaik

Jenis Kuas Make Up yang Juga Penting Kamu Ketahui

Melihat begitu banyak tools per-make up-an pasti menyulitkan bagi wanita yang baru belajar berdandan diantaranya memilih kuas atau brush kosmetik yang tepat dan terbaik dipakai untuk merias wajah. Banyak macam jenis kuas make up, mulai dari hello kitty, wardah, isi 5, 7, hingga 12 yang dapat dipilih sesuai fungsi-nya.

Ladies tinggal pilih saja yang kira-kira pas dan mempermudah proses berdandan jadi lebih mudah. Dan yang paling penting adalah hasil riasan lebih rapi, flawless, merata dan tahan lama (tidak mudah luntur).

Banyak jenis brush atau kuas kosmetik yang kini dijual di pasaran. Bentuknya juga beragam, mulai dari karakter tokoh kartun, hingga ukuran yang besar dan kecil. Pertanyaannya, apakah brush yang kamu miliki saat ini sudah tepat dan sesuai?

Kuas Make Up, Jenis, Fungsi dan Urutan Pemakaiannya

Kuas Make Up, Jenis, Fungsi dan Urutan Pemakaiannya

Sebelum memulai berdandan dan kamu pun tidak salah pakai, sebaiknya kamu pelajari dulu beberapa macam jenis brush atau kuas make up berdasarkan urutan dan cara pemakaian yang tepat agar seluruh riasan rata dengan hasil akhir lebih glowing di bawah ini.

1. Concealer brush

Concealer brush

Kuas khusus sangat dibutuhkan untuk membantu meratakan concealer ke seluruh wajah. Counturing yang tepat dapat meyembunyian kekurangan wajah.

Sikat ini untuk membantu memoles bagian sudut di sekitar mata dan hidung jadi lebih mudah. Sikat wajah menggenakan kuas concealer agar mudah menyatu dan mendapatkan akhir yang sempurna.

2. Powder brush

Powder brush

Kuas bedak membantu bedak menempel dengan sempurna ke seluruh wajah. Pemakaian bedak menggunakan brush dapat menghindari timbulnya bercak-bercak putih pada pipi. Sehingga bedak dapat menutup seluruh riasan dengan sangat bagus.

3. Angled brush

Angled brush

Angled brush merupakan sikat kecil berbentuk miring yang biasanya dikemas satu paket bersama eye brow atau eyeliner. Bentuknya yang tipis bermanfaat untuk mendapatkan eyeliner sempurna.

Bisa juga digunakan untuk membentuk eyeliner bersayap di bagian samping mata. Bahkan kadang-kadang juga dimanfaatkan untuk melukis alis agar menghasilkan tampilan yang oke.

4. Contour brush

Contour brush

Kuas kontur berguna untuk membentuk bayangan wajah yang sempurna. Sikat kontur memiliki bulu tegas dan bentuk runcing yang memang dirancang untuk menjangkau daerah cekungan pipi, sisi hidung dan rahang. Sehingga dapat mengoreksi bagian tersbut menjadi lebih tajam atau terlihat lebih lembut.

5. Eyeshadow brush

Eyeshadow brush

Sikat eyeshadow bermanfaat untuk mengaplikasikan perona mata dalam bentuk krim dan bubuk. Pemakaian kuas ini dapat mencegah pemakaian eyshadow menjadi terlalu berpigmen atau cakey.

6. Lips brush

Lips brush

Sebagian orang cenderung menerapkan lipstik langsung ke bibir. Namun jika ingin mendapatkan pulasan yang sempurna, sebaiknya gunakan kuas khusus untuk bibir. Sehingga terhindar dari pemakaian yang berlebihan atau keluar dari garis dan sudut bibir.

7. Blush on brush

 

Kuas blush on memiliki manfaat seperti kuas bedak, hanya bedanya memiliki bentuk yang lebih bulat dengan bulu lebih rapat. Kuas ini mencegah pemakaian blush yang berlebihan, sehingga membuat garis wajah terlihat keras. Tak hanya itu saja, memakai blush on dengan sikat dapat menjaga perona pipi menjadi tahan lama.

8. Foundation brush

Blush on brush

Kuas fondation bermanfaat untuk mendapatkan kesan kulit terlihat kencang dan mulus alami. Serta membuat riasan menjadi bertahan lebih lama.

Jenis Kuas Make Up yang Juga Penting Kamu Ketahui

Jenis Kuas Make Up yang Juga Penting Kamu Ketahui

Selain brush diatas, kamu juga sebaiknya mengetahui beberapa fungsi dari jenis brush yang ada dibawah ini. Terutama bagi kamu baru belajar berdandan. Dengan mengetahui fungsi dan cara pemakaian yang tepat, maka hasil riasanmu akan semakin mudah, lebih rapi, flawless, glowing, merata dan tahan lama (tidak mudah luntur).

9. Sponge Applicator

Sponge Applicator

Kuas ini bukan berupa helaian bulu, melainkan berbentuk spons. Fungsinya adalah sebagai aplikator guna membubuhkan eyeshadow pada kelopak mata. Perlu diketahui apabila kuas ini cukup rentan, sehingga dalam penggunaan maupun perawatannya perlu dilakukan secara lembut.

10. Blending Brush for Eyeshadow

Loading...

Blending Brush for Eyeshadow

Kuas ini memiliki bentuk oval dan berukuran kecil, sehingga cocok untuk membaur warna-warna eyeshadow supaya gradasi pencampurannya tampak lembut dan lebih natural.

11. Precise Eyeliner Brush

Precise Eyeliner Brush

Kuas ini berbentuk sangat kecil dan tipis, dengan ujung yang lebih lancip. Fungsinya adalah untuk membuat garis eyeliner berukuran kecil atau tipis secara presisi.

12. Lash Brow Brush

Lash Brow Brush

Kuas yang identik dengan nama sikat alis ini memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir mini, fungsinya adalah untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara, dan juga dapat berfungsi memperbaiki gumpalan maskara pada bulu mata. Sedangkan sisi lain yang berbentuk sikat kecil, biasa dipakai untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.

13. Mascara Wand

Mascara Wand

Kuas yang sama persis dengan salah satu sisi lash brow brush tersebut juga memiliki fungsi serupa. Yakni membersihkan bulu mata dari gumpalan maskara, atau sekadar membaur riasan alis supaya tampak lebih membaur natural bersama bulu alisnya.

14. Fan Brush

Fan Brush

Kuas ini berbentuk seperti kipas dengan ketebalan bulu yang pipih dan melebar. Sedangkan fungsinya berbeda-beda tergantung ukurannya. Misalnya, fan brush berukuran kecil atau medium biasanya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi bagian atas.

Kalau fan brush berukuran besar atau jumbo, banyak dipakai sebagai finishing blend untuk membaur atau sekadar membersihkan sisa powder yang berjatuhan pada wajah. Kuas ini juga penting kamu pakai agar tidak ada bekas atau sisa powder yang membuat riasanmu terlihat berantakan ketika dilihat dari dekat.

See Also
Sering Begadang dan Memiliki Mata Panda, Ini 5 Cara Mengatasinya

Urutan Pemakaian Kuas Make Up yang Tepat

Urutan Pemakaian Kuas Make Up yang Tepat
Brush Makeup Image via docolor.hk

Bagi kamu yang pemula, atau ingin mempelajari dunia tata rias, sebaiknya kamu mengetahui urutan pemakaian kuas make up yang benar supaya hasil riasanmu lebih maksimal. Simak urutannya berikut ini.

1. Foundation Brush

2. Concealer Brush

3. Angled Contour Brush

4. Powder Brush

5. Sponge Applicator

6. Eyeshadow Brush

7. Blending Brush for Eyeshadow

8. Angled Eyeliner Brush

9. Precise Eyeliner Brush

10. Lash Brow Brush

11. Mascara Wand

12. Angled Brow Brush

13. Blush Brush

14. Fan Brush

15. Lip Brush

Untuk manfaatnya, silahkan baca terlebih dahulu fungsi kuas make up diatas. Dengan demikian, kalian akan lebih mudah mengerti.

Kesimpulan

Kini kamu sudah tahu beberapa macam kuas atau brush make disertai fungsi dan cara pemakaiannya yang tepat. Kamu dapat menerapkan secara langsung ketika berdandan untuk mengetahui secara langsung fungsi dari masing-masing kuas make diatas.

Pelajari juga bagaimana membuat riasan menjadi lebih menarik dan terkesan natural serta berbagai jenis riasan untuk berbagai acara. Dengan demikian, kamu dapat menjadi penata rias yang handal ketika mampu mempelajarinya. Jangan lupa, warna kulit juga penting sebelum memutuskan untuk mendandani wajah dengan alat make up.

Terkait

Loading...

© 2016 Widiynews Web Media. All Rights Reserved.

Scroll To Top