Now Reading
5 Manfaat Masker Buah Jeruk untuk Kecantikan, Wajah Bersih Alami

5 Manfaat Masker Buah Jeruk untuk Kecantikan, Wajah Bersih Alami

5 Manfaat Masker Buah Jeruk untuk Kecantikan, Wajah Bersih Alami

Manfaat jeruk tidak hanya dapat dikonsumsi langsung, atau dijadikan jus segar disiang hari. Tahukah kamu jika jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah? Manfaat nya bahkan dipercaya bisa mencerahkan kulit kusam, menghilangkan noda/flek hitam bekas jerawat, mengangkat komedo secara alami dan masih banyak lagi lainnya.

Sebelum lebih jauh mengetahui khasiat jeruk untuk kecantikan dan kesehatan, alangkah baiknya jika kamu mengetahui kandungan buah jeruk.

Berikut ini kandungan nutrisi pada jeruk manis yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan :

  • Vitamin C 53,2 mg per 100 g
  • Serat pangan pektin
  • Ffolat
  • Vitamin B1
  • Vitamin A serta
  • Antioksidan flavanoid beta karoten, hesperidin
  • Beta cryptoxanthin
  • Zeaxanthin
  • Lutein
  • Potasium
  • Tembaga
  • Asam pantotenik
  • Kalsium

* Sumber wikipedia

Kandungan yang paling mencolok dari jeruk adalah vitamin C. Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dimana salah satunya adalah membantu mencerahkan kulit secara alami. Selain bisa dikonsumsi, kamu juga bisa menjadikan buah jeruk sebagai bahan masker, scrub, dan juga peeling.

Kamu tak perlu khawatir, menurut informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber. Masker jeruk ini aman digunakan untuk semua jenis kulit loh. Itu artinya, kamu dapat mengaplikasikan masker jeruk setiap hari atau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 Manfaat Masker Jeruk untuk Perawatan Kulit Wajah dan Kecantikan

5 Manfaat Masker Jeruk untuk Perawatan Kulit Wajah dan Kecantikan

Meski minim efek samping, namun tidak ada salahnya jika kamu mengetahui terlebih dulu manfaat masker buah jeruk untuk kecantikan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak 5 khasiat masker jeruk alami untuk perawatan kulit berikut ini.

1. Membantu Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam atau bekas jerawat pada wajah bisa bikin rasa percaya dirimu berkurang. Apalagi jika kulit wajahmu sering berminyak, jerawat dan komedo pasti sering muncul di area yang gak pernah kamu bayangin sebelumnya.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk bermanfaat menyembunyikan noda hitam, komedo serta bekas jerawat pada wajah. Buat kamu yang memiliki masalah ini pada wajah, kamu bisa segera membuat masker jeruk dan mengaplikasikannya secara rutin agar noda hitam dan komedo pada wajah dapat tersamarkan dan hilang.

Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan asam sitrat. Manfaat kandungan ini dapat menghilangkan masalah kulit wajah seperti kusam sertia dua masalah diatas secara alami.

2. Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori wajah adalah folikel rambut yang terbuka. Setiap folikel mengandung kelenjar minyak. Pada umumnya pori-pori wajah akan terlihat besar pada area T, seperti dahi dan hidung.

Penyebab pori-pori membesar disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah kotoran. Pada wanita, pori-pori bisa membesar dikarena tertutup oleh make up. (Baca juga: Jangan Salah, Ini 14 Macam Jenis, Fungsi, dan Cara Pakai Kuas Make Up Terbaik ) Sehingga sel kulit mati dan terperangkap oleh folikel. Jika dibiarkan, kulit wajah akan mudah berminyak dan lebih rentan jerawatan.

Masker jeruk ini dapat membantu masalah pori-pori besar. Kamu dapat menggunakan masker jeruk alami untuk mengecilkannya. Gunakan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Selain jeruk, kamu juga bisa mengecilkan pori-pori secara alami dengan es batu, berikut ini caranya:

  1. Ambil es batu dari freezer.
  2. Bungkus bongkahan kecil es batu dengan handuk wajah atau sapu tangan.
  3. Oleskan perlahan pada wajah, terutama di area dahi dan hidung.
  4. Lakukan sekitar 15 menit agar proses pengecilan pori-pori berjalan optimal.

3. Membantu Menyamarkan Tanda Penuaan Dini

Paparan langsung sinar matahari dapat mempengaruhi kulit. Hal ini dapat menyebabkan keriput, garis-garis halus, flek di wajah jauh sebelum kamu menginjak usia tua. (Baca juga: 4 Cara Merawat Kulit Wajah untuk Remaja Agar Tidak Terlihat Cepat Tua!)

Penyebab utama muncul tanda penuaan dini adalah paparan langsung sinar UV yang berbahaya dari matahari.

Loading...

Berikut ini adalah tanda-tanda penuaan dini yang perlu kamu ketahui : 

  1. Muncul bercak hitam pada wajah
  2. Muncul garis-garis halus
  3. Pori-pori terlihat membesar
  4. Wajah terasa kasar
  5. Mata berubah bentuk
  6. Kulit wajah mengendur dari hari ke hari
  7. Warna kulit terlihat berubah

Dan ternyata, kandungan vitamin C pada jeruk ini dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah penuaan dini. Vitamin C pada jeruk dapat menjadi anti aging. Perawatan menggunakan produk kecantikan yang mengandung jeruk atau masker dapat membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Kerutan halus hingga bintik-bintik hitam (flek) dapat teratasi jika dilakukan dengan benar dan rutin.

4. Membantu Mencerahkan Kulit

Kulit kusam disebabkan banyak faktor, mulai dari gaya hidup hingga lingkungan tempat tinggal. Berikut 7 penyebab kulit kusam pada umumnya :

  1. Tumpukan sel kulit mati
  2. Polusi lingkungan
  3. Stres
  4. Kulit dehidrasi
  5. Kurang nutrisi
  6. Menghindari sinar matahari langsung
  7. Faktor hormon

Semua orang pasti menginginkan kulit wajah yang cerah alami, dan sehat serta mungkin terlihat flawless (mulus, sempurna dan alami). Sayangnya, karena banyak faktor seperti pola, gaya hidup dan polusi udara lingkungan, kesehatan kulit justru terganggu. Kulit terlihat semakin kusam, kering, hitam dan muncul tanda-tanda penuaan dini.

Penting sekali menjaga kesehatan kulit. Jeruk merupakan salah satu buah alami yang paling efektif mencerahkan dan menghaluskan kulit yang hitam dan kusam.

See Also
Lebaran Tampil Kece, Ini Dia Tips Memilih Sepatu High Heels yang Nyaman

Selain masker jeruk, kamu juga memilih produk kecantikan berbahan dasar jeruk untuk merawat kulit wajah. Lakukan rutin minimal 2 kali dalam seminggu agar kulit tampak lebih bercahaya dan sehat berseri.

5. Membantu Menghidrasi dan Menutrisi Kulit

Kamu boleh aja sibuk berdandan di pagi hari agar terlihat cantik, tapi kulit wajahmu juga perlu istirahat di malam hari. Pastikan sebelum tidur, sisa-sisa make up dibersihkan. Pastikan menggunakan produk kecantikan yang aman untuk kulitmu.

Tapi, rajin membersihkan saja tidak cukup membuat kulitmu halus, lembut, dan cerah. Kamu perlu asupan makanan sehat dan bergizi untuk memberikan nutrisi dan menghidrasi kulit. Berikut 12 makanan sehat yang wajib kamu konsumsi :

  1. Stroberi
  2. Pepaya
  3. Tomat
  4. Edamame
  5. Paprika Merah
  6. Labu
  7. Bayam
  8. Tahu
  9. Kopi
  10. Salmon
  11. Tuna
  12. Jagung

Selain makanan sehat diatas, berikut beberapa nutrisi yang efektif membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit :

  1. Vitamin A, B, C, E,
  2. Seng (Zn)
  3. Asam lemak esensial
  4. Isoflavon dari kedelai
  5. Asam hialuronat

Jika kamu ingin melakukan perawatan agar wajah kembali bersih, sehat, tidak kusam, halus, lembut, cerah, serta ingin mengatasi berbagai masalah kulit pada wajah, tidak ada salahnya kalian menggunakan produk kecantikan yang mengandung jeruk.

Jeruk dapat menghidrasi dan membantu memberi nutrisi pada kulit. Sebab seperti tertera pada data kandungan diatas, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik untuk membantu mengubah tekstur kulit lebih lembab dan kenyal.

Kesimpulan

Itulah lima manfaat menggunakan masker wajah atau produk kecantikan berbahan dasar buah jeruk yang bisa kamu dapatkan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu dalam menjaga penampilan terutama dalam perawatan wajah. (Baca juga: 6 Jenis Bahan Makanan ini Buruk untuk Kesehatan Kulit)

Banyak faktor penyebab masalah pada kulit wajah, bahkan faktor diet, kurang tidur di malam hari, paparan langsung sinar UV, polusi udara, stres, makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan masih banyak lagi yang menyebabkan kulit menjadi kusam, dan keriput.

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik juga dapat menyebabkan kulit jadi kusam. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas perhari. Perbanyak juga konsumsi sayuran yang mengandung zat antioksidan, serta mengurangi konsumsi garam dan gorengan. Memilih bahan herbal atau masker wajah alami dari bahan buah jadi salah opsi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai macam masalah kecantikan. Masker buah jeruk atau produk kecantikan yang mengandung jeruk dinilai lebih efektif menurut pakar kecantikan.

*Artikel ini dikutip dari berbagai sumber yang ada dan serta hasil riset dari sumber internet. 

Terkait

Loading...

© 2016 Widiynews Web Media. All Rights Reserved.

Scroll To Top