Now Reading
Soal Cadar, Kemenag DIY : Itu Budaya, Boleh Dipakai….

Soal Cadar, Kemenag DIY : Itu Budaya, Boleh Dipakai….

Soal Cadar, Kemenag DIY : Itu Budaya, Boleh Dipakai....

JAKARTA, Widiynews – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Edhi Gunawan menyebut pemakaian cadar merupakan bagian dari budaya. Karena itu, boleh-boleh saja produk budaya itu dikenakan.

“Saya kira itu (pemakaian cadar) karena budaya ya. Karena ini merupakan hak asasi manusia juga, saya kira boleh-boleh juga (dipakai),” jelas Edhi kepada wartawan di Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (6/11/2019).

“Hanya memang yang tidak perlu diskusi lagi berkaitan dengan khilafah. Tapi kalau cadar, katok cingkrang, karena merupakan budaya dan merupakan hak privat dari masing-masing seseorang, saya kira boleh,” lanjutnya.

Edhi menjelaskan sebenarnya pemakaian cadar di Indonesia bukan hal baru. Sebagian muslimah di Aceh dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak lama mengenakan cadar dalam beraktivitas sehari-hari.

“Karena ini (pemakaian cadar) kan budaya. Budaya tanah air kita itu banyak sekali, seperti yang di Aceh, di NTB, kan dari dulu sudah ada (yang bercadar). Itu merupakan hak privat dari masing-masing orang, umat,” tuturnya.

Loading...

Sementara itu, Kementerian Agama RI, kata Edhi, hingga detik ini juga belum mengirimkan surat maupun penyampaian secara lisan berkaitan dengan wacana pelarangan cadar yang sempat diwacanakan Menteri Agama Fachrul Razi.

See Also
Ditertawakan Saat Bicara Unicorn, Sri Mulyani: Kayaknya Baru Nonton Sesuatu Ini?

“Kalau (kebijakan Kemenag) pusat kami belum tahu, tapi yang jelas di daerah Pak Menteri (Agama) belum menginstruksikan kepada kami secara tertulis, termasuk lisan juga belum pernah,” paparnya.

“Kalau kami itu kan (lembaga) vertikal, lembaga vertikal itu artinya kami hanya melaksanakan kebijakan dari pusat… Kalau kami instansi di daerah kan menunggu instruksi saja. Kami hanya melaksanakan kebijakan dari pusat,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi sempat mewacanakan pelarangan pemakaian cadar di kementerian yang dipimpinnya. Belakangan, Fachrul meminta maaf apabila wacana itu menimbulkan gesekan di masyarakat.[]

Sumber: DETIK

Terkait

Loading...

© 2016 Widiynews Web Media. All Rights Reserved.

Scroll To Top