Tema Hari Ayah Nasional 2019 Jadi Google Doodle Hari Ini, Simak Sejarah Lengkapnya Disini!

Hari Ayah Nasional – Tepat di hari ini, 12 November 2019 Indonesia memperingati Hari Ayah Nasional untuk menghormati sosok pria yang menjadi tulang punggung didalam keluarga. Sama halnya seperti Hari Ibu, ungkapan terima kasih pada peringatan Hari Ayah Nasional biasanya juga dilakukan dengan cara memberikan hadiah atau kegiatan yang sifatnya kekeluargaan.

Sayangnya, Hari Ayah ini tidak se-populer Hari Ibu. Bahkan mungkin, sedikit diantara Anda yang yang mengetahui jika setiap tanggal 12 November diperingati Hari Ayah Nasional seperti saat ini.

Namun, tahukah anda bagaimana sejarah diperingatinya Hari Ayah Nasional di Indonesia? 

Sejarah Hari Ayah Nasional

Dilansir dari laman Kemdikbud.go.id, laman Tirto.id dan beberapa sumber di internet, Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, Lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Putri Pertiwi (PPIP).

Tema Hari Ayah Nasional 2019 Jadi Google Doodle Hari Ini, Simak Sejarah Lengkapnya Disini!

Awalnya, di tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu yang digelar di Solo dengan cara mengadakan sayembara Menulis Sutar untuk Ibu.

Acara tersebut ternyata mendapat sambutan hangat dan antusias yang amat tinggi oleh seluruh peserta sehingga menanyakan kapan peringatan yang sama untuk Ayah diadakan.

Tepatnya, pada 12 November PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Ayah Nasional.

Loading...

Deklarasi Hari Ayah juga digelar di Maumere, Flores dan NTT. Dalam deklarasi tersebut juga diluncurkan buku berjudul “Kenangan untuk Ayah” dimana dalam buku tersebut dicantumkan 100 surat anak Nusantara yang diseleksi oleh Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Selepas deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah Nasional kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu masih menjabat sebagai Presiden Indonesia. Buku tersebut juga dikirimkan kepada bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote

Inilah sejarah awal mulanya diperingati Hari Ayah Nasional tanggal 12 November setiap tahunnya.

Sejumlah Negara juga Memperingati Hari Ayah

Tak hanya di Indonesia, sejumlah negara juga tercatat memperingati Hari Ayah hanya saja tanggal dan waktunya yang berbeda. Menurut laman Wikipedia.org, lebih dari 75 yang merayakan, diantara Amerika, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong.

Tema Hari Ayah Nasional 2019 Jadi Google Doodle Hari Ini, Simak Sejarah Lengkapnya Disini!

Di negara-negara tersebut biasanya perayaan Hari Ayah digelar pada hari minggu pekan ketiga bulan Juni.

Sementera Hari Laki-Laki Internesional diperingati setiap 19 November di sejumlah negara Eropa dan Timur Tengah.

Tak heran, sebagai ucapan terima kasih kepada bapak yang menjadi tulang punggung, sandaran, pelindung dalam rumah tangga Google turut serta merayakannya dengan meluncurkan Doodle bertemakan Hari Ayah Nasional pada hari ini.

Selamat Hari Ayah Nasional 2019

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More