Resep dan Cara Membuat Nasi Hijau yang Gurih

Mendengar nasi hijau, apa yang terbersit dalam benak Anda? Pasti nasi yang identik dengan warna hijau. Tapi, bagaimana cara membuatnya? Bukankah terdengar aneh sekali ya. Mungkin jika mie hijau Anda sudah sangat familiar dan tidak asing dengan nama ini. Sebab saat ini banyak sekali penjual mie ayam yang berwarna-warni seperti pelangi. Tapi bagaimana dengan nasi?

Rasanya memang sedikit asing ya. Tapi, masakanan ini cukup populer loh. Rasanya juga dijamin bikin Anda kegihan saat pertama kali mencicipinya. Bagaimana, tertarik ingin mencoba membuat sendiri dirumah? Simak saja resep dan cara membuat nasi hijau dibawah ini.

Resep Nasi Hijau

Apa saja yang diperlukan untuk membuat nasi hijau yang gurih dan nikmat? Silahkan catat bahan dan cara membuatnya dibawah ini.

Sedikit perlu diketahui, bahan dasar membuat nasi hijau adalah sawi dan pandan. Paduan kedua bahan ini akan memberikan warna hijau yang lebih menarik dan sehat.

Meskipun, ada beberapa resep yang menyarankan untuk membuat nasi hijau dengan bahan daun suji. Tapi perlu dicatat, daun suji memang dapat menghasilkan warna hiju, tapi tanaman ini justru dapat membuat rasa nasi menjadi kurang nikmat.

Jadi lebih baik dan direkomendasikan Anda menggunakan bahan daun pandan dan sawi saja daripada daun suji. Berikut resep dan cara membuatnya:

Loading...

Bahan-Bahan:

  • Beras putih 1 kg
  • Daun sawi hijau 300 gram
  • Daun pandan 100 gram
  • Santan secukupnya
  • Air 1000 ml

Cara Membuat:

  1. Pertama, cuci beras lalu tiriskan pada tempat yang telah disediakan.
  2. Kemudian blender daun pandan dan sawi yang telah dipotong batangnya. Setelah itu saring dan gunakan untuk memasak beras.
  3. Tanak beras dengan cara ” diaron” dengan santan yang dicampur dengan perasan hijau dan air yang dimasak pada api sedang. Aduk terus agar tidak gosong di bagian bawahnya.
  4. Tunggu hingga beras menjadi setengah matang dan kondisi pera. Teksturnya hampir mirip seperti membuat nasi kuning.
  5. Lalu kukus hingga matang sekitar 45-60 menit. Nasi hijau siap disajikan.

Tips Penyajian

Agar lebih nikmat saat disantap, sajikan nasi hijau bersama telur dadar yang dipotong-potong memanjang, sambal, kerupuk, potongan timun, ayam goreng (simak juga resep ayam goreng madu) atau lalapan.

Nasi hijau tidak hanya sekedar baik digunakan sebagai pengganti nasi pada umumnya. Warna dan aromanya yang sedap dan rasanya juga yang terasa lebih gurih, dapat dijadikan hidangan spesial seperti acara ulang tahun atau syukuran sebagai nasi tumpeng.

Namun, untuk bisa menyantap masakan ini tentu tidak harus menunggu ketika ada acara-acara tertentu saja. Anda bisa menyantapnya kapan saja bersama keluarga dan orang tercinta melui resep dan cara membuat nasi hijau diatas. Selamat mencoba dan selamat menikmati ya.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More