Update Gempa Maluku Utara Terkini, 36 Bangunan Rusak, 3 Orang Luka-Luka

Update Gempa Maluku 7,1 Magnitudo Terkini – Pada kamis, 14 November 2019 kemarin, Maluku bagian Utara diguncang dengan adanya gempa bumi yang diketahui berkekuatan 7,1 magnitudo. Gempa juga sempat dirasakan getarannya di daerah yang berdekatan dengan Maluku Utara seperti Kabupaten Minahasa Utara, dan Sulawesi Utara.

Sebelumnya, menurut laporan Pusdalops BNPB dampak gempa mengakibatkan 19 unit bangunan rusak ringan.

Hingga kini, laporan sejumlah kerusakan terus bertambah serta beberapa orang dikabarkan mengalami luka-luka akibat gempat 7,1 di Maluku Utara tersebut.

“Berdasar pantauan dari Pusdalops BNPB terdapat penambahan bangunan rusak dari 19 unit bangunan rusak ringan menjadi 36 unit bangunan rusak ringan. Gempa selain menimbulkan kerusakan di Maluku Utara juga menyebabkan kerusakan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Sabtu (16/11/2019) dilansir dari Detik.com.

Menurut Agus, di Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, ada 3 orang yang mengalami luka ringan. Ada pula 33 bangunan yang mengalami rusak ringan akibat guncangan gempa.

Pulau Batang Dua merupakan lokasi yang cukup parah karena berada di dekat pusat gempa.

Loading...

Korban yang mengalami luka diakibatkan karena tertimpa batu dari dinding yang jatuh.

“Korban luka-luka disebabkan tertimpa batu bata dari dinding yang jatuh,” ujar Agus.

Lebih detail, Agus menjelaskan, kerusakan yang terjadi di Kecamatan Batang Dua, masuk pada kategori rusak ringan. Kerusakan itu masing-masing 28 unit rumah warga, 3 gereja, 1 sekolah, 1 unit gedung Bank Perkreditan Rakyat.

“BPBD bekerja sama dengan TNI, Polri, dinas terkait dan relawan masih terus melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mendengarkan informasi dari sumber yang resmi, yaitu BMKG atau BPBD setempat,” ujar Agus.[]

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4786835/update-gempa-m-71-maluku-utara-36-bangunan-rusak-3-orang-luka-luka

Sumber: https://www.bmkg.go.id/gempabumi/gempabumi-dirasakan.bmkg

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More