Resep dan Cara Membuat Bola-Bola Kentang Keju, Camilan Sehat Musim Hujan

Sedang bingung memilih resep camilan sehat untuk hari ini? Kebetulan lagi musim hujan nih, jadi tidak ada salahnya mencoba resep praktis untuk disajikan sebagai teman ngobrol santai bersama keluarga atau orang tercinta dirumah. Beberapa resep camilan memang boleh kamu coba, tapi tidak ada salahnya kali ini mencoba resep camilan bola-bola kentang keju yang dijamin lumer rasa kejunya dan pastinya disukai anak-anak.

Kentang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kentang kaya akan karbohidrat, jadi tak heran jika dibeberapa negara kentang digunakan sebagai pengganti nasi. Selain itu, bahan makanan ini juga memiliki kandungan protein, serat, antioksidan, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C.

Loading...

Resep bola-bola kentang keju ini merupakan salah satu resep berbahan utama kentang yang wajib kamu coba saat sedang bingung mencari resep camilan praktis nan sehat. Seperti telah dijelaskan diatas, kandungan didalam kentang ini amat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut cara membuat bola-bola kentang keju sebagai camilan sehat disaat musim hujan dan pas santai, catat juga resep dan bahan nya.

Bahan-bahan:

  • 3 buah kentang, kukus hingga matang dan empuk
  • 3 sdm keju parut
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 4 lembar daun seledri, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm tepung kanji
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung panir, secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat Bola-Bola Kentang Keju

Loading...
  1. Haluskan kentang yang telah dikukus dengan cara dipenyet-penyet saat masih panas.
  2. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan keju parut, garam, lada bubuk, penyedap masakan, tepung kanji, bawang putih dan daun seledri. Teteskan 2 sampai 3 tetes minyak kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Bentuk adonan kentang menjadi bulat-bulat sebesar bola bekel atau sesuai selera.
  4. Siapkan telur dan tepung panir di wadah berbeda.
  5. Celupkan bola-bola kentang ke dalam telur, lalu gulingkan ke tepung panir. Lakukan hingga semua kentang sudah berbalut tepung panir.
  6. Panaskan minyak, goreng bola-bola kentang keju dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan.
  7. Angkat bola-bola kentang keju yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Supaya camilan bola-bola kentang keju semakin nikmat saat disantap, sajikan pula saos pedas atau saos mayones sebagai pelengkapnya. Sajikan selagi masih hangat.

Itulah resep dari saya tentang cara membuat camilan sehat untuk keluarga yang praktis dan mudah dibuat saat santai atau ketika musim hujan. Selamat mencoba dan selamat menikmat ya.

Simak dan dapatkan juga artikel lainnya seputar Resep menarik lainnya dari kami Resep dan Cara Membuat Nasi Hijau yang Gurih.

Sumber:

1. https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4138121/resep-camilan-bola-bola-kentang-keju-yang-enak (Diakses 27 Desember 2019)

2. https://www.alodokter.com/ketahui-kandungan-gizi-kentang (Diakses 27 Desember 2019)

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More